Elon Musk Sebut Hakim Brasil 'Lord Voldemort' Usai X Ditutup di Negara Itu: Kemiripannya Luar Biasa
Hakim Moraes - Voldemort (X/Elon Musk)
17:08
18 Agustus 2024

Elon Musk Sebut Hakim Brasil 'Lord Voldemort' Usai X Ditutup di Negara Itu: Kemiripannya Luar Biasa

Miliarder Elon Musk membandingkan Ketua Hakim Brasil Alexandre de Moraes dengan penjahat terkenal Harry Potter, Lord Voldemort. CEO SpaceX membuat perbandingan dalam sebuah tweet, yang kemudian menjadi viral, menampilkan gambar Hakim Moraes dan Voldemort secara berdampingan.

Hakim Moraes terlihat mengenakan jubah hitam mirip dengan yang dikenakan oleh Voldemort, yang memegang tongkat di gambar lain. "Kemiripannya luar biasa. Alexandre de Voldemort," tulis CEO Tesla dalam keterangan di X.

Perbandingan ini terjadi setelah adanya perkembangan besar yang melibatkan operasi X di Brasil. Pada hari Sabtu, raksasa media sosial tersebut mengumumkan akan menutup operasinya di negara tersebut, dengan alasan perselisihan hukum yang sedang berlangsung dengan Ketua Mahkamah Agung Brasil sebagai alasan utamanya. Penutupan ini digambarkan "segera berlaku", meskipun pengguna di Brasil masih memiliki akses ke platform tersebut.

“Kami sangat sedih karena terpaksa mengambil keputusan ini,” kata X dalam pernyataan resmi, sambil menyalahkan Moraes. Perusahaan mengklaim bahwa keputusan tersebut merupakan akibat langsung dari tindakan hakim Mahkamah Agung Brasil.

Baca Juga: Elon Musk dan JK Rowling Digugat Petinju Olimpiade atas Pelecehan Daring

Konflik hukum antara X dan Hakim Moraes telah berlangsung selama beberapa waktu. Awal tahun ini, hakim memerintahkan X untuk memblokir akun-akun tertentu yang dituduh menyebarkan disinformasi dan ujaran kebencian, khususnya yang terkait dengan pendukung mantan Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro.

Bolsonaro telah berulang kali meragukan integritas sistem pemungutan suara elektronik di Brasil, dan mengklaim bahwa sistem tersebut rentan terhadap penipuan, sebuah klaim yang memicu ketegangan menjelang pemilu tahun 2022 yang diperebutkan dengan ketat.

Alexandre de Moraes, yang juga memimpin Pengadilan Tinggi Pemilu Brasil, merupakan pendukung vokal dalam memerangi disinformasi. “Kebebasan berekspresi tidak berarti kebebasan melakukan agresi,” kata Moraes di masa lalu, seperti yang dilaporkan Al Jazeera. “Ini tidak berarti kebebasan untuk membela tirani.”

Dalam eskalasi terbaru, X mengklaim bahwa Moraes diam-diam mengancam salah satu perwakilan hukumnya di Brasil dengan penangkapan jika mereka tidak mematuhi perintah hukum untuk menghapus beberapa konten. “Sebagai akibatnya, untuk melindungi keselamatan staf kami, kami telah mengambil keputusan untuk menutup operasi kami di Brasil,” kata mereka dalam pernyataannya.

Elon Musk, yang tidak pernah menghindar dari kontroversi, menggandakan kritiknya terhadap Moraes, menyebutnya sebagai "aib bagi keadilan" dalam postingan terpisah di X.

Baca Juga: Elon Musk Berikan Kabar Terbaru Soal Implan Otak Neuralink, Bakal Ada 8 Chip Lagi yang Dipasang

Awal tahun ini, Hakim Moraes juga telah memulai penyelidikan terhadap Elon Musk dan X setelah pemilik X mengumumkan rencana untuk mengaktifkan kembali akun di platform yang sebelumnya telah diperintahkan untuk diblokir oleh Moraes.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #elon #musk #sebut #hakim #brasil #lord #voldemort #usai #ditutup #negara #kemiripannya #luar #biasa

KOMENTAR