Duka Ismail Haniyeh Sebelum Kematiannya: Kehilangan 3 Putra dan 4 Cucu dalam Serangan Udara Israel
Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Instagram)
14:24
31 Juli 2024

Duka Ismail Haniyeh Sebelum Kematiannya: Kehilangan 3 Putra dan 4 Cucu dalam Serangan Udara Israel

Tiga putra Haniyeh – Hazem, Amir dan Mohammad – tewas pada 10 April ketika serangan udara Israel menghantam mobil yang mereka kendarai, kata Hamas. Haniyeh juga kehilangan empat cucunya, tiga perempuan dan satu laki-laki, dalam serangan itu, kata Hamas.

Haniyeh membantah pernyataan Israel bahwa putra-putranya adalah pejuang kelompok tersebut, dan mengatakan "kepentingan rakyat Palestina diutamakan di atas segalanya" ketika ditanya apakah pembunuhan mereka akan berdampak pada perundingan gencatan senjata.

Meskipun banyak pernyataan keras di depan umum, para diplomat dan pejabat Arab memandangnya sebagai orang yang relatif pragmatis dibandingkan dengan suara-suara garis keras di Gaza, tempat sayap militer Hamas merencanakan serangan pada 7 Oktober.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Twitter)Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Twitter)

Saat mengatakan kepada militer Israel bahwa mereka akan mendapati diri mereka “tenggelam di pasir Gaza”, ia dan pendahulunya sebagai pemimpin Hamas, Khaled Meshaal, telah berkeliling wilayah tersebut untuk melakukan pembicaraan mengenai perjanjian gencatan senjata yang ditengahi Qatar dengan Israel yang akan mencakup pertukaran sandera dengan Israel. Warga Palestina di penjara-penjara Israel serta lebih banyak bantuan untuk Gaza.

Baca Juga: Sepak Terjang Ismail Haniyeh Ujung Tombak Hamas, Pernah Pimpin Serangan Roket ke Israel

Israel menganggap seluruh pimpinan Hamas sebagai teroris, dan menuduh Haniyeh, Meshaal dan lainnya terus "menarik organisasi teror Hamas".

Namun seberapa banyak yang diketahui Haniyeh tentang serangan 7 Oktober sebelumnya masih belum jelas. Rencana tersebut, yang disusun oleh dewan militer Hamas di Gaza, merupakan rahasia yang dijaga ketat sehingga beberapa pejabat Hamas tampak terkejut dengan waktu dan skalanya.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Instagram)Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh (Instagram)

Namun Haniyeh, seorang Muslim Sunni, memiliki andil besar dalam membangun kapasitas tempur Hamas, salah satunya dengan membina hubungan dengan Iran yang merupakan Muslim Syiah, yang tidak merahasiakan dukungannya terhadap kelompok tersebut.

Selama dekade di mana Haniyeh menjadi pemimpin tertinggi Hamas di Gaza, Israel menuduh tim kepemimpinannya membantu mengalihkan bantuan kemanusiaan ke sayap militer kelompok tersebut. Tudingan tersebut dibantah keras oleh Hamas.

Baca Juga: Breaking News: Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Tewas Terbunuh di Iran

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #duka #ismail #haniyeh #sebelum #kematiannya #kehilangan #putra #cucu #dalam #serangan #udara #israel

KOMENTAR