Dorong Israel Angkat Kaki, MUI Ajak Dunia Internasional Dukung Kemerdekaan dan Kedaulatan Rakyat Palestina
Massa saat aksi Doa Bersama untuk Rakyat Palestina di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu (07/04/2024). (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)
10:03
15 April 2024

Dorong Israel Angkat Kaki, MUI Ajak Dunia Internasional Dukung Kemerdekaan dan Kedaulatan Rakyat Palestina

- Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak masyarakat seluruh dunia untuk mendukung masyarakat Palestina berdaulat. Hal itu bertujuan agar Israel angkat kaki dari Palestina.

"Kita berharap mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama Israel juga harus angkat kaki dan menyerahkan kembali sepenuhnya tanah rakyat Palestina yang telah mereka rampas, sehingga negara Palestina yang merdeka dan berdaulat kita dambakan bersama akan dapat segera terwujud," kata Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas dalam keterangannya, Senin (15/4).

Anwar menjelaskan, penyelesaian masalah Palestina dan Israel melalui perundingan tampaknya hanya akan membuang-buang waktu dan anggaran saja. Sebab, apapun keputusan PBB kalau itu akan merugikan pihak Israel maka Amerika Serikat dengan cepat akan menolaknya.

"Karena sudah menjadi sikap bagi Amerika Serikat untuk selalu berada dalam posisi membela kepentingan Israel, sehingga akibatnya sejak negara Israel berdiri tahun 1948 sampai hari ini persoalan konflik Palestina dan Israel tidak kunjung selesai," ucap Anwar.

Ia mengutarakan, sudah ratusan kali perundingan dan pertemuan untuk penyelesaian konflik Palestina dan Israel sudah dilakukan. Namun hasilnya selalu tidak memuaskan, bahkan tanah rakyat Palestina terus mereka duduki. Sehingga saat ini wilayah yang dikuasai Israel sudah empat kali lipat lebih luas dari wilayah yang mereka kuasai di awal berdirinya negara Israel tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Anwar, sudah waktunya negara-negara yang mendukung perjuangan rakyat Palestina, terutama dari negara-negara yang bertetangga dengan Palestina untuk membantu rakyat Palestina dengan persenjataan yang lengkap dan canggih. Hal itu penting, agar mereka dapat kembali merebut wilayah yang telah diduduki dan dirampas oleh Israel tersebut.

Menurutnya, dengan menyerang Israel dari segala arah dengan dibantu oleh negara-negara lain seperti Tiongkok dan Rusia, serta Iran dan Turki sampai Israel lumpuh dan memenuhi tuntutan dunia internasional.

"Memang kita tahu Amerika Serikat tentu tidak akan tinggal diam, tapi kita tidak usah takut karena sejarah telah menunjukkan bahwa meskipun Amerika Serikat memiliki persenjataan yang cukup canggih, namun Amerika terpaksa mundur dari Vietnam dan dari Afghanistan, karena mereka tidak sanggup menghadapi semangat yang tinggi dan berkobar-kobar dari rakyat di kedua negara itu," cetus Anwar.

"Seperti halnya juga yang pernah di alami oleh negara dan bangsa kita dimana tentara sekutu yang ingin mengembalikan indonesia di bawah jajahan Belanda juga tidak mampu menghadapi tentara rakyat yang sudah bersatu. Sehingga tentara sekutu harus mundur dari negara yang sama-sama kita cintai ini," imbuhnya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #dorong #israel #angkat #kaki #ajak #dunia #internasional #dukung #kemerdekaan #kedaulatan #rakyat #palestina

KOMENTAR