Serangan Udara Israel Tewaskan Ratusan Orang di Lebanon, Termasuk 35 Anak-anak
Peta dan Bendera Lebanon (Unsplash.com/MarkRubens)
09:12
24 September 2024

Serangan Udara Israel Tewaskan Ratusan Orang di Lebanon, Termasuk 35 Anak-anak

Serangan udara Israel di Lebanon menewaskan sedikitnya 492 orang pada hari Senin, termasuk 35 anak-anak, kata kementerian kesehatan, menandai hari paling mematikan dalam kekerasan lintas batas sejak perang Gaza dimulai.

Negara-negara Arab mengecam keras Israel atas meningkatnya permusuhan dengan Hizbullah, yang telah meningkat ke tingkat yang belum pernah terlihat dalam hampir setahun.

Perang meletus setelah Hamas dan militan Palestina lainnya melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tanggal 7 Oktober di Israel, yang melibatkan Hizbullah dan kelompok-kelompok lain yang didukung Iran.

Israel mengatakan telah menewaskan sejumlah besar militan Hizbullah ketika menyerang sekitar 1.600 lokasi di Lebanon selatan dan timur, termasuk serangan terarah di Beirut dalam apa yang disebut Pasukan Pertahanan Israel (IDF) sebagai Operasi Panah Utara.

Baca Juga: Serangan Udara Israel Hantam Pemukiman Timur Lebanon

Hizbullah mengatakan Ali Karake, orang ketiga dalam komandonya, masih hidup dan telah pindah ke tempat yang aman setelah sebuah sumber mengatakan serangan di ibu kota tersebut menargetkannya.

Media pemerintah melaporkan serangan baru di Lebanon timur, sementara Hizbullah mengatakan pihaknya menargetkan lima lokasi di Israel.

Di kota pesisir Israel, Haifa, orang-orang terlihat berlarian mencari perlindungan saat sirene serangan udara berbunyi.

Kementerian kesehatan Lebanon mengatakan serangan itu menewaskan 492 orang, termasuk 35 anak-anak dan 58 wanita, serta melukai 1.645 lainnya. Menteri Kesehatan Firass Abiad mengatakan "ribuan keluarga" telah mengungsi.

Ledakan di dekat kota kuno Baalbek di Lebanon timur membuat asap mengepul ke langit.

Baca Juga: Khawatir Konflik Meluas, Biden Siap Lakukan Segala Cara Hentikan Ketegangan Timur Tengah!

"Kami tidur dan bangun karena pemboman... begitulah hidup kami," kata Wafaa Ismail, 60 tahun, seorang ibu rumah tangga dari desa Zawtar di selatan.

Kekuatan global mendesak Israel dan Hizbullah untuk mundur dari ambang perang habis-habisan, karena kekerasan bergeser dari perbatasan selatan Israel dengan Gaza ke perbatasan utaranya dengan Lebanon.

Prancis dan Mesir meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk campur tangan, sementara Irak meminta pertemuan mendesak negara-negara Arab di sela-sela Sidang Umum PBB di New York.

Kepala Angkatan Darat Israel Herzi Halevi mengatakan serangan itu menghantam infrastruktur tempur yang telah dibangun Hizbullah selama dua dekade.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menyebut Senin sebagai puncak yang signifikan dalam operasi tersebut.

"Ini adalah minggu tersulit bagi Hizbullah sejak didirikan, hasilnya berbicara sendiri," katanya.

"Seluruh unit ditarik dari pertempuran sebagai akibat dari kegiatan yang dilakukan pada awal minggu di mana banyak teroris terluka."

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel bertindak untuk mengubah keseimbangan keamanan di utara.

Hizbullah, yang telah saling tembak hampir setiap hari dengan Israel untuk mendukung Hamas, mengatakan pihaknya berada dalam fase baru konfrontasi.

Kelompok itu mengatakan pihaknya meluncurkan roket ke lokasi militer Israel di dekat Haifa dan dua pangkalan sebagai balasan atas serangan Israel di selatan dan Bekaa.

Serangan itu terjadi setelah serangan Israel di Beirut selatan pada hari Jumat menewaskan komandan pasukan elit Radwan, Ibrahim Aqil, dan ledakan perangkat komunikasi terkoordinasi yang menurut Hizbullah dilakukan Israel menewaskan 39 orang dan melukai hampir 3.000 orang pada hari Selasa dan Rabu.

Sejak pertukaran lintas batas antara Israel dan Hizbullah dimulai pada bulan Oktober, puluhan ribu orang di kedua belah pihak telah meninggalkan rumah mereka.

Seorang pejabat militer Israel, yang tidak dapat diidentifikasi lebih lanjut berdasarkan peraturan militer, mengatakan operasi itu bertujuan untuk mengurangi ancaman dari Hizbullah, mendorong mereka kembali dari perbatasan, dan kemudian menghancurkan infrastruktur.

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kekuatan dunia untuk menghalangi apa yang disebutnya sebagai rencana Israel yang bertujuan untuk menghancurkan desa-desa dan kota-kota Lebanon.

Kepala urusan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell memperingatkan bahwa Israel dan Hizbullah "hampir dalam perang besar-besaran", menjelang pertemuan para pemimpin dunia di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Presiden AS Joe Biden, yang negaranya merupakan sekutu utama dan pemasok senjata Israel, mengatakan negaranya berusaha untuk meredakan ketegangan dengan cara yang memungkinkan orang-orang untuk kembali ke rumah dengan aman.

Pentagon mengatakan pihaknya mengirim sejumlah kecil personel militer AS tambahan ke Timur Tengah setelah ribuan orang dikerahkan sebelumnya bersama kapal perang, jet tempur, dan sistem pertahanan udara.

Seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim di Majelis Umum PBB, mengatakan bahwa Washington menentang invasi darat Israel yang menargetkan Hizbullah dan memiliki "gagasan konkret" tentang cara meredakan krisis.

Kepala PBB Antonio Guterres sangat khawatir dengan jatuhnya korban sipil di Lebanon, kata juru bicaranya.

Pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon selatan memperingatkan "setiap eskalasi lebih lanjut dari situasi berbahaya ini dapat memiliki konsekuensi yang luas dan menghancurkan".

Qatar, mediator dalam perundingan gencatan senjata di Gaza, mengatakan pemboman Israel terhadap Lebanon menempatkan wilayah tersebut di ambang jurang kehancuran, sementara Turki mengatakan serangan itu mengancam kekacauan dan Yordania mendesak diakhirinya eskalasi segera sebelum terlambat.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #serangan #udara #israel #tewaskan #ratusan #orang #lebanon #termasuk #anak #anak

KOMENTAR