Prakiraan Hujan Lebat, Sekolah UEA Laksanakan Pembelajaran Jarak Jauh, Karyawan Kantor Disuruh WFH
Hujan lebat melanda Uni Emirat Arab pada Agustus 2023 kemarin. Sekolah di UEA melangsungkan pembelajaran jarak jauh, kantor-kantor di seluruh UEA juga menyarankan agar karyawannya untuk WFH karena cuaca buruk. 
12:20
16 April 2024

Prakiraan Hujan Lebat, Sekolah UEA Laksanakan Pembelajaran Jarak Jauh, Karyawan Kantor Disuruh WFH

Demi menjaga keselamatan, sekolah-sekolah negeri di seluruh Uni Emirat Arab (UEA) melangsungkan pembelajaran jarak jauh selama dua hari, mulai Selasa (16/4/2024) dan Rabu (17/4/2024) karena diperkirakan terjadi hujan lebat, Dubai Eye 103.8 melaporkan.

Menurut Pusat Meteorologi Nasional (NCM), cuaca buruk, disertai dengan hujan, guntur, kilat, bahkan hujan es diperkirakan terjadi di seluruh Emirates mulai Senin (15/4/2024) malam hingga Rabu (17/4/2024) siang.

Kementerian Sumber Daya Manusia dan Emirisasi (MoHRE) pada hari Senin (15/4/2024) juga meminta perusahaan-perusahaan sektor swasta mengambil tindakan pencegahan.

Pemerintah mendesak para pengusaha untuk memastikan keselamatan pekerja mereka, Al Arabiya melaporkan.

"Mengingat kondisi cuaca luar biasa yang diperkirakan terjadi di UEA, melalui koordinasi dengan otoritas terkait di seluruh negeri, kami menyarankan perusahaan sektor swaswa mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan dan memastikan persyaratan kesehatan dan keselamatan kerja terpenuhi untuk menjamin keselamatan pekerja mereka. pekerja selama periode fluktuasi cuaca yang diperkirakan," demikian bunyi surat edaran Kemenkes.

"Perusahaan diharuskan untuk mematuhi arahan yang dikeluarkan oleh otoritas lokal terkait di setiap emirat mengenai kondisi cuaca luar biasa dan dampaknya terhadap operasi bisnis."

Selama periode ini, angin dengan kecepatan hingga 65 km/jam akan menimbulkan debu sehingga mengurangi jarak pandang.

Pada hari Rabu (17/4/2024), wilayah utara dan timur negara itu akan diguyur hujan, yang secara bertahap akan berkurang pada malam hari.

Cuaca diperkirakan akan mereda pada hari Kamis (18/4/2024), dan diperkirakan tidak akan turun hujan pada hari itu.

Kondisi laut juga diperkirakan akan bergejolak, dikutip dari khaleejtimes.

Kondisi cuaca buruk mulai terjadi pada tanggal 9 Maret 2024.

Masyarakat disarankan untuk tetap berada di dalam rumah, sementara acara dibatalkan dan tempat rekreasi populer ditutup.

Di negara tetangga Oman, hujan lebat menyebabkan banjir bandang di beberapa wilayah.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan kendaraan-kendaraan tersapu.

Sementara pejabat darurat negara Teluk mengatakan mereka menanggapi beberapa laporan tentang keluarga dan anak-anak yang terjebak di dalam mobil dan rumah.

Pada bulan Februari, UEA menghadapi kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi.

Pusat Meteorologi Nasional (NCM) melaporkan curah hujan di Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Fujairah, Ajman, dan Ras Al Khaimah.

Keadaan tersebut mendorong perusahaan-perusahaan sektor swasta untuk merekomendasikan work from home (WFH) bagi karyawan mereka.

Kementerian Sumber Daya Manusia dan Emiratisasi sudah menekankan pentingnya pola kerja yang fleksibel untuk menjamin keselamatan karyawan, terutama untuk pekerjaan di luar ruangan.

Perusahaan didesak untuk mematuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan kerja dan memastikan kesejahteraan pekerja yang bepergian ke lokasi luar ruangan.

Wajar jika pemerintah mengeluarkan imbauan demikian.

Ketika Tribunnews.com menggali seperti apa situasi di UEA saat hujan lebat melanda kawasan tersebut di jejaring sosial, banyak video menampilkan keadaan yang terbilang ekstrem.

Rekaman video yang diambil tahun 2020 menunjukkan kondisi buruk di negara itu.

Kamera amatir menangkap gedung pencakar langit diselimuti kabut putih, yang menunjukkan betapa lebat hujan disertai angin yang mengguyur wilayah tersebut.

Video lain yang beredar di X juga menampilkan jalanan di UEA mencekam.

Benda-benda terang di tengah jalan, dan orang-orang yang sedang berkendara saat hujan lebat pun terpaksa menepi.

Ada pula video yang menunjukkan mobil-mobil tersapu angin kencang.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #prakiraan #hujan #lebat #sekolah #laksanakan #pembelajaran #jarak #jauh #karyawan #kantor #disuruh

KOMENTAR