Drone Hizbullah Serbu Lokasi Militer Israel saat Utusan Amerika Serikat Kunjungi Lebanon
Ilustrasi drone penyerang. Pasukan Israel mengakui kalau milisi Hizbullah Lebanon mampu meluncurkan drone menembus wilayah pendudukan Israel di Galilea sejauh 40 kilometer tanpa bisa dicegat sistem pertahanan udara Iron Dome. 
12:20
15 Agustus 2024

Drone Hizbullah Serbu Lokasi Militer Israel saat Utusan Amerika Serikat Kunjungi Lebanon

Washington dan negara-negara barat lainnya berlomba-lomba untuk mencegah Iran dan Hizbullah menanggapi serangan Israel baru-baru ini terhadap ibu kota mereka.

Hizbullah menyerang beberapa lokasi militer Israel di dekat perbatasan selatan Lebanon pada tanggal 14 Agustus ketika utusan utama Washington, Amos Hochstein, mengunjungi negara itu untuk melakukan pembicaraan dengan pejabat Lebanon.

Hochstein telah melakukan sejumlah kunjungan ke Lebanon sejak dimulainya perang dalam upaya mendorong de-eskalasi di perbatasan selatan, namun Hizbullah telah bersumpah tidak akan menghentikan serangannya terhadap Israel sampai gencatan senjata dicapai di Gaza.

"Untuk mendukung rakyat Palestina yang teguh pendiriannya … dan sebagai tanggapan atas agresi dan pembunuhan Israel di kota Barashit, para pejuang Perlawanan Islam melancarkan serangan udara dengan skuadron pesawat nirawak bunuh diri terhadap perkumpulan tentara musuh yang baru didirikan di Abirim [pemukiman] utara, dan menyerang target mereka dengan akurat," kata kelompok perlawanan Lebanon itu dalam sebuah pernyataan.

Serangan pesawat tak berawak itu terjadi setelah serangan udara Israel di Lebanon selatan yang melukai sedikitnya 10 orang, termasuk tiga orang dalam kondisi serius, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon.

Hizbullah melancarkan beberapa operasi lain terhadap pasukan Israel pada hari Selasa, menargetkan lokasi Metulla, Ramtha, dan Al-Baghdadi.

Ia juga menyerang tentara Israel di Hutan Shtula dengan roket.

Kunjungan Hochstein dilakukan dengan dalih untuk menghindari pecahnya perang besar-besaran di Lebanon dan kawasan, karena Israel dan AS saat ini sedang dalam kondisi antisipasi tinggi terhadap serangan balasan Hizbullah dan Iran terhadap pembunuhan Israel di Beirut dan Teheran bulan lalu.

Ismail Haniyeh, kepala biro politik Hamas dan kepala negosiator, dibunuh oleh Israel di Teheran pada tanggal 31 Juli, satu hari setelah serangan Israel di Beirut yang menewaskan komandan tinggi Hizbullah Fuad Shukr dan beberapa warga sipil, termasuk anak-anak.

Washington dan negara-negara barat lainnya sejak itu telah berusaha keras untuk menghalangi respon tersebut, sementara AS berjanji pada saat yang sama untuk membela Israel jika terjadi perang habis-habisan.

"Kami terus percaya bahwa resolusi diplomatik dapat dicapai karena kami terus percaya bahwa tidak ada seorang pun yang benar-benar menginginkan perang skala penuh antara Lebanon dan Israel," kata Hochstein pada hari Rabu setelah pertemuan dengan Ketua Parlemen Lebanon dan pemimpin Gerakan Amal, Nabih Berri.

"Dia [Berri] dan saya sepakat tidak ada lagi waktu yang terbuang dan tidak ada lagi alasan yang sah dari pihak mana pun untuk menunda lebih lanjut," imbuhnya.
Hochstein juga bertemu dengan Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati pada 14 Agustus.

Serangan Israel terhadap Beirut terjadi setelah terbunuhnya 12 anak Suriah di Dataran Tinggi Golan yang diduduki oleh rudal pencegat Iron Dome, yang Tel Aviv coba gambarkan sebagai serangan Hizbullah terhadap warga sipil Israel.

Kunjungan terakhir Hochstein ke Beirut terjadi sebelum serangan udara ilegal Israel di ibu kota tersebut, saat itu ia mencoba menekan pejabat Lebanon agar memengaruhi Hizbullah agar tidak memberikan respons terhadap potensi serangan Israel, menurut surat kabar Al-Akhbar.

Harian Lebanon melaporkan pada tanggal 1 Agustus bahwa Hochstein memimpin “kampanye disinformasi diplomatik” dan menipu pejabat Lebanon dengan berpikir bahwa Israel tidak akan menyerang ibu kota Lebanon atau pinggiran selatannya, tempat serangan itu terjadi.

Utusan AS, sejak dimulainya perang, berupaya mengamankan penarikan Hizbullah di belakang Sungai Litani dan memfasilitasi kembalinya para pemukim di wilayah utara Israel.

Namun Hizbullah telah bersumpah tidak akan ada diskusi mengenai situasi perbatasan sampai Israel menghentikan perang di Gaza.

SUMBER: THE CRADLE

Tag:  #drone #hizbullah #serbu #lokasi #militer #israel #saat #utusan #amerika #serikat #kunjungi #lebanon

KOMENTAR