Tercatat dalam Sejarah, Penyandang Down Syndrome Mar Galceran Berhasil Menjadi Anggota Parlemen di Spanyol
Mar Galceran menjadi anggota parlemen penyandang down syndrome di Kota Valencia, Spanyol. (Jose Jordan/AFP/Getty Images)
08:39
20 Januari 2024

Tercatat dalam Sejarah, Penyandang Down Syndrome Mar Galceran Berhasil Menjadi Anggota Parlemen di Spanyol

Tercatat dalam sejarah dunia, Spanyol mengambil keputusan mengejutkan dengan mengangkat seorang penyandang down syndrome menjadi anggota parlemen.

Dia adalah Mar Galceran, seorang perempuan berkebangsaan Spanyol yang berhasil menjadi anggota parlemen regional atau nasional, dengan status penyandang disabilitas pertama di Eropa. Selama berpuluh-puluh tahun Mar Galceran berjuang untuk membuktikan bahwa penyandang down syndrome juga bisa berkarya dalam mencapai tujuan hidup.

Pencapaian yang mengagumkan itu telah menjadi bukti kepada semua orang di dunia. Bahwa, seorang penyandang disabilitas seperti Mar Galceran dapat berkarya sekaligus memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Dalam pencapaian hingga menjadi seorang parlemen, tentu tidak bersifat instan. Mar Galceran melewati berbagai perjalanan yang penuh tantangan, sebelum akhirnya menjadi seorang parlemen di Kota Valencia, Spanyol.

Melansir dari The Guardian, Dia mulai aktif di dunia politik sejak menginjak usia remaja, yakni pada usia 18 tahun. Di usianya yang masih belia itu, Mar Galceran bergabung dengan Partai Rakyat, People’s Party (PP).

Setelah itu, perlahan-lahan dia mulai naik ke jajaran aparat partai, hingga komitmen di dunia politik membuahkan hasil pada Mei 2023. Dia akhirnya berhasil masuk ke dalam daftar calon ke-20, yang diusung PP pada Pilkada Valencia.

Prestasi tersebut telah melambungkan nama Mar Galceran ke peringkat teratas, di antara penderita down syndrome lain yang berhasil melewati hambatan untuk memasuki dunia politik.

Selain Mar Galcerán, pada 2020 silam Éléonore Laloux telah menjadi orang pertama, dengan kelainan genetik yang masuk ke dalam jabatan publik, sebagai anggota dewan di kota utara Arras, Prancis. Ada juga penyandang down syndrome Fintan Bray, dari Irlandia yang juga membuat sejarah, setelah terpilih menjadi anggota politik di Irlandia pada 2022.

Di Spanyol, jalur Mar Galceran ke dunia politik sebenarnya telah dirintis Angela Bachiller. Seorang anggota dewan di kota Spanyol pertama, yang mengidap down syndrome di kota utara Valladolid, pada 2013.

Namun, menurut federasi Down Syndrome Spanyol Mar Galceran mungkin menjadi orang pertama di Eropa yang berhasil tergabung dalam parlemen regional atau nasional.

”Ini merupakan langkah maju yang besar dan merupakan contoh inklusif yang nyata,” ucap Agustin Matia Amor dari Down Espana kepada The Guardian.

Selama lebih dari 20 tahun, Mar Galceran telah bekerja untuk mengangkat orang-orang dengan status down syndrome di Spanyol. Dalam jangka waktu itu, dia juga bekerja sebagai pegawai negeri di Valencia dan menciptakan kebijakan-kebijakan inklusif serta memimpin Asindown selama empat tahun.

Asindown adalah sebuah organisasi di Valencia, yang didedikasikan sebagai tempat untuk membantu keluarga dan anak-anak yang menderita down syndrome. Meskipun banyak media maupun pihak-pihak lain yang memuji pencapaian sebagai seorang parlemen. Tetapi, masih ada orang yang menganggap bahwa Mar Galceran tidak akan mampu menjalankan tugasnya di kemudian hari.

”Ada orang yang mendukung saya, tapi ada juga yang menganggap saya tidak mampu. Mereka adalah orang-orang yang tidak mengenal saya dan latar belakang saya,” ujar Mar Galceran kepada The Guardian.

Baginya, memulai sesuatu peran yang baru merupakan sebuah tanggung jawab besar yang harus dijalankan.

”Saya ingin belajar bagaimana melakukan sesuatu hal baru dengan baik, untuk warga Valencia dan yang lebih penting, bagi kami yang memiliki kemampuan berbeda,” jelas Mar Galceran.

Dia berharap, dengan kehadiran di parlemen regional itu dapat menghilangkan berbagai prasangka yang masih melekat di masyarakat, khususnya terhadap penyandang down syndrome.

”Saya ingin orang-orang melihat saya sebagai pribadi yang mampu, bukan hanya karena disabilitas saya,” Mar Galceran.

Kesuksesan Mar Galceran telah menjadi sebuah inspirasi, yang membuktikan bahwa tekad dan komitmen mampu mengatasi segala rintangan, tanpa memandang kekurangan yang dimiliki.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #tercatat #dalam #sejarah #penyandang #down #syndrome #galceran #berhasil #menjadi #anggota #parlemen #spanyol

KOMENTAR