Manfaatkan Liburan Isra Miraj dan Imlek, 6 Kota ini menjadi Tujuan Favorit Masyarakat Menurut KAI Daop 8 Surabaya
Perjalanan kereta api./PT KAI
10:28
9 Februari 2024

Manfaatkan Liburan Isra Miraj dan Imlek, 6 Kota ini menjadi Tujuan Favorit Masyarakat Menurut KAI Daop 8 Surabaya

- Libur panjang Isra Miraj dan Perayaan Imlek dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian jauh atau liburan bersama keluarga.

Salah satu transportasi yang diminati masyarakat untuk bepergian jauh adalah menggunakan kereta api.

Dilansir dari Radar Surabaya, jumat (9/2), terlihat kepadatan penumpang terjadi di Stasiun Surabaya Gubeng, kamis (8/2).

Menurut data PT Kereta Api (KAI) Daop 8 Surabaya, okupansi tertinggi terjadi di Stasiun Surabaya Gubeng dengan 7.865 penumpang.

Menurut Data PT KAI Daop 8 juga terlihat antrian penumpang Jayakarta relasi Surabaya-Pasar Senen terlihat antri memasuki 13 kereta/gerbong yang berkapasitas 80 seat per gerbong.

Kemudian disusul KA Jayabaya pukul 14.25 relasi Malang-Pasar Senen yang transit di Stasiun Surabaya Gubeng. Juga dipenuhi ratusan penumpang.

Sedang Stasiun Surabaya Pasar Turi 5.818 penumpang, Stasiun Malang 3.646 penumpang, dan diikuti stasiun keberangkatan lain di wilayah Daop 8 Surabaya.

Untuk liburan panjang Isra Miraj dan Imlek ini, ada beberapa tujuan kota yang paling banyak dituju oleh masyarakat saat libur panjang.

“Tentu angka ini masih terus bergerak mengikuti kapasitas tiket yang masih dijual,” kata Luqman.
Penumpang didominasi tujuan Semarang, Jakarta, Jogja, Bandung, serta Jember dan Banyuwangi.

“Kereta favorit yakni KA Airlangga, KA Sancaka, KA Pasundan, KA Jayabaya, dan KA Probowangi,” imbuhnya.

Menurut sumber ada beberapa kereta api yang menjadi favorit masyarakat untuk dinaiki, yakni KA Airlangga, KA Sancaka, KA Pasundan, KA Jayabaya, dan KA Probowangi.

Dalam masa libur panjang ini Daop 8 juga menambah 4 perjalanan kereta, Yakni KA Sancaka tambahan relasi Surabaya Pasar Turi-Jogja, KA Malabar pagi relasi Malang-Bandung, KA Arjuno Ekspres relasi Malang Surabaya Gubeng, KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng-Malang.

Dalam libur panjang ini Daop 8 juga mencatat adanya peningkatan dibanding dengan rabu (7/2) pada hari Kamis (8/2).

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengimbau para calon penumpang untuk memastikan kembali jadwal perjalanan agar tidak tertinggal. “Pastikan kembali jadwal dan menyediakan cukup waktu untuk menuju stasiun agar tidak ketinggalan,” ucapnya.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #manfaatkan #liburan #isra #miraj #imlek #kota #menjadi #tujuan #favorit #masyarakat #menurut #daop #surabaya

KOMENTAR