9 Tewas dan 2.800 Terluka dalam Ledakan Pager di Lebanon, Hizbullah Sebut Israel Dalangnya
Ledakan di Lebanon (X)
14:40
18 September 2024

9 Tewas dan 2.800 Terluka dalam Ledakan Pager di Lebanon, Hizbullah Sebut Israel Dalangnya

Sembilan orang tewas dan lebih dari 2.800 orang terluka, banyak di antaranya yang sangat parah akibat ledakan pager yang menargetkan kelompok Hizbullah. Media pemerintah Iran melaporkan bahwa Duta Besarnya untuk Lebanon, Mojtaba Amani, juga terluka dalam insiden tersebut. Ledakan itu terjadi sekitar pukul 3:30 sore waktu setempat di Lebanon (6 sore IST).

Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad mengonfirmasi bahwa sembilan orang tewas dan sekitar 2.800 orang terluka dalam insiden itu.

Menteri tersebut, dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, mengatakan ledakan itu "menewaskan sembilan orang, termasuk seorang gadis", seraya menambahkan bahwa "Sekitar 2.800 orang terluka dan lebih dari 200 di antaranya kritis". Luka-luka itu sebagian besar terjadi di wajah, tangan, dan perut, katanya lebih lanjut.

Putri berusia 10 tahun dari seorang anggota Hizbullah tewas di Lembah Bekaa, Lebanon timur. Pemantau perang independen mengatakan bahwa empat belas orang juga terluka akibat ledakan pager di Suriah.

Baca Juga: Kelompok Hizbullah dan Israel Saling Serang, AS Beri Dukungan Penuh Hingga Siagakan Alat Ini

Parade militer pejuang Hizbullah di Lebanon [Foto: Sputniknews.com]Parade militer pejuang Hizbullah di Lebanon [Foto: Sputniknews.com]

Hizbullah, yang dilarang oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa, adalah lembaga politik dan militer di Lebanon dan didukung oleh Iran. Hizbullah mendukung Hamas, yang telah berperang dengan Israel di Gaza sejak Oktober 2023.

Putra anggota parlemen Hizbullah Ali Ammar dan Hassan Fadlallah termasuk di antara yang tewas, sumber yang dekat dengan kelompok itu mengatakan kepada kantor berita AFP.

Sementara beberapa laporan mengklaim bahwa ledakan itu disebabkan oleh baterai lithium yang terlalu panas yang disebabkan oleh pelanggaran sinyal elektronik (seperti serangan siber), beberapa laporan lain menuduh bahwa lapisan tipis bahan peledak ditempatkan di dalam pager sebelum dipasok. NDTV tidak dapat memverifikasi kedua klaim ini secara independen saat ini.

Hizbullah menyalahkan Israel atas serangan itu dan mengklaim bahwa ini adalah "pelanggaran keamanan terbesar" yang pernah dihadapinya. Semua pager meledak hampir bersamaan, demikian klaim Hizbullah, dengan mengatakan bahwa ini adalah "pelanggaran Israel" terhadap jaringan komunikasinya.

Benteng pertahanan Hizbullah di seluruh Lebanon telah dilanda "pelanggaran Israel". Ini adalah insiden besar pertama sejak kelompok itu mulai saling tembak dengan Israel hampir setiap hari dalam mendukung Hamas yang berperang dengan Israel di Gaza sejak "serangan teror" 7 Oktober yang menargetkan warga negara Israel.

Baca Juga: Hizbullah Kirimkan Puluhan Roket ke Israel, Bentuk Pembalasan Komandan Senior Fuad Shukr Tewas

Ledakan juga terjadi di luar Lebanon, saat empat orang terluka di Suriah saat sedikitnya satu pager meledak di sebuah kendaraan di Damaskus.

"Puluhan anggota Hizbullah telah terluka di selatan dan di pinggiran selatan Beirut setelah pager mereka meledak," kata seorang sumber yang dekat dengan Hizbullah kepada kantor berita AFP, yang meminta anonimitas untuk membahas masalah-masalah sensitif.

Kantor Berita Nasional resmi Lebanon menyebutnya sebagai "insiden keamanan musuh yang belum pernah terjadi sebelumnya" dengan "pager genggam meledak" pada waktu yang hampir bersamaan di seluruh Lebanon.

Menurut AFP, Hizbullah berkomunikasi melalui sistem telekomunikasinya sendiri dan telah meminta anggotanya untuk tidak menggunakan telepon seluler sejak perang Gaza dimulai hampir setahun yang lalu. Perintah itu dikeluarkan untuk menghindari pelanggaran teknologi oleh Israel.

Hizbullah mengeluarkan pernyataan tak lama setelah ledakan pager yang mengatakan bahwa pada "Sekitar pukul 3:30 sore (waktu setempat) pada hari Selasa, beberapa perangkat pager yang digunakan oleh anggota Hizbullah dan pejabat berbagai lembaga meledak."

"Israel sepenuhnya bertanggung jawab atas ledakan pager tersebut," kata Hizbullah.

Pernyataan itu selanjutnya berbunyi, "Seorang gadis dan dua saudara laki-lakinya" tewas dalam insiden itu, sementara banyak lainnya terluka.

"Pihak berwenang terkait di Hizbullah saat ini sedang melakukan penyelidikan keamanan dan ilmiah yang ekstensif untuk menemukan alasan ledakan serentak ini," tambahnya.

Pernyataan itu mendesak orang-orang untuk "berhati-hati terhadap rumor dan informasi yang salah yang disebarkan oleh pihak-pihak tertentu, karena ini dapat membantu perang psikologis" oleh Israel.

Israel belum menanggapi klaim yang dibuat oleh Hizbullah atau Iran ini.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #tewas #2800 #terluka #dalam #ledakan #pager #lebanon #hizbullah #sebut #israel #dalangnya

KOMENTAR