Kritisi Invasi Israel di Palestina, Cori Bush 'Ditendang' dari Parlemen atas Pengaruh Kelompok Pro-Zionis
Cori Bush (instagram)
15:52
8 Agustus 2024

Kritisi Invasi Israel di Palestina, Cori Bush 'Ditendang' dari Parlemen atas Pengaruh Kelompok Pro-Zionis

Anggota parlemen Amerika Serikat Cori Bush, seorang kritikus keras perang Israel di Gaza, telah kalah dalam pemilihan pendahuluan kongres Demokratnya, dalam perlombaan yang menyaksikan masuknya dana besar-besaran dari kelompok-kelompok pro-Israel untuk mengalahkan seorang anggota "Squad" sayap kiri Kongres.

Bush, seorang anggota Kongres dari Missouri, kalah dalam pemilihan pendahuluan hari Selasa dari jaksa St Louis Wesley Bell, yang memenangkan sekitar 51,2 persen suara berbanding 45,6 persen yang diraihnya.

"Kami akan membela apa yang benar, berapa pun biayanya," kata Bush pada Selasa malam dalam pidato pengakuan kekalahan yang diunggah di media sosial.

"Saya hanya berharap dia [Bell] benar-benar meluangkan waktu untuk belajar tentang komunitas Palestina, Arab, dan Muslim kami."

Baca Juga: Biodata Ethan Kohler, Pemain Keturunan Indonesia Bawa Amerika Serikat Jadi Runner-up Piala Concacaf

Kekalahan Bush menyusul serangan gencar oleh kelompok-kelompok pro-Israel seperti American Israel Public Affairs Committee (AIPAC) dan Super PAC yang berafiliasi dengannya, United Democratic Project (UDP), yang bersama-sama menggelontorkan sekitar $8,5 juta untuk menggulingkannya.

Itu adalah upaya terbaru yang berhasil oleh lobi pro-Israel yang kuat untuk menyingkirkan anggota parlemen yang kritis terhadap perang Israel yang sedang berlangsung di Gaza, yang telah menewaskan hampir 40.000 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan telah memicu banyak tuduhan kejahatan perang oleh pasukan Israel, termasuk penggunaan penyiksaan secara sistematis.

Bush mengajukan resolusi di Kongres yang menyerukan gencatan senjata di Gaza hanya beberapa minggu setelah dimulainya perang, dengan mengatakan Israel melancarkan "kampanye pembersihan etnis" di wilayah Palestina.

Ia memboikot pidato Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada sidang gabungan Kongres bulan lalu, dengan mengatakan bahwa menghadiri sidang tersebut akan berarti merayakan "penjahat perang" yang berada di garis depan "genosida".

Pada bulan Juni, sesama progresif Jamal Bowman, yang juga kritis terhadap perang di Gaza, dikalahkan oleh penantang utama pro-Israel setelah UDP menghabiskan sekitar $15 juta untuk pemilihan tersebut.

Baca Juga: Calon Wakil Presiden AS, Tim Walz Berbagi Kisah Haru saat Berjuang untuk Bisa Punya Anak: Saya Berdoa Setiap Malam

Sementara kekalahan Bowman dan Bush menunjukkan bahwa kelompok pro-Israel di AS masih memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pemilihan penting, mereka juga tidak mampu membalikkan tren simpati yang lebih besar terhadap penderitaan Palestina di antara para pemilih Demokrat.

Sebuah jajak pendapat Gallup tahun 2023 menemukan perubahan 11 poin yang mendukung simpati terhadap Palestina dan menjauh dari Israel, dan banyak anggota parlemen progresif telah menyerukan diakhirinya dukungan AS terhadap perang Israel di Gaza.

Selama pemilihan pendahuluan presiden Demokrat, gerakan "tidak berkomitmen", yang mendesak para pemilih di sejumlah negara bagian untuk menandai "tidak berkomitmen" pada surat suara mereka sebagai protes terhadap dukungan Presiden Joe Biden terhadap perang, secara konsisten melampaui ekspektasi.

Seorang pendeta dan perawat, Bush menjadi aktivis Black Lives Matter dan memimpin protes setelah penembakan yang menewaskan Michael Brown di Ferguson, Missouri, pada tahun 2014.

Selama pidato konsesinya, Bush mengatakan bahwa dia akan terus mendukung "Palestina yang bebas", yang ditanggapi oleh orang banyak dengan teriakan "Bebaskan, Palestina yang bebas".

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kritisi #invasi #israel #palestina #cori #bush #ditendang #dari #parlemen #atas #pengaruh #kelompok #zionis

KOMENTAR