5 Fakta Menarik Mengenai Golongan Darah O, Simak Penjelasannya
Ilustrasi pengambilan sampel darah. (Pexels)
14:04
24 Januari 2024

5 Fakta Menarik Mengenai Golongan Darah O, Simak Penjelasannya

- Golongan darah adalah ilmu pengklasifikasian darah dari suatu kelompok berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Secara umum adanya perbedaan golongan darah disebabkan karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah tersebut.

Klasifikasi golongan darah didasarkan pada sel darah yang membawa antigen tertentu yang bernama isoaglutinin.

Golongan darah bisa dibedakan menjadi 4 golongan yaitu A, B, AB, dan juga O. Dilansir dari MedicineNet, ada beberapa pembeda untuk membedakan golongan darah tersebut.

Golongan darah A: Jika sel darah merah Anda memiliki antigen A pada permukaannya, Anda dikatakan memiliki golongan darah A.

Golongan darah B: Jika antigen B terdapat pada permukaan sel darah merah, bukan A, maka Anda dikatakan memiliki golongan darah B.

Golongan darah AB: Jika terdapat antigen A dan B pada permukaan sel darah merah, maka golongan darahnya disebut AB.

Golongan darah O: Pada individu yang tidak memiliki antigen A dan B, golongan darahnya disebut golongan darah O.

Berikut fakta menarik golongan darah O:

1. Paling banyak pemiliknya

Dari semua golongan darah yang ada, golongan darah O adalah yang paling umum ditemukan atau paling banyak dimiliki oleh manusia. Di Amerika Serikat, 43 persen penduduknya memiliki golongan darah O dan 38 persen dari populasi disana adalah memiliki golongan darah O-positif.

2. Tidak memiliki Antigen

Darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih dan trombosit dalam cairan yang disebut plasma. Nah, golongan darah kamu diidentifikasi oleh antibodi dan antigen dalam darah.

Antibodi adalah protein yang ditemukan dalam plasma. Protein ini adalah bagian dari pertahanan alami tubuh kamu yang dapat mengenali zat asing seperti kuman dan mengingatkan sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan mereka. Sedangkan antigen adalah molekul protein yang ditemukan di permukaan sel darah merah.

Golongan darah O adalah golongan darah yang tidak memiliki antigen A atau B, tetapi memiliki antibodi A dan B dalam plasma.

3. Golongan darah yang paling dibutuhkan

Golongan darah O adalah golongan darah yang tidak mengandung antigen. Hasilnya adalah golongan darah O menyebabkan reaksi transfusi.

Maka dari itu, seseorang yang memiliki golongan darah O dapat mendonorkan darahnya ke semua golongan. Hal inilah yang membuat golongan darah O disebut sebagai golongan darah universal.

4. Memiliki dua jenis golongan

Golongan darah O dibedakan menjadi O negatif dan O positif. Selain antigen A dan B, ada juga jenis antigen ketiga yang disebut faktor Rh atau yang lebih dikenal juga dengan sistem “Rhesus”.

Bila kamu memiliki antigen ini, artinya golongan darah kamu adalah Rh+ (positif). Bila kamu tidak memiliki antigen ini, artinya golongan darahmu adalah Rh– (negatif).

Jadi, empat golongan darah utama bisa dibagi lagi menjadi 8 golongan darah, termasuk di dalamnya adalah O Rh+ (O+) dan O Rh– (O-).

5. Risiko penyakit jantung rendah, mudah terpapar penyakit lain

Berdasarkan studi yang diadakan Harvard School of Public Health, orang dengan golongan darah O memiliki risiko 23 persenlebih rendah terkena serangan jantung dibandingkan golongan darah lainnya. Namun harus diikuti dengan pola hidup sehat.

Meski lebih kebal terhadap penyakit jantung dan paparan Covid-19, namun golongan darah O lebih rentan terhadap penyakit lainnya. Menurut sebuah teori, orang dengan golongan darah O lebih rentan terhadap infeksi bakteri, seperti kolera, gondok, dan tuberkulosis. Namun, risiko ini mengikuti bagaimana pola hidup yang dijalankan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #fakta #menarik #mengenai #golongan #darah #simak #penjelasannya

KOMENTAR