WOW, Ternyata Puasa dapat Menyembuhkan Penyakit Asam Lambung atau Gerd Loh! Berikut Penjelasan dr. Didi Prastyo
Puasa Menyembuhkan Asam Lambung dan Gerd / Youtube @RSUD_Dr.Moewardi_Official
18:41
10 Maret 2024

WOW, Ternyata Puasa dapat Menyembuhkan Penyakit Asam Lambung atau Gerd Loh! Berikut Penjelasan dr. Didi Prastyo

Berpuasa merupakan kewajiban bagi umat muslim, menahan lapar dan haus mulai dari matahari terbit sampai terbenam. Jika untuk puasa ramadhan dilakukan selama satu bulan penuh.

Banyak sekali manfaat puasa bagi kesehatan tubuh dan tidak jarang menjadi pertanyaan hubungan puasa dengan orang penderita asam lambung atau gerd.

Dikutip dari kanal YouTube @RSUD_Dr.Moewardi_Official (13/4), menjelaskan tentang berpuasa ternyata baik untuk yang memiliki penyakit asam lambung atau gerd.

Gerd atau penyakit refluk asam lambung adalah gangguan pencernaan dimana cairan asam lambung naik ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan bagian dalam saluran pencernaan.

Gejala yang biasa terjadi saat asam lambung naik adalah rasa asam atau pahit dimulut serta sensasi perih dan panas terbakar di dada ulu hati.

Selain itu pasien gerd juga kerap merasakan mual, muntah, begah, bahkan gangguan pernafasan.

Sebetulnya wajar, merasakan cemas saat menjalani puasa, sebab tidak makan dan minum hampir 14 jam. Tubuh tidak menerima asupan apapun juga obat-obatan.

Namun jika penderita mentaati aturan makan yang sehat maka puasa akan berjalan lancar, bahkan membantu meringankan penyakit asam lambung.

Berikut adalah tips menjalani puasa bagi penderita asam lambung atau gerd selama bulan ramadhan.

Usahakan tidak melewatkan sahur

Melewatkan makan sahur dapat memperparah kondisi asam lambung karena perut kosong dalam waktu yang lama.

Buka puasa tepat waktu

Jangan menunda makan saat berbuka. Setelah tidak makan dan minum selama 14 jam, perut butuh asupan agar bisa langsung digunakan untuk mengolah makanan yang masuk.

Makan dengan perlahan dan porsi kecil

Merasa sangat lapar sepanjang puasan memang wajar. Namun jangan sampai waktu berbuka makan dengan porsi banyak dan terlalu lahap. Karena dapat memicu meningkatnya asam lambung.

Kenali makanan dan minuman pemicu naiknya asam lambung

Hal ini menjadi berbeda-beda setiap penderita. Pilih makanan yang aman untuk lambung. Seperti karbohidrat, produk olahan dari biji-bijian, buah, sayuran yang tinggi serat, protein, nabati, dan hewani.

Hindari berbaring setelah makan

Berikan waktu lambung untuk mencerna makanan kurang lebih 3 jam agar mencegah gejala reflek.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ternyata #puasa #dapat #menyembuhkan #penyakit #asam #lambung #atau #gerd #berikut #penjelasan #didi #prastyo

KOMENTAR