Bongkar Aib Mantan Band hingga Dipaksa Nyanyi Meski Baru Berduka, Fanny Soegi Asli Mana?
Fanny Soegi (Instagram/fannysoegi)
19:14
9 September 2024

Bongkar Aib Mantan Band hingga Dipaksa Nyanyi Meski Baru Berduka, Fanny Soegi Asli Mana?

Penyanyi Fanny Soegiarto, yang lebih dikenal sebagai Fanny Soegi kembali jadi sorotan setelah mengungkapkan beberapa hal buruk mantan band, Soegi Bornean. Terlepas dari pengakuan ini, sosok Fanny Soegi memang mencuri perhatian. Wajah cantik dan penampilannya membuat banyak orang bertanya Fanny Soegi asli mana. 

Sebelum mengetahui Fanny Soegi asli mana, mari kita simak dulu akar permasalahan wanita berkulit putih dengan Soegi Bornean. Salah satu persoalan yang ia soroti adalah terkait dengan royalti untuk pencipta lagu 'Asmalibrasi'.

Bongkar Aib Mantan Band

Fanny menyebut sang pencipta tidak mendapatkan royalti yang layak. Padahal nilai royalti yang atas lagu viral tersebut menyentuh angka setengah miliar. Sehingga seharusnya sang pencipta lagu setidaknya mendapat bagian sekitar ratusan juta rupiah.

Baca Juga: Asmalibrasi Raup Rp500 Juta, Penciptanya Hidup Susah? Fanny Soegi Bongkar Borok Royalti Soegi Bornean

Ia pun membeberkan hal ini sehari setelah ulang tahunnya pada 7 September 2024. Melalui akun Twitternya, Fanny Soegi mengumbar betapa bobrok mantan bandnya.

Fanny diketahui sudah meninggalkan Soegi Bornean sejak 1 Maret 2024, namun baru kini ia memutuskan untuk mengungkapkan kekecewaannya kepada publik melalui akun X (Twitter)-nya pada hari Minggu, 8 September 2024. Ternyata, kemarahannya terhadap situasi ini telah ia pendam cukup lama.

Ia menyatakan pencipta lagu tersebut masih hidup sederhana, sementara pihak lain yang tidak berhak menikmati keuntungan besar. Fanny juga menghadapi ancaman sebelum berani bicara di publik, namun ia tetap teguh memperjuangkan keadilan.

Selain masalah royalti, Fanny mengungkapkan bahwa ia harus berurusan dengan HAKI untuk menggunakan nama "Soegi" setelah keluar dari band.

Tak hanya itu, Ia pun dipaksa bernyanyi dan tampil di atas panggung meskipun sedang dalam keadaan berduka mendalam. Tak lama setelah ibundanya meninggal, ia tetap harus tampil dengan band Soegi Bornean.

Baca Juga: Lirik Lagu Asmalibrasi - Soegi Bornean dan Link Download MP3 Resmi

"Aku masih inget banget rasanya 7 harian Ibuku, aku diharuskan tetap manggung dengan kata2-kata menyakitkan. Rasanya sakit hati banget dan harus kehilangan Ibuk di waktu yang bersamaan," tulis Fanny.

"Pernah ada di satu titik aku mau mengakhiri hidup karena betul-betul sendirian, tanpa Bapak & Ibuk. Perlakuan kalian nggak akan aku lupakan se-umur hidup. Kalian laki-laki patriarki, korup, betah isin," imbuhnya.

Fanny pun bertekad untuk tidak takut pada ancaman dan selalu berdiri di pihak keadilan. Ia berharap pengalamannya menjadi pelajaran bagi industri musik agar lebih menghargai hak para pencipta karya.

Terkait hal ini, wajar jika masyarakat penasaran dengan asal-usul Fanny Soegi. Suara.com akan menjelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Fanny Soegi Asli Mana? 

Fanny Soegi berasal dari Jawa Tengah, tepatnya Semarang. Namun ia juga memiliki garis keturunan dari Kalimantan. Hal tersebut sering ia tunjukkan di atas panggung dengan mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

"Rumah di Semarang, tapi ada keturunan Kalimantan, Palangkaraya," ungkap Fanny Soegi dalam sebuah wawancara yang diadakan oleh TonightShowNet pada 11 Oktober 2022 lalu. 

Fanny Soegiarto, yang juga populer dengan nama panggung Fanny Soegi, lahir pada tanggal 7 September 1999 di kota Semarang.

Ia merupakan perempuan berdarah campuran Jawa dan Kalimantan, yang dikenal memiliki penampilan menawan serta suara yang unik dan berkarakter.

Fanny Soegi Anak Adopsi

Banyak yang mengira Fanny memiliki keturunan Chinese, lantaran memiliki kulit putih dan mata sipit. Ia pun meluruskan hal itu.

Bahkan ia mengungkapkan, dirinya adalah anak angkat. Hal ini pun baru diketahui ketika, Fanny Soegi sudah berusia 19 tahun.

"Sebenarnya saya gak Chinese. Saya anak ambil. Dulu di tahun 99 kelahiran saya, ada 2 bayi yang ditinggalkan, saya termasuk di sana," ungkap Fanny ketika podcast dengan Soleh Solihun.

"Karena mungkin ibu atau bapak saya gak bisa punya keturunan, akhirnya ngambil anak dan ternyata saya yang diambil," imbuhnya.

Ketika fakta itu terungkap, muncul masalah internal dalam keluarga Fanny. Bahkan sang kakak pun marah kepada orang tuanya hingga melampiaskan emosi kepada hal-hal terlarang. 

Sebelum dikenal sebagai penyanyi seperti sekarang, Fanny telah menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro. Ia berhasil menyelesaikan studi di jurusan Ilmu Komunikasi.

Meskipun cukup dikenal, informasi tentang keyakinan agama yang dianut oleh Fanny masih belum tersedia. Lantaran Fanny tampaknya menjaga privasinya dalam hal tersebut, sehingga tidak banyak data yang dapat ditemukan terkait hal itu.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #bongkar #mantan #band #hingga #dipaksa #nyanyi #meski #baru #berduka #fanny #soegi #asli #mana

KOMENTAR