Zelensky: Rusia Akan Kerahkan Pasukan Korea Utara ke Garis Depan Paling Cepat 27-28 Oktober 2024
Ilustrasi: Pasukan Korea Utara diduga telah dikerahkan ke Rusia 
21:00
25 Oktober 2024

Zelensky: Rusia Akan Kerahkan Pasukan Korea Utara ke Garis Depan Paling Cepat 27-28 Oktober 2024

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terus menuding ada keterlibatan tentara Korea Utara dalam peperngan negaranya menghadapi Rusia.

Kali ini Zelensky mengatakan bahwa pasukan Kim Jong Un tersebut akan dikerahkan ke garis depan paling cepat pada 27-28 Oktober.

Hal itu dikatakan Presiden Ukraina setelah menerima informasi dari Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina Oleksandr Syrsky berdasarkan laporan dari intelijennya.

“Tentara Korea Utara pertama diharapkan akan dikerahkan oleh Rusia ke zona tempur paling cepat pada 27-28 Oktober. Ini adalah eskalasi yang jelas oleh Rusia, yang signifikan, berbeda dengan semua misinformasi yang beredar luas di Kazan akhir-akhir ini,” kata Zelensky dalam postingannya di X dikutip dari Ukrinform, Selasa (25/10/2024). 

“Itulah sebabnya tanggapan yang berprinsip dan kuat dari para pemimpin global sangat penting,” tegas Presiden. 

Menurutnya, keterlibatan nyata Korea Utara dalam pertempuran tidak boleh ditanggapi dengan ketidakpedulian atau komentar yang tidak pasti, tetapi dengan tekanan nyata pada Moskow dan Pyongyang, untuk menegakkan Piagam PBB dan meminta pertanggungjawaban mereka atas eskalasi ini.

Sebelumnya Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin juga mengonfirmasi bahwa Korea Utara mengirimkan pasukannya ke Rusia melalui Vladivostok.


Informasi yang didapatkan dari intelijen AS, Korea Utara telah mengirimkan sebanyak 3.000 pasukannya.

Di wilayah Vladivostok, para pasukan dari Pyongyang tersebut dilatih dahulu sebelum dikerahkan ke wilayah pertempuran.

Sementara pihak Korea Utara dan Rusia diberitakan membantah tuduhan Ukraina.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa kabar pengerahan pasukan Korea Utara di wilayah peperangan Ukraina hanyalah berita bohong.

 

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #zelensky #rusia #akan #kerahkan #pasukan #korea #utara #garis #depan #paling #cepat #oktober #2024

KOMENTAR