Hizbullah Luncurkan Puluhan Roket ke Israel Utara sebagai Respons Atas Kematian Pemimpinnya
Ilustrasi Roket Meluncur (pexels/@pixabay)
11:00
2 Agustus 2024

Hizbullah Luncurkan Puluhan Roket ke Israel Utara sebagai Respons Atas Kematian Pemimpinnya

Hizbullah mengklaim telah meluncurkan roket ke Israel utara sebagai respons terhadap serangan mematikan Israel di Lebanon selatan.

Ini merupakan serangan pertama kelompok yang didukung Iran tersebut setelah Israel membunuh seorang komandan terkemuka Hizbullah, Fuad Shukr pada Selasa malam.

Dalam sebuah pernyataan, Hizbullah menyatakan bahwa mereka telah meluncurkan puluhan roket Katyusha sebagai respons terhadap serangan musuh Israel di desa Shama di selatan yang menewaskan sejumlah warga sipil.

Militer Israel menyatakan bahwa tak lama setelah serangan roket tersebut, angkatan udara mereka menyerang peluncur Hizbullah dari mana proyektil diluncurkan.

Baca Juga: Fakta Baru Tewasnya Pemimpin Hamas, Pembunuhan Ismail Haniyeh Sudah Direncanakan: Ada Bom Yang Ditanam

Sebelumnya pada hari Kamis, kementerian kesehatan Lebanon melaporkan bahwa empat warga Suriah tewas dalam serangan Israel di selatan, di mana Hizbullah dan Israel telah saling serang hampir setiap hari sejak perang Gaza dimulai pada bulan Oktober.

"Kementerian kesehatan mengumumkan... empat warga Suriah syahid dalam serangan Israel di desa Shama di selatan," kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Kementerian menambahkan bahwa jumlah korban mungkin bertambah setelah tes DNA dilakukan. Serangan tersebut juga melukai lima warga Lebanon.

Layanan darurat mengatakan kepada AFP bahwa korban tewas adalah pekerja pertanian dan bagian dari satu keluarga. Asap tebal membumbung dari lokasi serangan, yang merusak dua bangunan di dekatnya dan membakar habis sebuah kendaraan, menurut seorang fotografer yang berkontribusi untuk AFP.

Serangan ini merupakan serangan pertama Hizbullah setelah serangan udara Israel menewaskan komandan terkemuka mereka. Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, mengatakan operasi akan dilanjutkan pada Jumat pagi.

Baca Juga: Bingung Gerainya Masih Ramai di Mal, Zita Anjani Trauma Melihat Starbucks

Nasrallah memperingatkan bahwa kelompoknya pasti akan merespons pembunuhan Shukr. Kematian Shukr diikuti beberapa jam kemudian pada hari Rabu oleh pembunuhan kepala Hamas, sekutu Hizbullah, Ismail Haniyeh dalam serangan di Tehran, yang dituduh Iran dan Hamas dilakukan oleh Israel. Namun hingga saat ini, Israel menolak berkomentar mengenai pembunuhan Haniyeh.

Kekerasan sejak Oktober telah menewaskan setidaknya 542 orang di pihak Lebanon, sebagian besar di antaranya adalah pejuang, tetapi juga termasuk 114 warga sipil, menurut perhitungan AFP.

Setidaknya 22 tentara dan 25 warga sipil tewas di pihak Israel, termasuk di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi, menurut angka dari tentara Israel.

Editor: Bella

Tag:  #hizbullah #luncurkan #puluhan #roket #israel #utara #sebagai #respons #atas #kematian #pemimpinnya

KOMENTAR