Media Israel: Hizbullah Mampu Luncurkan Seribu Rudal ke Tel Aviv dalam 2 Jam di Hari Pertama Perang
Rudal Hizbullah dengan latar belakang bendera Lebanon. Pada Sabtu (27/1/2024), Hizbullah menyerang dua pos militer Israel di perbatasan sebagai respons atas manuver persiapan Israel masuk menyerbu Lebanon dalam perang skala penuh. 
21:40
2 Februari 2024

Media Israel: Hizbullah Mampu Luncurkan Seribu Rudal ke Tel Aviv dalam 2 Jam di Hari Pertama Perang

- Media Israel melaporkan kelompok milisi Lebanon, Hizbullah memiliki kemampuan untuk meluncurkan sekitar seribu rudal ke Tel Aviv hanya dalam waktu operasional dua jam.

Laporan tersebut menunjukkan kalau beberapa dari rudal ini akan dipandu secara presisi ke sasaran tertentu secara spesifik, sementara yang lain akan diarahkan ke gedung pencakar langit di Tel Aviv.

Al-mayadeen melansir, laporan media Israel ini terkait kontes potensi perang lintas-teritorial yang belakangan makin menunjukkan tanda-tanda yang jelas.

"Namun, laporan tersebut menahan diri untuk tidak membahas target potensial yang berdekatan dengan menara-menara tersebut, yang telah diidentifikasi oleh Hizbullah sebagai target dalam perang berikutnya,” menurut laporan tersebut seperti dilansir Al mayadeen.

Beberapa hari lalu, para pejabat Israel mengakui kalau Hizbullah, telah berhasil mengosongkan permukiman di wilayah utara Palestina yang diduduki tanpa menggunakan kekuatan apa pun.

Menurut para pejabat, komandan Pasukan Pendudukan Israel (IDF) di wilayah utara telah menerima instruksi untuk tidak meningkatkan konfrontasi dengan perlawanan Lebanon.

Sistem peluncur rudal Falaq yang menjadi flagship dari gerakan perlawanan Lebanon, Hizbullah. Sistem peluncur rudal Falaq yang menjadi flagship dari gerakan perlawanan Lebanon, Hizbullah. (tangkap layar)

Rudal Hizbullah Menakutkan

Koresponden Al Mayadeen melaporkan kalau beberapa rudal berat diluncurkan dari Lebanon pada Jumat larut malam, menghantam setidaknya lima lokasi militer pendudukan Israel, termasuk barak dan tempat berkumpulnya (pos pangkalan militer) tentara IDF, di al-Jalil Barat dalam waktu kurang dari dua jam.

Dalam konteks terkait, mantan pejabat Shin Bet, Dvir Karev mengatakan kepada Channel 13 Israel kalau Israel saat ini sedang menjalani perang ketiganya melawan pihak Lebanon.

Dia juga menyebur Hizbullah memiliki kekuatan yang jauh lebih besar daripada Hamas, baik dalam persenjataan maupun kekuatan.

Dia mempertanyakan apakah kekuatan IDF cukup untuk melawan Hizbullah dan menyatakan harapan bahwa konfrontasi akan tetap pada tingkat yang rendah, mengingat banyaknya korban di pihak Israel.

Ketua Serikat Pilot Israel, Meidan Barr, menekankan ada “industri militer yang maju di Timur Tengah,” dan menambahkan “Siapa yang akan percaya bahwa mereka (Hizbullah) akan mengembangkan rudal di Gaza dan Tepi Barat?”

Barr menggambarkan rekaman yang dipublikasikan oleh Hizbullah sebagai hal yang menakutkan, mengingat Hizbullah memiliki rudal canggih seperti rudal Burkan.

Tag:  #media #israel #hizbullah #mampu #luncurkan #seribu #rudal #aviv #dalam #hari #pertama #perang

KOMENTAR