Houthi Tolak Rayuan AS, Ledakan Besar Terjadi di Gudang Senjata Pasukan Proksi Arab Saudi di Yaman
Asap dari ledakan besar di gudang senjata di wilayah Taiz, Yaman, pada Rabu (18/9/2024). Menurut laporan media, bangunan yang dihantam ledakan tersebut diduga merupakan gudang senjata dan amunisi milik pasukan yang berafiliasi dengan Arab Saudi. 
10:40
19 September 2024

Houthi Tolak Rayuan AS, Ledakan Besar Terjadi di Gudang Senjata Pasukan Proksi Arab Saudi di Yaman

Sebuah ledakan besar terjadi di sebuah gedung di wilayah Taiz, Yaman, menurut laporan pada Rabu (18/9/2024) malam .

Menurut laporan media, bangunan yang dihantam ledakan tersebut diduga merupakan gudang senjata dan amunisi milik pasukan yang berafiliasi dengan Arab Saudi.

Peristiwa tersebut juga menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah warga sipil, menurut laporan.

Ledakan gudang amunisi tersebut melukai sedikitnya empat orang. Saksi mata mengatakan bahwa tim penyelamat dikirim ke area kejadian. 

Peristiwa ini dinilai menjadi kemunduran proses perdamaian yang tengah dibangun antara gerakan Ansarallah Houthi Yaman dan Arab Saudi di mana Houthi menilai Saudi masih menjadi bagian dari koalisi bentukan Amerika Serikat (AS) dan sekutu barat di Timur Tengah.

Pekan lalu, koresponden Al Mayadeen di Yaman mengonfirmasi, dua gadis tewas dan tujuh lainnya terluka dalam jumlah korban sementara menyusul agresi AS-Inggris yang menargetkan sekolah perempuan di distrik al-Ta'ziyah, Provinsi Taiz, Yaman barat daya.

Sumber Al Mayadeen melaporkan bahwa sekolah di wilayah al-Jund tersebut terkena dua rudal dari pesawat AS dan Inggris.

Pada tanggal 9 September, pesawat Amerika dan Inggris melancarkan serangan udara di wilayah al-Jabana, sebelah barat kota pesisir Hodeidah di Laut Merah di Yaman barat.

Patut dicatat bahwa agresi Amerika-Inggris di Yaman dilakukan untuk mendukung Israel dalam agresinya di Jalur Gaza.

Adapun otoritas Houhti yang berpusat di Sana'a, punya peran yang kuat dan berpengaruh dalam Operasi Banjir Al-Aqsa dengan mengepung pelabuhan pendudukan Israel, menargetkan kapal-kapal Israel, dan semua kapal yang menuju pelabuhan pendudukan, selain menyerang target-target yang jauh di dalam Israel.

Operasi Houthi ini dinyatakan sebagai bentuk dukungan langsung terhadap perlawanan Palestina menghadapi agresi Israel.

AS Mau Akui Pemerintahan Houthi Jika Hentikan Serangan

Amerika Serikat menawarkan untuk mengakui otoritas sah gerakan Ansarallah Yaman atas seluruh negara Yaman jika mereka menghentikan serangan mereka untuk mendukung warga Palestina di Gaza.

Hal itu diungkapkan Hezam al-Asad, anggota biro politik Ansarallah, kepada Sputnik, seraya menambahkan bahwa gerakan tersebut menolak rayuan AS tersebut.

"Sejak kepemimpinan Yaman di Sanaa mengumumkan keikutsertaannya dalam mendukung rakyat kami di Jalur Gaza, pemerintah AS telah melakukan pemerasan politik, militer, dan ekonomi terhadap pemerintah Sanaa, dengan mencoba menggunakan intimidasi untuk menghalangi rakyat Yaman dari jalan ini," kata al-Asad.

Al-Asad menekankan bahwa Houthi menolak tawaran ini, dan mengecam intervensi AS dalam urusan nasional dan politik Yaman.

"Amerika Serikat juga tidak memiliki hak untuk menekan kami agar berhenti mendukung rakyat Palestina di Jalur Gaza, yang sedang menjadi sasaran genosida oleh pasukan pendudukan Israel dengan dukungan dan partisipasi AS dan Barat," tambahnya.

Kekuatan pasukan Houthi telah berlipat ganda setelah  kelompok perlawanan islam di Irak (IRI) sepakat melakukan operasi militer gabungan, Senin (24/6/2024). Kekuatan pasukan Houthi telah berlipat ganda setelah kelompok perlawanan islam di Irak (IRI) sepakat melakukan operasi militer gabungan, Senin (24/6/2024). (Al Jazeera)

Dinamika Geopolitik Yaman

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, Yaman berada dalam kondisi perang saudara imbas kekuatan proksi sejumlah negara di kawasan dalam pemerintahan negara tersebut.

Selain Arab Saudi, ada cawe-cawe dari Uni Emirat Arab (UEA) dalam negara yang kini terpecah dalam tiga pemerintahan.

Setahun terakhir, perang saudara di Yaman cenderung berhenti, namun juga tidak ada perdamaian yang terjadi.

"Meskipun lebih baik daripada perang habis-habisan, kondisi tersebut cenderung rentan bertahan," tulis ulasan Al Jazeera.

Ada fokus besar pada upaya diplomatik untuk menyegel kesepakatan antara Arab Saudi dan pemberontak Houthi Yaman yang didukung Iran.

Namun, kesepakatan apa pun antara kedua pihak tersebut tidak mungkin menyelesaikan perang saudara Yaman

Sebaliknya, para ahli mengatakan, hasil tersebut akan membutuhkan rekonsiliasi antara sejumlah kelompok Yaman yang berbeda.

Arab Saudi dan Iran menandatangani perjanjian yang ditengahi Tiongkok pada 10 Maret 2023 untuk menormalisasi kembali hubungan diplomatik. Peredaan ketegangan ini juga membantu meredakan ketegangan antara Saudi dan Houthi.

Riyadh tampaknya bertekad untuk menemukan jalan keluar yang bermartabat dari konflik di Yaman, sehingga dapat lebih fokus pada pembangunan internalnya.

De-eskalasi dengan Teheran ini telah memajukan kepentingannya dalam mencegah konflik Saudi-Houthi kembali menjadi perang habis-habisan setelah berakhirnya gencatan senjata pada bulan Oktober tahun lalu.

 “Mencairnya hubungan Saudi dengan Iran telah memberikan efek mendinginkan ketegangan Saudi-Houthi,” kata Nabeel Khoury, mantan wakil kepala misi Amerika Serikat di Yaman, kepada Al Jazeera.

"Di sisi positifnya, berkurangnya ketegangan telah menyebabkan gencatan senjata yang berkepanjangan, setidaknya di Yaman utara. Pelonggaran blokade di sekitar wilayah utara telah menyebabkan peningkatan pergerakan warga Yaman masuk dan keluar dari Sanaa dan karenanya menjadi waktu istirahat yang baik bagi sebagian besar warga Yaman yang tinggal di bawah kendali Houthi," kata Khoury.

Meskipun hubungan yang membaik antara Arab Saudi dan Iran dapat dilihat sebagai pembuka pintu menuju perdamaian abadi dengan Houthi, pemberontak Yaman bukanlah perwakilan Iran.

Oleh karena itu, bahkan jika pejabat Iran dengan tulus ingin mengendalikan Houthi, sejauh mana Teheran dapat melakukannya dengan sukses masih belum jelas.

“Mungkin ada orang-orang di Saudi yang berpikir bahwa [kesepakatan diplomatik Saudi-Iran] ini mungkin berdampak signifikan pada Houthi, tetapi saya menduga bahwa mereka yang lebih terinformasi dan lebih dekat menyadari bahwa pengaruh Iran terhadap Houthi sangat terbatas,” Helen Lackner, penulis buku yang mencakup Yemen in Crisis: Autocracy, Neo-Liberalism and the Disintegration of a State, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Ketika Houthi dan Iran menginginkan hal yang sama, maka mereka berdua melakukannya. Ketika Houthi menginginkan sesuatu yang tidak disukai Iran, mereka mengabaikan apa pun yang dikatakan Iran. Bukannya Iran dapat mengatakan kepada Houthi lakukan ini, lakukan itu, dan mereka melakukannya. Itu tidak seperti itu.”

Sejak perjanjian diplomatik Saudi-Iran ditandatangani, perwakilan Houthi telah menekankan bahwa kesepakatan renormalisasi antara Teheran dan Riyadh tidak dapat melengkapi kesepakatan antara Houthi dan Arab Saudi.

“Hal ini terbukti selama perjalanan duta besar Saudi [untuk] Yaman ke Sanaa pada bulan April, di mana ia bertemu dengan rekan-rekannya dari Houthi dan Oman,” Veena Ali-Khan, seorang peneliti Yaman di International Crisis Group, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Yang mengejutkan [Duta Besar Mohammed bin Saeed Al-Jaber], Houthi tidak mau membuat konsesi apa pun, dan ia pergi dengan tangan hampa. Sebaliknya, Houthi memanfaatkan hubungan diplomatik baru Saudi dan Iran untuk membuktikan kemerdekaan mereka dari Teheran, sesuatu yang telah lama mereka tegaskan kepada Riyadh.”

Anggota milisi Ansarallah atau biasa disebut pemberontak Houthi sia menghancurkan Israel Anggota milisi Ansarallah atau biasa disebut pemberontak Houthi sia menghancurkan Israel (AFP)

Bersaing dengan Kekuatan Houthi

Akan menjadi tantangan bagi Riyadh untuk memperoleh pengaruh atas Houthi, yang menganggap Arab Saudi ingin mengakhiri keterlibatannya dalam konflik Yaman yang telah berlangsung hampir sembilan tahun. 

Houthi merasa bahwa mereka memiliki keunggulan, sehingga tidak ada alasan bagi mereka untuk berkompromi dengan Riyadh dan aktor lainnya.

"Saudi kini ingin keluar dari perang, tetapi bagi Houthi, perang telah menjadi cara hidup," kata Elisabeth Kendall, pakar Yaman di Girton College, Cambridge, dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera.

"Setelah hampir dua dekade perang yang terus-menerus, Houthi tidak mungkin menyetujui perdamaian tanpa mendapatkan konsesi besar dalam bentuk kekuasaan, wilayah, dan sumber daya."

Dalam konteks ini, penting untuk mengawasi Marib dan kemungkinan agresi Houthi terhadap kota yang dikuasai pemerintah dan kaya sumber daya alam tersebut.

 "Jika Anda melihat wacana dari Houthi, mereka semakin agresif," kata Lackner.

Ia menambahkan bahwa pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan adalah apakah serangan baru Houthi terhadap Marib, yang sebelumnya gagal dilakukan kelompok itu dalam beberapa serangan sebelumnya, akan mengakibatkan serangan udara Saudi kembali dilakukan.

Belakangan Arab Saudi dilaporkan sudah memulai langkah penyerangan tersebut setelah sebuah kapal berentitas mereka kena serangan di Laut Merah.

“Menurut saya, satu-satunya hal yang mencegah Houthi merebut Marib adalah serangan udara Saudi. Jadi, jika Houthi mulai menyerang Marib lagi, apakah Saudi dan Uni Emirat Arab akan campur tangan dengan memulai serangan udara lagi? Saya tidak tahu.”

Para negosiator Saudi dan Houthi telah membahas kesepakatan yang terdiri dari tiga tahap: masalah kemanusiaan, pengaturan militer, dan perundingan antara faksi-faksi Yaman.

Menurut Ali-Khan, kedua belah pihak sejauh ini gagal melangkah lebih jauh dari tahap pertama.

“Kelompok Houthi menginginkan kesepakatan yang akan memberikan sebagian kekayaan minyak pemerintah kepada bank sentral mereka. Mereka tidak menginginkan kesepakatan yang membuat mereka bergantung secara finansial kepada Riyadh, yang menjelaskan garis keras mereka pada kesepakatan pembagian kekayaan sebelum mereka akan mengadakan pembicaraan intra-Yaman. Kelompok Houthi juga ingin Saudi berhenti mendukung pesaing mereka di Yaman dan menanggung tagihan pembayaran rekonstruksi di pihak mereka,” kata Ali-Khan.

"Meskipun terjadi kebuntuan politik, ada bukti di lapangan bahwa 'kesepakatan diam-diam' bisa saja terjadi," jelas Ali-Khan. "Menjelang hari raya Idul Fitri, bandara Sanaa dibuka untuk lebih banyak tujuan dan penerbangan. Ini bisa jadi merupakan upaya Riyadh untuk mempertahankan momentum diplomatik karena bisa mengulur waktu untuk diskusi yang sedang berlangsung dengan pihak Houthi."

Namun, meyakini bahwa pakta Saudi-Houthi dengan sendirinya dapat membawa perdamaian dan stabilitas ke Yaman adalah naif. Banyak isu yang memecah belah lainnya tidak akan secara otomatis terselesaikan hanya karena Riyadh dan pemerintah de facto di Sanaa mencapai kesepakatan.

"Kesepakatan damai jangka panjang antara Arab Saudi dan Houthi akan secara permanen mengakhiri serangan udara yang dipimpin Saudi, tetapi tidak akan mengakhiri konflik. Ada banyak faksi dan milisi yang terlibat dalam perang Yaman, selain Arab Saudi dan Houthi, yang tujuan dan ambisinya harus dipenuhi agar perdamaian dapat terwujud di Yaman," jelas Kendall.

Seperti yang dikatakan Khoury, mengatasi “tantangan berat” untuk mencapai “pemulihan hubungan antara Yaman” diperlukan agar perdamaian yang lebih luas dapat terwujud di seluruh Yaman.

"Agar hal itu terjadi, rasa realisme baru harus muncul di antara warga Yaman mengenai isu-isu seperti kemerdekaan selatan, pembagian sumber daya alam dan aset bank sentral, serta kesepakatan tentang kebebasan navigasi dari utara ke selatan masuk dan keluar dari semua pelabuhan Yaman," mantan diplomat AS itu mengatakan kepada Al Jazeera.

Ketegangan di Yaman Selatan

Peran Uni Emirat Arab, yang mendukung Dewan Transisi Selatan (STC) yang separatis, tidak dapat diabaikan.

Abu Dhabi secara khusus absen dari perundingan Saudi-Houthi, dan beberapa ahli mempertanyakan komitmennya untuk mempromosikan perdamaian nasional di Yaman.

“Selain penghentian permusuhan dengan pihak utara, Emirat tidak berminat untuk mendorong perdamaian umum di Yaman yang memungkinkan perluasan pengaruh Houthi di selatan,” kata Khoury. “Yang paling penting bagi UEA adalah hubungan dekat mereka dengan para pemimpin selatan [separatis] yang memungkinkan Emirat mengendalikan pelabuhan laut selatan dan jalur laut di sekitar pintu masuk ke Laut Merah.”

Disfungsionalitas dan kerapuhan pemerintah Yaman yang diakui PBB, yang saat ini diwakili oleh Dewan Kepemimpinan Presiden dan secara resmi didukung oleh Arab Saudi, semuanya melemahkan koalisi anti-Houthi.

Sifat dewan dan cara pembentukannya pada tahun 2022 – sebuah pengumuman mendadak yang dibuat di Riyadh – telah berkontribusi secara signifikan terhadap ketidakmampuan entitas tersebut untuk mendapatkan pijakan di Yaman. Seperti yang dijelaskan Lackner, Houthi dan STC “secara aktif berusaha melemahkan” Dewan Kepemimpinan Presiden.

Terhadap latar belakang ini, ada banyak alasan untuk khawatir tentang fragmentasi lebih lanjut di Yaman, terutama dengan terbentuknya lebih banyak basis kekuatan saingan di Yaman selatan.

"STC telah meningkatkan serangan diplomatiknya karena munculnya struktur politik alternatif seperti Dewan Nasional Hadramaut di wilayah tenggara," kata Kendall kepada Al Jazeera. "Adalah keliru jika menganggap kesepakatan damai antara Houthi dan Arab Saudi sebagai akhir perang atau bahkan awal dari akhir. Kecuali jika kekuasaan dibagi dengan bijaksana, itu bisa jadi hanya akhir dari awal."

(oln/almydn/aja/*)

 

 
 
 

Tag:  #houthi #tolak #rayuan #ledakan #besar #terjadi #gudang #senjata #pasukan #proksi #arab #saudi #yaman

KOMENTAR