Menteri Komunikasi Yaman Bantah Media Israel yang Menuduh Yaman Telah Memutus Kabel Bawah Laut
Ilustrasi kabel bawah laut. 
22:10
27 Pebruari 2024

Menteri Komunikasi Yaman Bantah Media Israel yang Menuduh Yaman Telah Memutus Kabel Bawah Laut

Melalui siaran persnya yang dipublikasikan Selasa (27/2/2024), Kementerian komunikasi Yaman menyangkal tuduhan yang dipromosikan oleh media Israel mengenai kabel bawah laut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika membantah keabsahan apa yang dipromosikan media Israel.

Kementerian Telekomunikasi dan Teknologi Informasi Yaman menuliskan siaran persnya Terkait Insiden Kabel Bawah Laut Internasional di Laut Merah yang mengalami gangguan.

"Kementerian Telekomunikasi dan Teknologi Informasi membantah keakuratan klaim yang dipromosikan oleh media yang berafiliasi dengan Zionis Israel dan kemudian dipublikasikan oleh media lain dan platform media sosial mengenai penyebab insiden yang mempengaruhi sejumlah kabel bawah laut internasional di Jalur Laut Merah Sabtu lalu".

"Kementerian Telekomunikasi dan pemerintah Yaman di ibu kota, Sana'a, menegaskan kembali komitmen mereka terhadap sikap umum Republik Yaman terhadap kabel bawah laut, sebagaimana disebutkan dalam pidato Panglima Sayyed baru-baru ini, selain apa yang dinyatakan dalam pernyataan sebelumnya, menegaskan kembali keinginannya untuk menghindari semua kabel dan layanan telekomunikasi terkena risiko apa pun dan menegaskan komitmennya untuk menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk perbaikan dan pemeliharaannya, dengan syarat izin yang diperlukan diperoleh dari Otoritas Urusan Maritim di Sana'a".

"Laporan tersebut juga mencatat bahwa keputusan Yaman untuk melarang lewatnya kapal-kapal “Israel” tidak berlaku bagi kapal-kapal milik perusahaan internasional yang memiliki izin untuk melakukan pekerjaan maritim untuk kabel di perairan Yaman".

"Telekomunikasi Yaman menegaskan peran pentingnya dalam kelangsungan, pembangunan, dan pengembangan sistem jaringan telekomunikasi dan internet internasional dan regional yang disediakan oleh kabel bawah laut yang membentang di wilayah perairan Yaman".

Ia melanjutkan upayanya untuk memfasilitasi jalur dan pelaksanaan proyek kabel bawah laut melalui perairan teritorial Yaman, termasuk proyek-proyek di mana Republik Yaman telah berpartisipasi melalui Perusahaan Telekomunikasi Internasional Yaman - TeleYemen.


SECOM Mengumumkan Ada Kerusakan Kabel Internet di Laut Merah

Perusahaan telekomunikasi internasional "Secom" mengumumkan kerusakan pada infrastrukturnya di Laut Merah, yang mempengaruhi sistem kabel di Afrika.

Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah ini karena sabotase. Hanya setelah kita mengangkat kabelnya, dapat melihat apakah kerusakan itu karena ada yang memotongnya atau tidak.

Meski demikian, Kecurigaan diarahkan pada kawasan konflik karena daerah itu adalah area tempat pertempuran laut.

Perusahaan menyatakan bahwa bagian dari sistem kabel yang melewati Laut Merah berhenti berfungsi dengan baik, sehingga mempengaruhi aliran informasi antara Afrika dan Eropa.

Meskipun penyebab pemadaman listrik belum dapat dipastikan, fokusnya adalah pada ketegangan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, sehingga perbaikan kabel menjadi tantangan dalam operasi pemeliharaan kabel Internet tersebut.

Peringatan ini muncul setelah pernyataan Houthi sebelumnya tentang kesediaan mereka untuk menyabotase kabel internet di Laut Merah.

Sehingga meningkatkan kekhawatiran terhadap kelangsungan layanan elektronik di wilayah tersebut.

SECOM mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya mengalami kerusakan yang mempengaruhi sistem kabelnya di Laut Merah, tempat ketegangan geopolitik meningkat saat ini.

Meskipun penyebab pemadaman listrik belum dapat dipastikan, fokusnya adalah pada ketegangan yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, sehingga perbaikan kabel menjadi tantangan dalam operasi pemeliharaan.

Berita tentang gangguan ini muncul hanya beberapa minggu setelah peringatan bahwa kelompok Houthi di Yaman  yang mengganggu lalu lintas pelayaran komersial Israel di wilayah tersebut.

Bagian dari sistem kabel Afrika Timur yang melintasi Laut Merah terganggu pada hari Sabtu, mempengaruhi arus lalu lintas antara Afrika dan Eropa, kata Perusahaan Telekomunikasi Internasional dalam sebuah pernyataan.

Gangguan hanya terjadi pada bagian kabel yang terbentang dari Mombasa (Kenya) hingga Zaafarana (Mesir).

Penilaian awal menunjukkan bahwa pemadaman kabel bawah laut terjadi di sekitar Laut Merah, dan tampaknya kabel lain di wilayah tersebut juga terkena dampaknya, menurut situs Tech Central.

Tidak disebutkan kabel apa saja yang terkena dampaknya, dan tampaknya belum ada laporan berita mengenai pemadaman kabel lainnya di Laut Merah.

Sebelumnya pada bulan Februari, Tech Central melaporkan bahwa ancaman Houthi untuk menghancurkan infrastruktur internet di Laut Merah, jika diterapkan, mungkin tidak cukup untuk mengganggu stabilitas internet di Afrika.

Surat kabar Inggris The Guardian dan media lain melaporkan pada saat itu bahwa perusahaan telekomunikasi yang terkait dengan pemerintah Yaman khawatir bahwa Houthi di lepas pantai akan mengancam akan menghancurkan infrastruktur kabel bawah laut yang menghubungkan sebagian Timur Tengah, Afrika, dan sebagian besar Asia dengan dunia Barat.

Seacom mengatakan pihaknya terus menyalurkan lalu lintas melalui kabelnya antara Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan untuk transportasi dan layanan IP (Protokol Internet).

Perusahaan memperingatkan pelanggannya awal bulan ini bahwa pemadaman apa pun pada sistem kabel di Laut Merah dapat dipengaruhi oleh tertundanya operasi perbaikan karena ketidakstabilan di wilayah tersebut.

“Tim saat ini sedang menentukan jadwal restorasi dan akan mengkomunikasikan rencana ini kepada pelanggan kami,” katanya dalam keterangannya, Senin.

Terlalu Dini Disimpulkan karena Ada Sabotase

Kabel bawah laut di lepas pantai Yaman yang menghubungkan Eropa ke India telah rusak, dan operator telekomunikasi yang memilikinya kini harus memikirkan cara melakukan perbaikan bawah air di zona perang.

Seacom Ltd., perusahaan Afrika Selatan yang mengendalikan kabel tersebut, mendeteksi adanya masalah pada hari Sabtu, kata Chief Digital Officer Prenesh Padayachee dalam sebuah wawancara pada hari Senin.

Dia memperkirakan masalahnya ada di perairan dengan kedalaman sekitar 150 meter (492 kaki) hingga 170 meter di wilayah tempat pejuang Houthi yang didukung Iran menargetkan kapal-kapal dengan drone dan rudal.

Insiden ini menyoroti betapa rentannya infrastruktur bawah laut yang penting, khususnya di perairan dangkal yang memiliki banyak kabel. Ada sekitar 16 sistem kabel di Laut Merah, yang menghubungkan Eropa ke Asia melalui Mesir.

Meskipun Seacom dapat dengan cepat mengalihkan lalu lintas internet ke kabel alternatif, Seacom kini harus memikirkan logistik perbaikan kabel di zona perang, menurut Padayachee.

Perusahaan ini bekerja sama dengan perusahaan perbaikan kabel milik Emirates Telecommunications Group Co. PJSC dalam sebuah rencana, termasuk bagaimana mengasuransikan kapal perbaikan dan apakah mereka memerlukan pengawalan militer atau keamanan bersenjata.

“Gencatan senjata yang tertunda di wilayah tersebut mungkin memberikan kesempatan yang baik untuk melakukan perbaikan,” kata Padayachee.

Militan Houthi telah melontarkan ancaman untuk menyabotase kabel-kabel penting bawah laut di media sosial, namun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mereka berhasil.

Sebagian besar kerusakan kabel disebabkan oleh peralatan penangkapan ikan seperti jaring pukat atau jangkar yang terseret di dasar laut, menurut data dari Komite Perlindungan Kabel Internasional.

“Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah ini sabotase,” kata Padayachee. “Hanya setelah kita mengangkat kabelnya, kita dapat melihat apakah ada yang memotongnya.”

(Sumber: X, Sky News Arabia, bnnbloomberg)

Tag:  #menteri #komunikasi #yaman #bantah #media #israel #yang #menuduh #yaman #telah #memutus #kabel #bawah #laut

KOMENTAR