Badai Bebinca Hantam Shanghai, Ratusan Penerbangan Dibatalkan, Transportasi Darat dan Laut Lumpuh
ilustrasi badai bebinca. (aerotime)
13:09
16 September 2024

Badai Bebinca Hantam Shanghai, Ratusan Penerbangan Dibatalkan, Transportasi Darat dan Laut Lumpuh

JawaPos.Com – Wilayah Shanghai, Tiongkok, dilanda Badai Bebinca yang mengakibatkan penundaan dan pembatalan perjalanan darat, laut, dan udara di kota tersebut. 

Dikutip dari laman Aerotime Senin, (16/9), sudah Minggu, 15 September 2024 kemarin, Bandara Internasional Pudong (PVG) dan Bandara Internasional Hongqiao (SHA) di Shanghai terpaksa membatalkan seluruh penerbangan.

Pembatalan itu sebagai respons terhadap peringatan cuaca merah yang dikeluarkan Badan Meteorologi Tiongkok. Peringatan tersebut memprediksi angin kencang mencapai kecepatan 151 kilometer per jam serta hujan deras.

Badai ini diperkirakan akan berdampak pada wilayah Shanghai antara 15–17 September 2024, dengan risiko cuaca buruk yang tinggi.

Maskapai penerbangan berbasis di Tiongkok, China Eastern Airlines, terpaksa membatalkan dua penerbangan domestik utama sebagai tindakan antisipasi keselamatan.

Menurut prakiraan, badai ini dapat menjadi siklon tropis paling kuat yang melanda Shanghai dalam lebih dari tujuh dekade terakhir. Bahkan mungkin melebihi badai yang terjadi pada 1949.

Selain pembatalan penerbangan di bandara, Stasiun Kereta Api Shanghai juga terpaksa menghentikan beberapa layanannya untuk menjamin keselamatan penumpang.

Selain menutup transportasi, sejumlah resort di Shanghai, termasuk Shanghai Disney Resort, juga ditutup sementara. Begitu pula dengan sebagian besar feri yang beroperasi dari dan ke Pulau Chongming.

Di Zhejiang, provinsi tetangga, kapal-kapal telah diperintahkan untuk kembali ke pelabuhan. Sementara beberapa taman di ibu kota provinsi, Hangzhou, juga ditutup.

Badai Bebinca sebelumnya telah menyebabkan enam kematian di Filipina akibat pohon tumbang dan banjir. Dikhawatirkan badai ini akan membawa dampak serupa saat mendarat di pesisir timur China.

Otoritas setempat menegaskan bahwa mereka akan terus memantau perkembangan cuaca dan mengambil tindakan yang diperlukan, untuk melindungi warga dan mencegah kerusakan yang lebih parah. 

Masyarakat diimbau untuk waspada dan mengikuti instruksi otoritas setempat terkait perkembangan cuaca ekstrem ini. Diharapkan, badai Bebinca tidak menyebabkan kerusakan parah. Namun tetap menjadi perhatian serius bagi wilayah Shanghai dalam beberapa hari ke depan.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #badaibebinca #hantam #shanghai #ratusan #penerbangan #dibatalkan #transportasi #darat #laut #lumpuh

KOMENTAR