Viral Vape dan Powerbank Meledak di Kabin Pesawat, Seluruh Penumpang Panik, Pesawat Gagal Terbang
Ilustrasi: Penerbangan pesawat dari Yunani ke Inggris dibatalkan gara-gara ledakan yang diakibatkan oleh Vape dan powerbank. (Daily Mail)
16:00
20 September 2024

Viral Vape dan Powerbank Meledak di Kabin Pesawat, Seluruh Penumpang Panik, Pesawat Gagal Terbang

- Perangkat pengisi daya portable atau powerbank dengan kapasitas ukuran tertentu dilarang untuk dibawa terbang di atas kabin pesawat. Begitu juga rokok elektronik atau vape, beberapa maskapai penerbangan komersial juga sudah mengetatkan aturan tersebut dengan tidak boleh membawanya ke dalam kabin pesawat.

Larangan bukan sekadar laranganan, pasti ada alasannya, yakni keselamatan penerbangan. Dan benar saja, kejadian lagi melibatkan perangkat powerbank dan rokok elektronik atau vape meledak di kabin pesawat yang sedang terbang tinggi di udara.

Dilansir dari Daily Mail, kejadian tersebut terjadi di atas pesawat easyJet yang sedang terbang dari Yunani menuju ke Inggris. Ledakan tersebut memaksa evakuasi tergesa-gesa sebelum lepas landas.

Selain itu, beredar juga video yang mengerikan menunjukkan pemandangan yang kacau saat para penumpang bergegas ke lorong tengah sebelum turun melalui pintu darurat didampingu oleh para awak pesawat.

Para saksi mata mengatakan kilatan merah dan api yang sangat besar menyebabkan keributan sebelum penumpang yang panik mulai berteriak bahwa hal tersebut disebabkan oleh bom. Di sisi lain awak kabin meyakini rokok elektrik dan power bank di dalam barang bawaan kemungkinan menyebabkan 'suara letupan' dan 'asap hitam pekat' memenuhi kabin selama menaiki pesawat.

Seluruh 236 orang di dalam pesawat dipaksa turun dari pesawat, berdasarkan arahan layanan darurat, dan penumpang dipaksa menunggu sekitar sembilan jam untuk penerbangan pulang berikutnya.

Penumpang berhasil keluar dari pesawat dengan selamat dalam beberapa menit tetapi penerbangan ke London dibatalkan. Sebuah penerbangan kemudian disewa, berangkat ke London setelah pukul 11 malam.

Para penumpang menggambarkan kengerian mereka saat kebakaran terjadi di dalam pesawat, dan mengkhawatirkan hal terburuk. "Api dan asap tajam mengepul dari kantong itu, terdengar suara ledakan, asap memenuhi kabin di sekitar kantong," kata seorang saksi mata.

Para penumpang berteriak-teriak dan berdesakan ingin keluar saat kepanikan terjadi, beberapa orang mengatakan seorang wanita dengan rokok elektrik di tas pinggangnya melambaikannya saat asap mulai keluar.

Seorang mengatakan perempuan dengan tas itu adalah warga Inggris dan mencoba meninggalkan pesawat sambil meminta orang-orang untuk minggir. Namun saat tasnya terbakar, dia menjatuhkannya di lorong saat orang-orang masih berusaha menduduki tempat duduk mereka.

Ada bekas terbakar yang tertinggal di lantai, tetapi penumpang kemudian diizinkan kembali ke pesawat untuk mengambil barang-barang mereka.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #viral #vape #powerbank #meledak #kabin #pesawat #seluruh #penumpang #panik #pesawat #gagal #terbang

KOMENTAR