15 Anak Meninggal karena Kelaparan dan Kehausan Ekstrem Buatan Israel di Rumah Sakit Kamal Adwan
Abu Anza menggendong jenazah anak-anaknya di luar rumah sakit Al-Najjar di Rafah pada hari Minggu (3/3/2024). 
15:10
4 Maret 2024

15 Anak Meninggal karena Kelaparan dan Kehausan Ekstrem Buatan Israel di Rumah Sakit Kamal Adwan

Dehidrasi parah dan kelaparan membunuh lebih dari selusin anak di Gaza utara.

Rumah Sakit Kamal Adwan adalah salah satu dari banyak rumah sakit di Gaza yang dikepung, diserang, dan diserbu oleh pasukan Israel.

Lebih dari selusin anak meninggal karena kelaparan dan kehausan yang ekstrem di Rumah Sakit Kamal Adwan di Jalur Gaza utara, kata Kementerian Kesehatan pada 3 Maret.

“15 anak meninggal akibat gizi buruk dan dehidrasi di RS Kamal Adwan. Kami mengkhawatirkan nyawa enam anak yang menderita kekurangan gizi dan dehidrasi dalam perawatan intensif di Rumah Sakit Kamal Adwan akibat terputusnya generator listrik dan mesin oksigen,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qudra pada hari Minggu.

Pekan lalu, Direktur Rumah Sakit Kamal Adwan, Ahmad al-Kahlout, mengumumkan bahwa rumah sakit tersebut tidak dapat beroperasi karena kekurangan bahan bakar untuk generator.

Pasukan Israel menyerbu rumah sakit tersebut pada bulan Desember, mengumpulkan pria Palestina dan staf rumah sakit untuk ditahan. Selama beberapa bulan terakhir, kondisi di sana terus memburuk dengan cepat.

Gaza berada di ambang kelaparan parah akibat perang genosida yang dilakukan Israel di jalur tersebut.

Pekan lalu, dua anak meninggal di Rumah Sakit Al-Shifa di Gaza utara, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

“Israel telah menghentikan layanan 31 rumah sakit di Gaza karena pemboman, penghancuran, dan perampasan pasokan medis dan bahan bakar, dan sebagian menargetkan 152 fasilitas kesehatan,” kata Qudra pada saat itu.

“Kami meminta badan-badan internasional untuk segera melakukan intervensi untuk mencegah bencana kemanusiaan di Gaza utara. Komunitas internasional sedang menghadapi ujian moral dan kemanusiaan untuk menghentikan genosida di Gaza,” tambahnya.

Jet Yordania dan AS telah melakukan sejumlah serangan udara kemanusiaan di Jalur Gaza dalam beberapa hari terakhir, termasuk pada akhir pekan. Israel juga mengklaim pada hari Rabu bahwa 31 truk bantuan diizinkan masuk ke Gaza pada minggu itu, menandai pengiriman besar pertama dalam sebulan.

Namun, bantuan tersebut belum cukup untuk mengatasi kondisi parah yang dihadapi Gaza.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #anak #meninggal #karena #kelaparan #kehausan #ekstrem #buatan #israel #rumah #sakit #kamal #adwan

KOMENTAR