Ribuan Orang di Chicago Unjuk Rasa Menentang Perang Genosida Israel di Gaza, Sebut Biden Terlibat
Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina selama protes untuk menuntut keadilan reproduksi, membela hak-hak kaum trans dan queer, dan menuntut gencatan senjata di Gaza pada malam menjelang Konvensi Nasional Demokrat (DNC) di United Center di Chicago, Illinois, pada 18 Agustus 2024. 
08:30
20 Agustus 2024

Ribuan Orang di Chicago Unjuk Rasa Menentang Perang Genosida Israel di Gaza, Sebut Biden Terlibat

Ribuan orang di Chicago Amerika Serikat berunjuk rasa menentang perang genosida Israel di Gaza dan pendanaannya oleh pemerintahan Joe Biden.

Aksi ribuan orang itu membayangi hari besar Presiden AS Joe Biden di Konvensi Nasional Demokrat di Chicago.

"Biden, Harris, kalian tidak bisa bersembunyi. Kami menuduh kalian melakukan genosida"

Ribuan orang berkumpul di luar lokasi DNC di Chicago pada hari pembukaannya untuk mengecam pemerintahan Biden atas dukungannya yang tak terkendali terhadap Israel saat negara itu melancarkan perang genosida di Gaza yang terkepung.

Ribuan pengunjuk rasa pro-Palestina telah berkumpul di Chicago saat Presiden Joe Biden tiba untuk hari pembukaan Konvensi Nasional Demokrat, dalam unjuk kekuatan terhadap dukungan tak terkendali pemerintahannya terhadap perang genosida Israel di Gaza yang terkepung.

Para demonstran pada hari Senin meneriakkan "Akhiri pendudukan sekarang!"

Dan kemudian "Seluruh dunia sedang menonton!" seperti yang dilakukan pengunjuk rasa anti-Perang Vietnam selama konvensi terkenal tahun 1968 di Chicago saat polisi bentrok dengan pengunjuk rasa dalam siaran langsung televisi.

Pawai itu terjadi tepat ketika Presiden Joe Biden, yang telah menjadi sasaran kritik keras dari kelompok pro-Palestina, termasuk para pengunjuk rasa, sedang berjalan melewati United Center yang sebagian besar kosong.

"Biden, Anda tidak bisa bersembunyi. Kami menuduh Anda melakukan genosida," teriak para demonstran di tengah tabuhan drum.


Teriak  "Genocide Joe" dan "Kamala Pembunuh"

Mereka juga menyebutnya sebagai "Genocide Joe" dan melontarkan teriakan serupa kepada Wakil Presiden Kamala Harris.

Kaum Yahudi Ultra-Ortodoks memegang plakat yang mendukung warga Palestina di Gaza, di Chicago. Kelompok-kelompok Yahudi mengatakan Negara Israel tidak mewakili kaum Yahudi dunia dan "para Rabi yang autentik" mengatakan mereka selalu menentang Zionisme dan Negara Israel.

Teriakan semakin keras dari dekat pagar pembatas, saat para pengunjuk rasa mencapai taman lingkungan di Sisi Barat Chicago dan berhenti sejenak untuk menyuarakan seruan mereka agar gencatan senjata.

Di tengah kebisingan, massa mengalihkan rasa frustrasinya kepada Wakil Presiden Kamala Harris, dengan menyebut kandidat Demokrat itu sebagai "Kamala Pembunuh".

Puluhan delegasi Muslim dan sekutu mereka, yang marah terhadap dukungan AS terhadap perang Israel di Gaza, tengah berupaya mencari perubahan dalam platform Demokrat dan berencana untuk menekan embargo senjata, membuat partai waspada terhadap gangguan terhadap pidato-pidato penting di konvensi tersebut.

Kelompok pro-Palestina selama berbulan-bulan memprotes dukungan militer dan keuangan pemerintahan Biden untuk Israel selama perang di Gaza.

Beberapa pengunjuk rasa meragukan bahwa partai Demokrat akan mengubah platformnya. "Itu tidak akan pernah terjadi," kata Mwalimu Sundiata Keita, yang datang dari Cincinnati, Ohio, untuk bergabung dalam protes tersebut. "Kebijakan partai adalah mendukung Israel, dan sampai kebijakan itu berubah, begitulah yang akan terjadi."

Calon presiden independen Cornel West berjalan melewati kerumunan saat pengunjuk rasa pro-Palestina mendesak semua Demokrat untuk menyerukan diakhirinya pendanaan militer ke Israel, dengan fokus khusus pada Harris.

Warga di pinggiran kota Chicago bekerja keras untuk memilih Biden pada tahun 2020, kata para pengunjuk rasa, "dan sekarang mereka merasa dikhianati." Bagi banyak orang, perang lebih dari sekadar pertanyaan hipotetis tentang kebijakan luar negeri.

Harris, kadang-kadang, memiliki nada yang berbeda dari bosnya, menyerukan gencatan senjata pada bulan Maret sebelum ia mencalonkan diri sebagai presiden.

Namun, baru-baru ini, selama kampanye detik-detik terakhirnya yang diluncurkan setelah Biden memutuskan untuk tidak mencalonkan diri lagi, ia menolak seruan untuk embargo senjata terhadap Israel.

Isu-isu yang diusung para demonstran antara lain krisis iklim, hak aborsi, dan kesetaraan ras, dan masih banyak lagi, tetapi banyak yang setuju bahwa mendesak gencatan senjata segera dalam perang Israel adalah pesan utama dari demonstrasi tersebut. Mereka menyamakannya dengan Perang Vietnam di generasi mereka.

SUMBER: TRT WORLD

Tag:  #ribuan #orang #chicago #unjuk #rasa #menentang #perang #genosida #israel #gaza #sebut #biden #terlibat

KOMENTAR