Hamas Tak Ingin Buru-buru Sepakati Gencatan Senjata dengan Israel, Standar Ganda Barat Jadi Ganjalan
Penduduk Gaza melewati puing-puing bangunan yang runtuh akibat serangan Israel. 
10:50
29 Pebruari 2024

Hamas Tak Ingin Buru-buru Sepakati Gencatan Senjata dengan Israel, Standar Ganda Barat Jadi Ganjalan

Hamas tidak ingin terburu-buru untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dengan Israel di Jalur Gaza.

“Kesenjangannya masih lebar. Kami harus mendiskusikan banyak hal dengan para mediator,” ujar kepala hubungan politik dan internasional Hamas, Basem Naim dalam sebuah pernyataan, Rabu (28/2/2024).

Hal ini terjadi setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden berharap gencatan senjata antara Israel dengan Hamas dapat terwujud pekan depan dan negosiasi tampaknya telah berjalan dengan cepat.

Namun, Naim mengatakan sikap optimistis pemerintahan Biden tidak “terkait dengan kenyataan di lapangan” dan lebih berkaitan dengan pertimbangan politik dalam negeri pada tahun pemilu AS.

“Jika Amerika ingin benar-benar optimis, mereka harus mengakhiri permainan standar ganda,” kata Naim.

“Di satu sisi mereka berbicara tentang menghentikan agresi atau mencapai gencatan senjata dan menghindari perluasan konflik di wilayah tersebut. Namun pada saat yang sama mereka menggunakan hak veto di Dewan Keamanan PBB,” sambungnya.

Naim juga menjelaskan perihal tuntutan Hamas yang tidak dapat dinegosiasikan jika ingin gencatan senjata segera terwujud.

Tuntutan tersebut meliputi gencatan senjata yang final dan total, dan bukan hanya jeda kemanusiaan, penarikan total pasukan Israel dari Gaza, dan kebebasan bergerak bagi warga Palestina di Gaza.

“Hamas bersedia bersikap fleksibel mengenai waktu dan urutan tuntutannya, asalkan gencatan senjata total dimulai pada hari pertama implementasi perjanjian apa pun,” kata Naim.

“Hamas juga mencari penjamin seperti Mesir, Qatar, Turki, PBB, AS dan Rusia untuk memastikan dan memverifikasi bahwa setiap kesepakatan ditegakkan oleh Israel,” imbuhnya.

Sementara itu, pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh mengatakan bahwa kelompok tersebut siap untuk terus berperang jika diperlukan, meskipun mereka menunjukkan fleksibilitas dalam negosiasi dengan Israel.

Dia meminta koalisi politik dan militer pimpinan Iran yang dikenal sebagai “poros perlawanan” untuk meningkatkan dukungannya terhadap Gaza melalui pengaruh politik, uang dan senjata.

“Adalah tugas negara-negara Arab dan Islam untuk mengambil inisiatif untuk mematahkan konspirasi kelaparan di Gaza,” kata Haniyeh.

Dia mengacu pada apa yang dikatakan orang-orang Palestina sebagai kebijakan yang disengaja oleh Israel untuk menolak makanan mereka dengan menghalangi bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Haniyeh menambahkan bahwa Israel melakukan kekejaman terburuk yang pernah diketahui umat manusia, termasuk pemusnahan dan pengusiran warga sipil, dan fleksibilitas apa pun yang ditunjukkan dalam negosiasi dengan Israel harus diimbangi dengan kesediaan kelompoknya untuk membela rakyat Palestina.

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #hamas #ingin #buru #buru #sepakati #gencatan #senjata #dengan #israel #standar #ganda #barat #jadi #ganjalan

KOMENTAR