Artis-artis Irlandia Mendesak Eurovision Song Contest Coret Israel, Tak Mau Kontes Bareng Penindas
Sejumlah Artis Irlandia mendesak Eurovision Song Contest 2024 untuk memboikot Israel. Kontes Lagu Eurovision 2024 adalah Kontes Lagu Eurovision edisi ke-68. Dijadwalkan berlangsung di Malmo , Swedia pada 7 dan 9 Mei, dan final pada 11 Mei 2024. 
09:30
25 April 2024

Artis-artis Irlandia Mendesak Eurovision Song Contest Coret Israel, Tak Mau Kontes Bareng Penindas

Sejumlah Artis Irlandia mendesak Eurovision Song Contest 2024 untuk memboikot Israel.

Kontes Lagu Eurovision 2024 adalah Kontes Lagu Eurovision edisi ke-68. Dijadwalkan berlangsung di Malmo , Swedia pada 7 dan 9 Mei, dan final pada 11 Mei 2024.

Tiga puluh tujuh negara akan berpartisipasi dalam kontes ini, salah satu yang menjadi kontroversi adalah keikutsertaan artis-artis Israel.

Dimasukkannya Israel di antara peserta dalam konteks perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung telah mendapat kritik keras, protes dan petisi yang menyerukan penghapusan perang tersebut, dan telah mendorong penyelenggara untuk memperkuat langkah-langkah keamanan yang ada untuk acara tersebut.

Ratusan artis Irlandia mendesak peserta Eurovision Irlandia pada hari Senin untuk berada di “sisi kanan sejarah” dengan memboikot kontes lagu tersebut karena partisipasi beberapa artis Israel dalam acara tersebut di Swedia bulan depan.

“Kami meminta Anda mundur dari Eurovision 2024, untuk mengindahkan seruan Palestina agar memboikot kompetisi tersebut karena partisipasi Israel,” bunyi surat yang ditandatangani lebih dari 400 seniman Irlandia.

“Dengan berpartisipasi dalam Eurovision Anda akan berdiri bersama penindas,” katanya.

Surat itu menunjuk pada artis dan musisi Irlandia seperti grup rap berbahasa Irlandia, Kneecap, yang menarik diri dari Festival Musik SXSW di Amerika Serikat bulan lalu sebagai protes atas sponsor militer AS pada acara tersebut.

“Anda memiliki kesempatan untuk berada di pihak yang benar dalam sejarah dan dikenang sebagai seniman yang berhati nurani, yang, di masa genosida, memilih untuk tidak melakukan kejahatan, untuk benar-benar membela kaum tertindas,” kata surat itu.

Biasanya dikaitkan dengan berlian imitasi dan kitsch, Eurovision tahun ini telah menjadi acara yang lebih kontroversial ketika perang di Gaza memasuki bulan ketujuh, dengan kritik yang menyerukan agar Israel dilarang berkompetisi oleh penyelenggara, European Broadcasting Union dan lembaga penyiaran publik Swedia SVT. .

“Saya mendukung siapa pun yang melakukan boikot. Saya pikir jika saya tidak ikut kompetisi, saya juga akan memboikot,” kata Bambie Thug, peserta dari Irlandia, dalam sebuah acara bincang-bincang pada hari Jumat.

“Pada akhirnya, tanpa kelompok kami yang pro-Palestina, persaingan bagi pihak lain [Israel] untuk menang akan berkurang dan solidaritas di sana akan berkurang,” kata pria berusia 31 tahun yang berasal dari Israel. Sumbat.

Peserta Irlandia akan menghadapi rekan-rekan dari Ukraina, Siprus, Polandia, Serbia, Lithuania, Kroasia, Slovenia, Islandia, Finlandia, Portugal, Luksemburg, Australia dan Moldova di semifinal pertama dari dua semifinal pada 7 Mei. Final berlangsung di Malmo pada 11 Mei.


Seruan Boikot Israel

Sejak pecahnya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober 2023, seruan telah dibuat agar Israel dikeluarkan dari kontes tersebut atas dasar krisis kemanusiaan akibat operasi militer Israel di Jalur Gaza.

Hal ini mencakup protes dan petisi yang ditujukan kepada lembaga penyiaran nasional di sejumlah negara peserta, terutama di Finlandia, Islandia dan Norwegia.

Mereka menuntut agar mereka menarik atau menekan EBU untuk mengecualikan Israel. Lembaga penyiaran Islandia RÚV memilih untuk memutuskan partisipasinya pada tanggal 11 Maret 2024, pada pertemuan di antara para kepala delegasi lembaga penyiaran yang berpartisipasi, yang pada akhirnya mengkonfirmasi kehadirannya.

​​Hingga Maret 2024, tidak ada lembaga penyiaran lain yang menunjukkan penolakan terang-terangan terhadap partisipasi Israel; namun, sebagai tanggapan atas seruan publik di Slovenia, lembaga penyiaran RTVSLO meminta EBU untuk mengadakan diskusi ekstensif dengan anggotanya mengenai masalah ini tidak mendapat tanggapan.

Pada akhir Februari 2024, beberapa laporan media Israel menyatakan bahwa dua lagu telah dipilih untuk dipertimbangkan sebagai entri Israel untuk kontes tahun 2024, berjudul "October Rain" dan "Dance Forever", dan keduanya telah diserahkan ke EBU untuk evaluasi tetapi ditolak karena mengandung lirik politik.

Penyiar Israel Kan mengkonfirmasi laporan ini pada tanggal 3 Maret, dan juga menyatakan bahwa mereka meminta penulis kedua lagu untuk "membuat penyesuaian yang diperlukan" agar memenuhi syarat.

Lagu terpilih berjudul " Hurricane ", telah disetujui oleh EBU pada 7 Maret dan diumumkan tiga hari kemudian.

Meski tidak menyebutkan keikutsertaan Israel dalam kontes tersebut, pada tanggal 29 Maret 2024, beberapa peserta – yaitu Bambie Thug (Irlandia), Gåte (Norwegia), Iolanda (Portugal), Megara (San Marino), Mustii (Belgia), Nemo (Swiss), Olly Alexander (Inggris), Saba (Denmark), Silvester Belt (Lithuania) dan Windows95man (Finlandia) – mengeluarkan pernyataan bersama yang menyerukan "gencatan senjata segera dan abadi" di Gaza serta kembalinya sandera Israel yang ditahan oleh Hamas .

Pada tanggal 9 April 2024, EBU merilis pernyataan oleh wakil direktur jenderal Jean Philip De Tender yang mengutuk "kampanye media sosial yang ditargetkan" terhadap artis yang berpartisipasi, dilaporkan karena tidak cukupnya tekanan yang diberikan pada serikat pekerja untuk mengecualikan Israel, yang menyatakan bahwa dimasukkannya sebuah negara dalam kontes "adalah tanggung jawab badan pengatur EBU dan bukan tanggung jawab masing-masing artis".

Tindakan protes di Seluruh Eropa

Demonstrasi menentang partisipasi Israel di ajang Eurovision terjadi di Barcelona pada ​​April 2024.

Sejumlah acara seleksi nasional diganggu oleh para aktivis yang menyerukan boikot menjelang kontes tersebut.
Ini termasuk semifinal pertama Grand Prix Melodi Norwegia , yang menampilkan seorang pengunjuk rasa melanggar panggung selama siaran; Klip pemenang Benidorm Fest Spanyol memperlihatkan dua orang mengibarkan bendera Palestina; babak kedua Melodifestivalen di Swedia, yang memperlihatkan dua penonton sekilas mengenakan kostum semangka dan memegang plakat yang menyerukan perhatian terhadap penargetan anak-anak Palestina selama perang.

Dan acara seleksi di Denmark dan Finlandia, yang menjadi sasaran para demonstran di luar lokasi yang menyerukan boikot.

Demonstrasi menentang partisipasi Israel juga terjadi di kota tuan rumah Malmö. Pada bulan Maret 2024, papan reklame digital yang dipasang di Malmö Live sebagai persiapan kontes terciprat cat merah, dan alasnya dicat semprot dengan tulisan "Bebaskan Gaza".

Pada awal April, poster-poster yang memuat pesan-pesan termasuk "Kontes Lagu Genosida", "Malmö mengatakan tidak untuk genosida" dan "Israel keluar dari Eurovision atau Eurovision keluar dari Malmö", muncul di kota.

Sebuah demonstrasi terjadi di luar Balai Kota Malmo, dengan pengunjuk rasa meneriakkan "Panjang umur Palestina" dan "Israel adalah negara teroris", pada tanggal 10 April, ketika pemerintah kota ditetapkan untuk membahas inisiatif populer untuk membatalkan hosting kewajiban karena partisipasi Israel.

Dewan kota dengan suara bulat memilih untuk menolak proposal tersebut, dengan walikota Katrin Stjernfeldt Jammeh menegaskan kembali bahwa keputusan mengenai negara-negara peserta adalah tanggung jawab EBU, dan mengklarifikasi bahwa kota Malmo tidak dapat menangani masalah "kebijakan luar negeri" tanpa bertentangan dengan piagam kota.

Sebagai protes terhadap partisipasi Israel, sejumlah artis membatalkan penampilan mereka di acara Eurovision Village, memaksa penyelenggara untuk menjadwal ulang mereka.

Pada 22 Maret 2024, polisi Malmö telah menerima enam permintaan protes selama pekan Eurovision.

Satu permintaan menentang partisipasi Israel dalam kontes tersebut, yang direncanakan akan melibatkan 10.000 orang dalam perjalanan dari Stortorget ke Möllevångstorget.

Satu lagi yang menentang perang di Gaza, yang akan diselenggarakan di luar Malmö Arena; satu untuk menunjukkan dukungan kepada delegasi Eurovision Israel, yang akan diadakan pada tanggal 9 Mei dan mencakup beberapa ratus orang; dan tiga lainnya menentang partisipasi Israel dan mendukung Palestina.

Kontes lagu online bertajuk "Falastinvision" juga rencananya akan digelar pada 11 Mei sebagai alternatif final Eurovision.

(Sumber: Jordan Times, Berbagai Sumber)

Tag:  #artis #artis #irlandia #mendesak #eurovision #song #contest #coret #israel #kontes #bareng #penindas

KOMENTAR