Tentara Israel: Pemukim Yahudi Ekstremis Mau Masuk Jalur Gaza, Hamas: Genosida Keji di Rumah Sakit
Pemukim Yahudi ekstremis kelompok sayap kanan Israel menerobos area penghalang keamanan dengan tujuan memasuki Gaza. 
18:20
25 Oktober 2024

Tentara Israel: Pemukim Yahudi Ekstremis Mau Masuk Jalur Gaza, Hamas: Genosida Keji di Rumah Sakit

Tentara Israel (IDF), Jumat (25/10/2024) mengklaim kalau mereka menghentikan sekelompok warga Yahudi ekstremis sayap kanan Israel saat mencoba memasuki Jalur Gaza.

Menurut Radio Angkatan Darat Israel, kelompok sayap kanan Israel menerobos area penghalang keamanan dengan tujuan memasuki Gaza.

Laporan tersebut, mengutip pernyataan IDF, mengatakan kalau kelompok Yahudi ekstremis itu “mencapai area tembok pemisah antara Israel dan Gaza, tetapi tidak menyeberang ke daerah kantong.”

Tentara menambahkan bahwa mereka “mencegah anggota kelompok ini memasuki Gaza dan menahan beberapa dari mereka.”

Israel terus melakukan serangan yang menghancurkan di Gaza sejak serangan tahun lalu oleh kelompok perlawanan Palestina, Hamas, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Lebih dari 42.800 orang telah tewas, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan lebih dari 100.500 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Israel menghadapi kasus genosida di Mahkamah Internasional atas tindakannya di Gaza.

Pasukan Israel telah membakar Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara pada hari Senin (21/10/2024) Pasukan Israel telah membakar Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara pada hari Senin (21/10/2024) (Tangkapan Layar Video X/Twitter)

Genosida di Rumah Sakit Jalur Gaza


Adapun gerakan pembebasan Palestina, Hamas menyebut Israel pada Kamis melakukan tindakan genosida massal yang paling keji di rumah sakit di Jalur Gaza.

“Rumah sakit Gaza telah berubah menjadi zona perang di mana pendudukan (Israel) melakukan tindakan terburuk genosida brutal karena mesin pembunuh Zionis,” katanya.

“Tentara fasis Israel meningkatkan kejahatan mengerikan di Gaza utara, memaksakan pengepungan di Rumah Sakit Kamal Adwan di daerah Beit Lahia, menargetkannya bersama dengan yang terluka, pasien, tim medis, dan ratusan keluarga pengungsi melalui tembakan berat dan penembakan artileri.”

Sebelumnya, juga pada Kamis, Munir Al-Bursh, direktur jenderal Kementerian Kesehatan Gaza, mengatakan kepada Anadolu bahwa “pasien dan yang terluka hidup dalam keadaan teror karena penargetan Israel terhadap Rumah Sakit Kamal Adwan dan sekitarnya di Gaza utara, di mana tentara Israel telah melakukan tindakan pemusnahan massal selama 20 hari.”

Rumah Sakit Kamal Adwan di Gaza utara. Rumah Sakit Kamal Adwan di Gaza utara. (Kolase Tribunnews.com)

Hamas menyebut pengepungan rumah sakit Israel sebagai “kejahatan perang” dan pelanggaran terhadap semua hukum dan norma, menuduh pemerintah Israel “fasis” melakukan kejahatan dalam pandangan penuh dunia.

Serangan darat dan pemboman Israel, sementara itu, berlanjut di Gaza utara ketika tentara mendorong untuk mengevakuasi daerah itu melalui pemindahan paksa.

Tentara Israel telah melanjutkan serangan yang menghancurkan di Gaza sejak serangan tahun lalu oleh kelompok perlawanan Palestina, Hamas, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Lebih dari 42.800 orang telah tewas, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan lebih dari 100.500 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Serangan Israel telah menggusur hampir seluruh penduduk wilayah itu di tengah blokade yang sedang berlangsung yang telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah.

Israel menghadapi kasus genosida di Mahkamah Internasional atas tindakannya di Gaza.

Tag:  #tentara #israel #pemukim #yahudi #ekstremis #masuk #jalur #gaza #hamas #genosida #keji #rumah #sakit

KOMENTAR