Mengapa Negara-negara Arab Banyak yang Tak Ambil Bagian Tuduh Israel Lakukan Genosida?
Seorang wanita Palestina yang terlantar mencuci pakaian di kamp darurat di perbatasan Mesir, sebelah barat Rafah di Jalur Gaza selatan pada 14 Januari 2024, saat perang yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Hamas Palestina memasuki hari ke-100. (Photo by AFP) 
07:40
22 Januari 2024

Mengapa Negara-negara Arab Banyak yang Tak Ambil Bagian Tuduh Israel Lakukan Genosida?

Israel disidang oleh Mahkamah Internasional (ICJ) atas tuduhan melakukan genosida di Gaza Palestina.

Ini adalah langkah bersejarah yang dilakukan oleh Afrika Selatan. Pretoria menuduh Tel Aviv berniat melakukan kejahatan genosida terhadap warga Palestina di Gaza.

Kasus tersebut menimbulkan perdebatan di dunia Arab tentang mengapa negara-negara Arab tidak bergabung dengan Afrika Selatan dalam kasus ini dan mengapa mereka tidak mengajukan kasus serupa ke ICJ atau Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Berdasarkan undang-undang ICJ, semua negara anggota PBB dapat mengajukan kasus terhadap negara mana pun.

Middle East Eye (MEE) menyebutkan, negara Arab mana pun bisa mengajukan kasus terhadap Israel di ICJ atau setidaknya meminta Afrika Selatan untuk bergabung dalam kasus tersebut sebelum kasus tersebut secara resmi diajukan pada tanggal 29 Desember.

Afrika Selatan mengakui dalam dokumen kasusnya “kewajibannya” untuk menegakkan “Konvensi Genosida” sebagai Negara pihak pada konvensi untuk mencegah genosida.

Sejalan dengan itu, 19 negara Arab yang menjadi pihak dalam Konvensi Genosida juga bisa menggunakan status mereka dan mengajukan kasus terhadap Israel di ICJ.

Ini termasuk Mesir; Arab Saudi; Aljazair; Tunisia; Yordania; UEA, Suriah; Somalia; Sudan; Irak; Oman; Kuwait; Libanon; Libya; Maroko; Yaman; dan Otoritas Palestina (PA).

Lalu mengapa negara-negara Arab tidak mengambil tindakan apa pun?

Dalam artikelnya, MEE memberitakan, banyak negara Arab mungkin mengklaim bahwa mereka memiliki penjelasan yang “masuk akal” untuk menghindari tindakan agresif tersebut.

Beberapa orang mungkin mengklaim bahwa mereka adalah negara kecil dengan perekonomian lemah yang harus menanggung konsekuensinya.

Negara lain, seperti Tunisia, bahkan mungkin mengklaim bahwa mereka tidak dapat menuntut Tel Aviv, karena mereka tidak mengakui negara Israel – meskipun presiden Tunisia mengatakan kepada ketua Parlemen pada bulan November lalu bahwa ia menentang rancangan undang-undang yang bertujuan mengkriminalisasi “normalisasi” dengan Israel karena hal ini akan merugikan kepentingan Tunisia.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi negara-negara dengan perekonomian yang lebih kuat dan pengaruh yang lebih besar, seperti Arab Saudi dan Mesir, yang memiliki alasan yang masuk akal untuk mengambil tindakan melawan Israel di ICJ.

Alasan pertama yang dapat menjelaskan posisi Mesir dan Saudi adalah ketakutan akan dampak yang mungkin ditimbulkan oleh AS. Sebagian besar negara-negara Arab percaya bahwa mereka tidak dapat menentang pendirian Amerika mengenai isu-isu yang berkaitan dengan Israel.

Memang benar, Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi mengambil setiap langkah yang mungkin untuk meningkatkan hubungan dengan Israel karena keyakinannya bahwa Tel Aviv memainkan peran penting, bersama Arab Saudi dan UEA, dalam meyakinkan pemerintahan Obama agar tidak keberatan dengan kudeta yang dipimpinnya pada tahun 2013.

Arab Saudi juga sedang dalam proses merundingkan kesepakatan dengan Israel untuk menormalisasi hubungan mereka dengan imbalan pakta pertahanan khusus AS.

Karena pelanggaran berat terhadap hukum hak asasi manusia internasional, pemerintah Arab tidak akan menghadapi Israel di hadapan ICJ atau ICC untuk menghindari tuntutan serupa.

Meskipun Arab Saudi dan Mesir telah menentang AS dalam beberapa tahun terakhir mengenai isu-isu seperti produksi minyak OPEC dan hubungan dengan Tiongkok dan Rusia, keduanya tidak bersedia melakukan hal tersebut dalam hal-hal yang berkaitan dengan konflik Israel-Palestina karena mereka yakin hal ini akan menjadi sebuah konflik "garis merah" dalam prospek Amerika.

Catatan buruk mengenai hak asasi manusia di sebagian besar negara Arab memberikan penjelasan lain atas keengganan mereka untuk bergabung dengan Afrika Selatan dalam kasusnya melawan Israel.

Mereka khawatir bahwa menghadapi Israel sebelum Mahkamah Internasional (ICJ) dapat berakibat dibawanya Israel atau salah satu sekutunya ke Mahkamah Internasional (ICJ) atau ICC.

Baik Arab Saudi maupun Mesir, dan bahkan sebagian besar negara-negara Arab, dapat dituduh melakukan berbagai jenis pelanggaran hak asasi manusia. Mesir memenjarakan puluhan ribu politisi dan aktivis karena tuduhan yang dibuat-buat oleh sistem hukum yang korup.

Selain itu, pihak berwenang Mesir dituduh oleh banyak aktivis dan organisasi hak asasi manusia membunuh, menahan dan memaksa pengungsi Sinai setelah menghancurkan ratusan rumah dengan kedok memerangi terorisme.

Arab Saudi juga melakukan tindakan keras terhadap aktivis, reformis, dan penentangnya. Ribuan orang ditahan secara sewenang-wenang tanpa pengadilan yang layak, beberapa di antaranya dijatuhi hukuman berat hanya karena sebuah tweet.

Sementara Rudia mengatakan, Holocaust yang dilakukan Nazi Jerman terhadap orang-orang Yahudi seharusnya tidak bisa membuat Israel, negara mayoritas Yahudi, menjadi kebal hukum.

"Israel tidak boleh berpikir bahwa penderitaan orang-orang Yahudi selama Perang Dunia II memberikan mereka kebebasan dalam mengambil kebijakan luar negeri, khususnya ketika menyangkut permusuhan di Gaza," kata Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov pekan lalu.

Dalam konferensi pers itu, Sergei Lavrov kembali menegaskan dukungannya terhadap pembentukan negara Palestina.

"Kegagalan selama puluhan tahun untuk melakukan hal ini adalah salah satu alasan utama ketidakstabilan di Timur Tengah dan ketegangan antara Palestina dan Israel," tambahnya, dikutip dari TASS.

Menteri Luar Negeri tersebut mencatat Rusia segera mengutuk serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023.

Namun, setelah permusuhan dimulai, beberapa pejabat Israel bahkan menyebut penduduk Gaza sebagai “binatang” tanpa mendapat reaksi keras dari Barat.

"Israel tidak bisa sekarang melakukan apapun yang mereka inginkan karena mereka menderita selama Perang Dunia II. Ya, memang ada Holocaust, itu adalah kejahatan yang mengerikan, tetapi ada juga genosida terhadap semua orang di Uni Soviet," kata Sergei Lavrov.

Ia mengatakan rakyat Uni Soviet juga menderita seperti orang-orang Yahudi di kamp konsentrasi Nazi, yang meninggal karena kelaparan di Leningrad, Rusia, yang terkepung oleh Nazi.

“Menurut logika ini, kita bisa melakukan apapun yang kita mau. Itu tidak akan berhasil jika kita ingin menegakkan hukum internasional secara sistematis,” tambahnya.

Holocaust merenggut nyawa sekitar enam juta orang Yahudi di Eropa.

Selama Perang Dunia II, ada banyak orang Yahudi Eropa yang bermigrasi ke Palestina yang saat itu dijajah Inggris, hingga mereka mendirikan Israel pada tahun 1948.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #mengapa #negara #negara #arab #banyak #yang #ambil #bagian #tuduh #israel #lakukan #genosida

KOMENTAR