Israel Tolak Tuntutan Hamas, Negosiasi Gencatan Senjata Perang Gaza di Kairo Temui Jalan Buntu
KAMP PENGUNGSI DIBOM- Kamp pengungsi di Jabalia dibom dengan 6 bom buatan Amerika oleh pesawat tempur Israel, masing-masing berbobot satu ton bahan peledak, dan korban dilaporkan lebih dari 400 orang. 
19:10
7 Maret 2024

Israel Tolak Tuntutan Hamas, Negosiasi Gencatan Senjata Perang Gaza di Kairo Temui Jalan Buntu

- Negosiasi gencatan senjata di Perang Gaza yang berlangsung di Kairo berakhir Kamis (7/3/2024) hari ini tanpa mencapai kesepakatan antara gerakan pembebasan Palestina Hamas dan Israel.

Menurut Al Jazeera, Israel menolak memenuhi tuntutan Hamas yang meminta gencatan senjata secara permanen, penarikan tentara Israel (IDF) dari Gaza secara penuh, dan pemulangan pengungsi tanpa syarat.

Sebelumnya, pembicaraan dan negosiasi dilanjutkan pekan ini di Mesir mengenai kemungkinan gencatan senjata di Jalur Gaza yang diperkirakan akan berlangsung selama enam minggu.

Delegasi dari Qatar, Hamas, dan Amerika Serikat berkumpul di Kairo untuk membahas kemungkinan gencatan senjata sebelum Ramadan.

Laporan sebelumnya menunjukkan bahwa Kairo, Washington dan Doha telah memainkan peran utama dalam beberapa minggu terakhir untuk menghentikan perang di Gaza yang dimulai Oktober lalu.

Sempat menunjukkan ada progres soal lamanya waktu, kedua pihak baik Hamas dan Israel sama-sama bersikeras atas tuntutan mereka soal kelanjutan perang dan penarikan pasukan IDF.

Tank Israel terlihat berada di dekat perbatasan Suriah dengan dataran tinggi Golan yang diduduki militer Israel, pada Mei 2018.(AFP / MENAHEM KAHANA) Tank Israel terlihat berada di dekat perbatasan Suriah dengan dataran tinggi Golan yang diduduki militer Israel, pada Mei 2018.(AFP / MENAHEM KAHANA) (Menahen Kahana/AFP)

Israel Mau Perang Jalan Terus

Israel bersikeras akan terus melanjutkan perang hingga tujuan mereka, memberangus Hamas tercapai, sebuah hal yang selama lima bulan tampaknya masih jauh dari kata terwujud.

Hamas sebaliknya, menginginkan agar perang berhenti secara total dengan imbalan memberikan secara penuh kartu AS mereka, sandera Israel di tangan Brigade Al-Qassam ke pihak Tel Aviv.

Hamas juga ingin pasukan Israel ditarik sepenuhnya dari Jalur Gaza, sebuah hal yang dianggap perdana menteri Israel, Benjamin Netanyahu sebagai hal yang delusional. 

Saat ini, Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan setidaknya 30.800 warga Palestina telah tewas dalam agresi Israel dan 72.298 orang terluka sejak Oktober lalu.

Pada Rabu, Jamie McGoldrick, Koordinator Kemanusiaan PBB untuk Wilayah Pendudukan Palestina, mengatakan: “Kelaparan telah mencapai tingkat bencana.”

Dia juga mendesak adanya jalan akses militer ke Gaza utara untuk minimal 300 truk bantuan setiap hari karena kekhawatiran kelaparan menyebar setelah kematian sedikitnya 20 bayi akibat kelaparan.

(oln/aja/albwb/*)

Tag:  #israel #tolak #tuntutan #hamas #negosiasi #gencatan #senjata #perang #gaza #kairo #temui #jalan #buntu

KOMENTAR