Perusahaan Taiwan Gold Apollo Bantah Produksi Pager Isi Bahan Peledak, 9 Tewas Hampir 3.000 Terluka
Pager 
11:50
18 September 2024

Perusahaan Taiwan Gold Apollo Bantah Produksi Pager Isi Bahan Peledak, 9 Tewas Hampir 3.000 Terluka

Perusahaan Taiwan, Gold Apollo membantah mereka telah memproduksi pager Hizbullah yang berisi bahan peledak.

Perusahaan Taiwan Gold Apollo pada Rabu (18 September 2024) membantah laporan bahwa pihaknya telah memproduksi ratusan pager berisi bahan peledak yang digunakan oleh anggota Hizbullah yang meledak secara bersamaan dan menewaskan sedikitnya sembilan orang.

"Semua itu bukan produk kami dari awal hingga akhir. Bagaimana mungkin kami memproduksi produk yang bukan milik kami?" kata pimpinan perusahaan Hsu Chin-kuang kepada wartawan di Taipei setelah New York Times melaporkan bahwa pager perusahaannya terlibat dalam ledakan tersebut.

Gold Apollo mengatakan tidak membuat pager yang digunakan dalam ledakan di Lebanon.

Gold Apollo Taiwan mengatakan pada Rabu bahwa pager yang digunakan dalam ledakan di Lebanon pada Selasa tidak dibuat olehnya, melainkan oleh perusahaan bernama BAC yang memiliki lisensi untuk menggunakan mereknya.

Setidaknya sembilan orang tewas dan hampir 3.000 orang terluka ketika pager yang digunakan anggota Hizbullah meledak serentak di seluruh Lebanon pada hari Selasa.

Gambar pager yang dihancurkan yang dianalisis oleh Reuters menunjukkan format dan stiker di bagian belakang yang sesuai dengan pager yang dibuat oleh Gold Apollo


Seorang sumber keamanan senior Lebanon mengatakan kepada Reuters bahwa Hizbullah telah memesan 5.000 pager dari Gold Apollo yang berbasis di Taiwan.

"Produk itu bukan milik kami. Hanya saja ada merek kami di sana," kata pendiri dan presiden Gold Apollo, Hsu Ching-Kuang, kepada wartawan di kantor perusahaan di kota New Taipei, Taiwan utara, pada hari Rabu.

Perusahaan itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa model AR-924 diproduksi dan dijual oleh BAC.

"Kami hanya memberikan otorisasi merek dagang dan tidak terlibat dalam desain atau pembuatan produk ini," kata pernyataan itu.

Hsu sebelumnya mengatakan bahwa firma yang memiliki lisensi tersebut berpusat di Eropa tetapi kemudian menolak mengomentari lokasi BAC.

Saat Hsu bertemu dengan wartawan, petugas polisi tiba di perusahaan.

Pejuang Hizbullah mulai menggunakan pager dengan keyakinan mereka akan dapat menghindari pelacakan lokasi mereka oleh Israel, dua sumber yang mengetahui operasi kelompok tersebut mengatakan kepada Reuters tahun ini.

Hsu mengatakan tidak tahu bagaimana pager itu bisa direkayasa agar meledak.
Hizbullah yang didukung Iran mengatakan pihaknya sedang melakukan "investigasi keamanan dan ilmiah" terhadap penyebab ledakan tersebut.

Badan mata-mata Mossad Israel menanam bahan peledak di dalam 5.000 pager yang diimpor oleh kelompok Lebanon, Hizbullah, beberapa bulan sebelum peledakan hari Selasa, menurut sumber keamanan senior Lebanon dan sumber lainnya.

Hsu mengatakan Gold Apollo juga menjadi korban insiden tersebut.

"Kami mungkin bukan perusahaan besar, tetapi kami adalah perusahaan yang bertanggung jawab," katanya. "Ini sangat memalukan."

 

 

 

 


Perusahaan Gold Apollo Juga Menjadi Korban Insiden Tersebut

Gold Apollo, perusahaan Taiwan yang pager-nya dilaporkan meledak di Lebanon, menewaskan sembilan orang yang diduga pejuang Hizbullah dan melukai lebih dari 3.000 orang, telah mengklaim bahwa mereka tidak membuat perangkat tersebut, meskipun hanya memberi lisensi atas namanya. 

Pendiri perusahaan Hsu Ching-Kuang mengatakan kepada wartawan bahwa pager yang digunakan dalam peledakan tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan di Eropa yang memiliki hak untuk menggunakan merek perusahaan Taiwan tersebut.

"Produk itu bukan milik kami. Yang ada hanya merek kami," kata Hsu.

Hsu menambahkan bahwa perusahaannya Apollo juga menjadi korban insiden tersebut.

"Kami mungkin bukan perusahaan besar, tetapi kami adalah perusahaan yang bertanggung jawab," katanya. "Ini sangat memalukan."

Perusahaan dalam pernyataan yang dirilis menyatakan bahwa model AR-924 diproduksi dan dijual oleh BAC.

"Kami hanya memberikan otorisasi merek dagang dan tidak terlibat dalam desain atau pembuatan produk ini," kata pernyataan itu.

Gambar pager yang hancur menunjukkan format dan stiker di bagian belakang yang sesuai dengan pager buatan Gold Apollo. Seorang perwira senior Lebanon mengatakan kepada Reuters bahwa Hizbullah telah memesan 5.000 pager dari perusahaan yang berpusat di Taiwan tersebut. 

Laporan menunjukkan bahwa bahan peledak itu ditanam di samping baterai dengan sakelar yang dapat dipicu dari jarak jauh untuk meledak. 

 

Pelanggaran keamanan terbesar


Menurut kelompok militan itu, itu adalah salah satu "pelanggaran keamanan" terbesar yang pernah dihadapi kelompok itu sejak perang Israel-Hamas pecah. Mereka juga mengklaim bahwa Tel Aviv berada di balik serangan itu. 

Hizbullah dalam sebuah pernyataan mengatakan kelompok itu masih melakukan "investigasi keamanan dan ilmiah yang luas untuk menentukan" penyebab ledakan tersebut.

Sementara itu, Hamas, yang saat ini tengah berperang dengan Israel di Jalur Gaza, mengatakan ledakan pager tersebut merupakan "eskalasi" yang hanya akan membawa Israel pada "kegagalan dan kekalahan". Hizbullah yang didukung Iran telah mendukung Hamas selama perang berlangsung dan telah berjanji untuk mengambil tindakan. 

"Israel pasti akan menerima hukuman yang setimpal atas agresi penuh dosa ini," kata Hizbullah

Media pemerintah Iran, IRNA, melaporkan bahwa duta besar Iran untuk Lebanon, Mojtaba Amani, juga terluka dalam ledakan tersebut. Amani mengalami luka ringan dan saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

SUMBER: AFP, REUTERS, WIONEWS

Tag:  #perusahaan #taiwan #gold #apollo #bantah #produksi #pager #bahan #peledak #tewas #hampir #3000 #terluka

KOMENTAR