Madu Mentah vs Madu Olahan Mana yang Lebih Sehat? Simak Penjalasannya
Ilustrasi madu olahan dalam toples kaca (Unsplash/Amelia Bartlett)
10:24
24 Februari 2024

Madu Mentah vs Madu Olahan Mana yang Lebih Sehat? Simak Penjalasannya

 

 

 

 - Madu merupakan sebuah sirup kental dan manis yang dibuat oleh lebah madu.

Madu penuh akan senyawa tanaman yang menyehatkan dan mempunyai beberapa manfaat kesehatan.

Namun, ada sebuah perdebatan mengenai jenis madu mana yang paling sehat, madu mentah atau olahan, karena beberapa orang percaya bahwa jenis madu mentah lebih baik untuk kesehatan yang optimal, sementara ada yang menyatakan tidak ada perbedaan di antara keduanya.

Untuk mengetahui madu yang mana lebih sehat, yaitu madu mentah atau olahan, kami akan memberikan penjelasan lebih lengkap tentang keduanya yang dikutip dari Healthline.

  1. Madu mentah lebih bernutrisi

Madu mentah mengandung berbagai macam nutrisi, yaitu seperti 22 asam amino, 31 mineral yang berbeda dan berbagai macam vitamin serta enzim tapi meski begitu, jumlah nutrisi yang terdapat tidaklah banyak.

Tapi hal yang paling mengesankan dari madu mentah adalah karena madu ini mengandung 30 jenis senyawa tanaman bioaktif yang disebut sebagai polifenol dan bertindak sebagai antioksidan.

Selain itu, banyak studi mengatakan antioksidan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung serta kanker tertentu.

Sebaliknya, madu olahan yang dijual di banyak toko mengandung antioksidan yang lebih sedikit dikarenakan metode pengolahannya.

Sebuah studi membandingkan antioksidan dari madu mentah dan madu olahan, lalu menemukan bahwa madu mentah mengandung antioksidan 4,3 kali lebih banyak dibandingkan madu olahan.

  1. Kebanyakan madu olahan tidak mengandung serbuk sari

Lebah berpindah dari satu bunga ke bunga lainnya untuk mengumpulkan nektar dan serbuk sari. Nektar dan serbuk sari yang sudah dikumpulkan dibawa kembali ke sarang lebah, lalu dimasukkan ke dalam sarang lebah dan akhirnya menjadi sumber makanan bagi lebah.

Serbuk sari dari lebah secara mengejutkan bergizi dan mengandung lebih dari 250 zat, termasuk vitamin, asam amino, asam lemak esensial, mikronutrien, dan antioksidan.

Penelitian telah menemukan bahwa serbuk sari lebah dapat membantu melawan peradangan dan meningkatkan fungsi hati. Ia juga memiliki khasiat yang dapat membantu melawan penyakit jantung dan stroke.

Sayangnya, metode pemrosesan seperti pemanasan dan ultrafiltrasi dapat menghilangkan serbuk sari lebahnya.

  1. Madu olahan ada kemungkinan mengandung gula atau pemanis yang tersembunyi

Dikarenakan madu sering dan banyak dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat yang memiliki jumlah konsumsi sebanyak 400 juta pound, permintaan untuk madu olahan pun begitu tinggi dan terkadang sulit untuk dicapai yang memaksa mereka untuk mengimport madu meskipun madu olahan hasil import tersebut mengandung gula atau pemanis seperti sirup jagung berfluktosa tinggi.

  1. Sebagian besar manfaat kesehatan berasal dari madu mentah

Banyak orang mungkin tidak tahu bahwa madu sering dikaitkan dengan kesehatan dan mempunyai banyak manfaat di bidang tersebut.

Sebuah studi menemukan bahwa ini dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah dan kolesterol, meningkatkan penyembuhan luka, dan bahkan mengobati batuk.

Namun kemungkinan besar manfaat kesehatan dari ini didapat Sebagian besar dari madu mentah karena antioksidan dan komponen bermanfaat lainnya lebih tinggi daripada madu olahan.

Salah satu komponen tersebut adalah enzim yang disebut glukosa oksidase. Enzim ini membantu menghasilkan sebuah molekul yang memberikan madu sifat anti mikroba dan anti bakteri. Namun, sayangnya enzim ini dapat dengan mudah hancur saat melalui proses pemanasan dan penyaringan.

  1. Madu yang cocok bagi kesehatan

Saat memilih madu yang paling sehat, sebaiknya carilah madu yang mentah. Madu mentah tidak dipasteurisasi dan melewati penyaringan, yaitu suatu proses yang dapat mengurangi nutrisinya.

Meskipun madu yang diproses secara minimal tidaklah buruk, sulit untuk mengetahui madu mana yang diproses secara minimal tanpa benar-benar melakukan pengujian terlebih dahulu.

Jika anda lebih menyukai madu yang diproses secara minimal karena teksturnya, maka yang terbaik adalah membelinya dari peternak lebah setempat, karena kemungkinan besar madu tersebut tidak melalui proses ultrafilter.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #madu #mentah #madu #olahan #mana #yang #lebih #sehat #simak #penjalasannya

KOMENTAR