Hizbullah Berjanji Hukum Israel Setelah Ledakan Ribuan Pager Menewaskan 9 Orang dan Melukai Ribuan
Keluarga berduka atas kematian Fatima Abdallah, seorang gadis berusia 10 tahun yang tewas setelah ratusan alat pemanggil meledak dalam gelombang mematikan di Lebanon, selama pemakamannya di desa Saraain di lembah Bekaa pada 18 September 2024. - Ratusan pager yang digunakan oleh anggota Hizbullah meledak di seluruh Lebanon pada 17 September, menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai sekitar 2.800 orang dalam ledakan yang oleh kelompok militan yang didukung Iran itu disalahkan kepada Israel. (P
19:40
18 September 2024

Hizbullah Berjanji Hukum Israel Setelah Ledakan Ribuan Pager Menewaskan 9 Orang dan Melukai Ribuan

Hizbullah berjanji menghukum Israel setelah ledakan pager menewaskan 9 orang dan melukai ribuan orang di Lebanon.

Hizbullah Lebanon berjanji akan membalas setelah menyalahkan Israel karena meledakkan pager pada hari Selasa yang menewaskan sedikitnya 9 orang dan melukai 2.750 lainnya, termasuk banyak pejuang kelompok tersebut dan utusan Iran di Beirut, Reuters melaporkan.

Menteri Informasi Lebanon, Ziad Makary, mengecam peledakan pager – yang digunakan oleh Hizbullah dan pihak lain di Lebanon untuk berkomunikasi – sebagai “agresi Israel”. Hizbullah mengatakan Israel akan menerima “hukuman yang setimpal” atas ledakan tersebut.

Militer Israel, yang telah terlibat dalam perang lintas perbatasan dengan Hizbullah sejak dimulainya perang Gaza Oktober lalu, menolak menanggapi pertanyaan Reuters tentang ledakan tersebut.

Seorang pejabat Hizbullah, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa peledakan pager tersebut adalah “pelanggaran keamanan terbesar” yang pernah dialami kelompok tersebut dalam hampir satu tahun konflik dengan Israel.

Perkembangan di Lebanon sangat memprihatinkan, terutama mengingat konteks yang “sangat tidak stabil”, kata juru bicara PBB, Stephane Dujarric, seraya menambahkan bahwa PBB menyesalkan adanya korban sipil.

Tanpa berkomentar langsung mengenai ledakan di Lebanon, seorang juru bicara militer Israel mengatakan kepala staf, Mayor Jenderal Herzi Halevi, telah bertemu dengan para perwira senior pada Selasa malam untuk menilai situasi. Tidak ada perubahan kebijakan yang diumumkan tetapi "kewaspadaan harus tetap dijaga", katanya.

Hizbullah sebelumnya mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan tewasnya sedikitnya dua pejuangnya dalam ledakan itu dan mengatakan pihaknya sedang melakukan penyelidikan terkait penyebabnya.

Pejuang Hizbullah telah menggunakan pager sebagai sarana berteknologi rendah untuk mencoba menghindari pelacakan Israel terhadap lokasi mereka, dua sumber yang mengetahui operasi kelompok tersebut mengatakan kepada Reuters awal tahun ini. Pager adalah perangkat telekomunikasi nirkabel yang menerima dan menampilkan pesan.

Pager tersebut diledakkan di Lebanon selatan, pinggiran selatan Beirut yang dikenal sebagai Dahiyeh dan lembah Bekaa timur – semuanya merupakan benteng Hezbollah.

Banyak yang terluka 

Menteri Kesehatan Lebanon, Firass Abiad, mengatakan 2.750 orang terluka akibat ledakan tersebut, 200 di antaranya kritis.

Banyak dari mereka yang terluka termasuk pejuang Hizbullah yang merupakan putra pejabat tinggi kelompok bersenjata tersebut, dua sumber keamanan mengatakan kepada Reuters.

Salah satu pejuang yang tewas adalah putra seorang anggota Hizbullah di parlemen Lebanon, Ali Ammar, kata mereka.

"Ini bukan penargetan keamanan terhadap satu, dua atau tiga orang. Ini adalah penargetan terhadap seluruh bangsa," kata pejabat senior Hizbullah, Hussein Khalil, saat menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya putra Ammar.

Penyiar Lebanon, Al Jadeed, mengutip Ammar yang mengatakan bahwa apa yang terjadi adalah agresi Israel. "Kami akan menghadapi musuh dalam bahasa yang mereka pahami," tambahnya.

Ledakan hari Selasa menambah harga mahal yang telah dibayarkan Hizbullah selama setahun terakhir, yang telah kehilangan lebih dari 400 pejuangnya dalam serangan Israel, termasuk Panglima Tertingginya, Fuad Shukr , pada bulan Juli. Sumber keamanan di Lebanon mengatakan dua pejuang Hizbullah lainnya tewas dalam serangan Israel di Lebanon selatan pada hari Selasa.

Duta Besar Iran untuk Lebanon, Mojtaba Amani, menderita "cedera ringan" akibat ledakan pager pada hari Selasa, dan saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit, kata  kantor berita semi-resmi Iran, Fars . Reuters tidak dapat segera mengonfirmasi laporan tersebut.

Tidak ada kabar dari pemerintah Israel tentang ledakan tersebut.

Sebelumnya pada hari Selasa, badan keamanan dalam negeri Israel mengatakan telah menggagalkan rencana kelompok Lebanon, Hizbullah, untuk membunuh seorang mantan pejabat senior pertahanan dalam beberapa hari mendatang.

Badan Shin Bet, yang tidak menyebutkan nama pejabat tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah menyita alat peledak yang dipasang pada sistem peledakan jarak jauh, menggunakan telepon seluler dan kamera yang telah direncanakan akan dioperasikan oleh Hizbullah dari Lebanon.

Shin Bet mengatakan upaya serangan itu mirip dengan rencana Hizbullah yang digagalkan di Tel Aviv setahun lalu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Hizbullah mengatakan ingin menghindari konflik besar-besaran dengan Israel, tetapi hanya berakhirnya perang Gaza yang akan menghentikan bentrokan lintas perbatasan. Upaya gencatan senjata di Gaza masih menemui jalan buntu setelah berbulan-bulan perundingan yang dimediasi oleh Qatar, Mesir, dan Amerika Serikat.

Berteriak kesakitan 

Setelah ledakan hari Selasa, seorang  wartawan Reuters melihat ambulans melaju kencang melewati pinggiran selatan ibu kota Beirut, basis Hezbollah, di tengah kepanikan yang meluas. Seorang sumber keamanan mengatakan bahwa sejumlah alat peledak juga meledak di selatan Lebanon.

Di Rumah Sakit Mt. Lebanon, seorang reporter Reuters melihat sepeda motor melaju kencang ke ruang gawat darurat, tempat orang-orang dengan tangan berlumuran darah menjerit kesakitan.

Kepala Rumah Sakit Umum Nabatieh di wilayah selatan negara itu, Hassan Wazni, mengatakan kepada Reuters bahwa sekitar 40 orang yang terluka dirawat di fasilitasnya. Luka-luka tersebut termasuk luka di wajah, mata, dan anggota badan.

Sekelompok orang berkerumun di pintu masuk gedung untuk memeriksa orang-orang yang mereka kenal yang mungkin terluka, kata jurnalis Reuters .

Penyiar regional menayangkan rekaman CCTV yang menunjukkan sesuatu yang tampak seperti perangkat genggam kecil yang ditaruh di samping kasir toko kelontong tempat seseorang membayar dan tiba-tiba meledak.

Hizbullah menembakkan rudal ke Israel segera setelah serangan 7 Oktober oleh pejuang Hamas terhadap Israel yang memicu perang Gaza. Hizbullah dan Israel terus-menerus saling tembak sejak saat itu, sambil menghindari eskalasi besar.

Puluhan ribu orang telah mengungsi dari kota-kota dan desa-desa di kedua sisi perbatasan akibat permusuhan.

Pada hari Selasa, Israel menambahkan tujuan pemulangan yang aman bagi warganya yang dipaksa meninggalkan rumah mereka di dekat perbatasan dengan Lebanon ke dalam tujuan perang formalnya.


SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #hizbullah #berjanji #hukum #israel #setelah #ledakan #ribuan #pager #menewaskan #orang #melukai #ribuan

KOMENTAR