Menlu Retno Ungkap 2 Pesan Jokowi soal Konflik Iran-Israel, Minta Upaya Diplomatik Terus Dilakukan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepreisdenan, Jakarta, Selasa (6/2/2024). Menlu Retno Marsudi mengungkapkan arahan Presiden Jokowi dalam rapat internal soal geopolitik global di Istana Kepresidenan, Selasa. 
14:30
16 April 2024

Menlu Retno Ungkap 2 Pesan Jokowi soal Konflik Iran-Israel, Minta Upaya Diplomatik Terus Dilakukan

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, mengungkapkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terkait serangan Iran ke Israel di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Diketahui, sejumlah menteri menghadiri rapat intern yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi ini.

Termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menlu Retno Sumardi.

Selesai rapat, Menlu Retno menyampaikan keterangannya di hadapan awak media.

Dalam kesempatan tersebut, ia menerangkan dua arahan Jokowi terkait situasi geopolitik global, khususnya terkait konflik Iran vs Israel.

"Pesan Bapak presiden tadi dua, yaitu tolong terus lakukan upaya diplomatik agar pihak-pihak terkait menahan diri, dan dapat dihindari terjadinya eskalasi, karena eskalasi tidak akan membawa manfaat bagi siapapun," ucapnya, dikutip dari Kompas TV, Selasa.

Menurut Retno Marsudi, saat ini masing-masing pihak sudah mulai mempertimbangkan dampak jika terjadi eskalasi.

"Jadi sekarang masing-masing pihak sudah mulai menghitung jika terjadi eskalasi dampaknya seperti apa terhadap masing-masing negara, baik harga minyak, harga kebutuhan lainnya, nilai tukar dolar, dan sebagainya," ucap Menlu RI.

Lebih lanjut, Retno menyampaikan kondisi warga negara Indonesia (WNI) di kawasan Timur Tengah.

"WNI sejauh ini alhamdulillah dalam keadaan baik, dalam artian tidak terdampak situasi yang ada, kita terus melakukan pantauan," ucapnya.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan informasi terkait rapat internal antara Presiden dan sejumlah menteri hari ini.

"Bapak presiden besok (hari ini) akan mengadakan rapat internal mengenai ini," kata Airlangga.

Menurut Airlangga, pemerintah akan mempersiapkan langkah langkah untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan dari konflik Iran-Israel.

Satu di antaranya dampak dari resiko tingkat suku bunga global tinggi dalam jangka waktu yang lama atau atau higher for longer di Amerika Serikat.

Fenomena tersebut, lanjut Airlanggam terjadi karena volatilitas ekonomi global yang terus meningkat karena tidak stabilnya geopolitik di Timur Tengah.

"Memang juga yang dikhawatirkan kan ekonomi Amerika masih kuat dan interest rate masih tinggi di Amerika walaupun mereka berhasil menangani inflasi, tetapi mereka higher interest rates for longer, jadi itu yang harus kita antisipasi," ucapnya.

Meski demikian, lanjut Airlangga, fundamental ekonomi Indonesia sekarang kuat untuk menahan dampak yang ditimbulkan.

"Tetapi selama kita solid ekonominya, solid politiknya insya Allah transisi situasi ini kita bisa jaga bersama, apalagi kita tentu berharap dewan keamanan PBB bisa mengambil langkah-langkah supaya terjadi deeskalasi bukan eskalasi," jelasnya.

Iran dan Israel telah terlibat permusuhan yang intensitasnya bergantung pada peristiwa geopolitik. Iran dan Israel telah terlibat permusuhan yang intensitasnya bergantung pada peristiwa geopolitik. (Tribunnews.com)

Diberitakan sebelumnya, Iran melancarkan serangan besar-besaran ke Israel dengan mengirimkan ratusan rudal dan drone pada Sabtu (14/4/2024).

Serangan tersebut, merupakan balasan atas serangan udara Israel pada 1 April lalu terhadap gedung konsulatnya di Damaskus. 

Terkait serangan Iran ke Israel ini, dinilai dapat memicu potensi perang dunia III.

Sebab, Israel juga mempersiapkan skenario serangan balik balas dendam, sebagaimana dikemukakan Juru Bicara Israel Defense Force (IDF) dengan mulai meminta meniadakan semua kegiatan pendidikan.

Termasuk studi akademis dan perkemahan musim panas.

(Tribunnews.com/Suci Bangun DS, Taufik Ismail, Danang Triatmojo)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #menlu #retno #ungkap #pesan #jokowi #soal #konflik #iran #israel #minta #upaya #diplomatik #terus #dilakukan

KOMENTAR