Kata Ketua MPR Usai Cicipi Makanan Tradisional Berkelas Internasional di Resto Lokal: Hidupkan UMKM
Makanan tradisonal seperti sayur lodeh dan telur barendo yang ditampilkan dalam taste internasional. 
23:20
19 Agustus 2024

Kata Ketua MPR Usai Cicipi Makanan Tradisional Berkelas Internasional di Resto Lokal: Hidupkan UMKM

-  Mau mencicipi cita rasa makanan tradisional berkelas internasional?

Sepertinya Anda harus mencoba menu yang tersedia di Restoran Rumarasa Nusantara. 

Mulai dari sayur lodeh, telur barendo, hingga aneka kripik nusantara, tersedia di sini.

Bahkan tokoh sekelas Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo juga mengakui cita rasa olahan makanan di resto ini.

Satu yang disoroti Bamsoet, panggillannya adalah keterlibatan UMKM dalam bisnis restoran yang berada di Jalan Mpu Sendok, Senopati, Jakarta Selatan tersebut.

Dalam kesempatan peresmian resto tersebut belum lama ini, Bamsoet berharap adanya restoran ini ikut membantu dalam menumbuhkan industri kuliner, membuka lapangan kerja dan juga mengembangkan bisnis UMKM.

Menurutnya, UMKM adalah benteng terakhir dalam menjaga kestabilan ekonomi di tengah ketidakpastian global.

“Meskipun ekonomi kita tumbuh di atas 5 persen, kita tetap harus memperkuat pertahanan ekonomi kita melalui dukungan terhadap UMKM. Perbankan harus mengambil peran aktif dalam menyalurkan dana ke dunia usaha, terutama UMKM, daripada hanya fokus pada investasi dalam surat berharga,” tegasnya.

Karena itu ia berharap para investor jangan hanya menyimpan uangnya di bank, membeli sukuk atau surat berharga dan sebagainya.

“Uang yang ada harus diinvestasikan dalam bisnis yang membuka lapangan kerja, kalau hanya simpan di bank, bukan pahlawan namanya,” ujarnya.

"Dunia usaha harus diberdayakan untuk menumbuhkan ekonomi," tambah Bamsoet.

Tawarkan Konsep Baru

Kehadiran restoran ini juga menandai konsep baru dalam bisnis kuliner dengan menghadirkan nuansa cita rasa tradisional dipadukan dengan sajian berkelas internasional.

Istimewanya, selain menyajikan makanan asli Indonesia, restoran ini juga berkolaborasi dengan para pelaku bisnis UMKM.

Produk-produk UMKM yang berkualitas akan ditampilkan dalam show case rumah makan tersebut.

Owner Rumarasa Nusantara, Ary Zulfikar mengatakan bisnisnya memiliki konsep yang pertama menyediakan makanan tradisional yang sehat, ramah terhadap semua umur.

Selain menyediakan aneka jenis kopi dari seluruh Indonesia, kata dia, pihaknya juga menghadirkan tempat sebagai ruang bersama, untuk kongkow maupun untuk serius.

“Bisa untuk acara kantor, acara ulang tahun, reuni atau bahkan event spesial misalnya untuk wedding, jadi inilah yang menjadi konsep dari Restoran Rumarasa Nusantara,” kata Ary dalam keterangannya, Senin (18/8/2024).

Ada juga menu dessert, yang Ary klaim berjenis makanan-makanan tradisional namun disajikan berkelas internasional.

"Taste-nya tidak kalah dengan fun dining restoran bintang lima,".

Khusus untuk UMKM, Rumarasa akan menyajikan produk dengan merek kolektif Lupba, yang terdiri dari berbagai aneka makanan olahan, seperti kripik, bawang goreng, kue, kopi dan juga oleh-oleh dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kami memberikan dukungan penuh kepada para pelaku bisnis UMKM untuk bekerjasama, agar mereka juga berkesempatan untuk menjual produknya di Rumarasa Nusantara,” ujar Ary Zulfikar yang juga menjadi founder Perkumpulan Bumi Alumni, sebuah organisasi yang bergerak di bidang pemberdayaan UMKM.

Peresmian Restoran Nusantara dihadiri oleh berbagai tokoh, diantaranya adalah Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI, Mochtar Ngabalin dari KSP (Kantor Staf Presiden), Lana Soelistianingsih, Wakil Ketua LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), Didik Madiyono, Anggota Dewan Komisioner LPS, Budi Joyo Santoso dari KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha), beberapa artis senior juga hadir Christine Hakim, Marini Zumarnis, Elma Theana dan dari kalangan DPR Andreas Eddy Susetyo, Kamrussamad serta juga para undangan lainnya.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom

Tag:  #kata #ketua #usai #cicipi #makanan #tradisional #berkelas #internasional #resto #lokal #hidupkan #umkm

KOMENTAR