Sayang Jika Dilewatkan! Intip 5 Tempat Liburan Menarik di Australia, Memadukan Konsep Edutainment yang Menyenangkan
Ilustrasi museum. (Pexels.com/Stacey Koenitz)
09:07
19 September 2024

Sayang Jika Dilewatkan! Intip 5 Tempat Liburan Menarik di Australia, Memadukan Konsep Edutainment yang Menyenangkan

 

Edutainment adalah metode pembelajaran yang memadukan unsur pendidikan dan hiburan yang menyenangkan, sehingga proses pembelajaran ini semakin populer sebagai tren liburan. 

Jika membahas Australia, tidak lengkap rasanya tanpa membahas masyarakat aborigin. Dikutip melalui Tourism Western Australia (18/9), mengakui masyarakat aborigin sebagai penjaga adat Australia Barat yang memberikan penghormatan kepada para tetua di masa lalu dan masa kini.

Di Australia, objek wisata banyak diperkenalkan dengan konsep edutainment, bahkan memperkenalkan masyarakat aborigin. Hal ini diharapkan agar wisatawan mendapat kesan liburan yang berkesan, para pengunjung juga diharapkan memperoleh ilmu pengetahuan dari wisata yang ditawarkan. 

Dengan kata lain, hal ini dapat menciptakan kenangan tak terlupakan bagi para wisatawan ketika berkunjung ke objek wisata. Memicu rasa ingin tahu dan menginspirasi dalam bentuk pembelajaran bagi anak-anak dan orangtua. 

Tak ayal, museum kota di Australia didesain interaktif kelas dunia. Kemudian sekolah hutan yang terletak di beberapa tempat dan alam paling menakjubkan. Sehingga, hal tersebut dapat menjadi pembelajaran terkait budaya atau kultur, sains, alam, dan masih banyak lagi.

Melalui artikel ini, kita akan membahas 5 tempat liburan menarik di Australia yang memadukan konsep edutainment yang menyenangkan.

1. Scienceworks 

Scienceworks terlatak di Spotwood, Melbourne, Australia. Menjadi salah satu wisata favorit keluarga di sana.

Scienceworks menghubungkan industri ilmiah, komunitas, teknologi terapan, dan warisan budaya Melbourne dalam satu lingkungan yang sangat menyenangkan.

Scienceworks adalah salah destinasi favorit di Melbourne bagi segala usia yang memiliki ketertarikan untuk menjelajahi pameran dan pengalaman interaktif. 

Salah satunya bagian yang tidak kalah menarik ialah pengunjung dapat mempelajari segala hal tentang ilmu aerodinamika melalui eksperimen dan bermain.

2. Dhawura Aboriginal Cultural Tour 

Terbayang untuk mengunjungi tempat yang asri? Sepoi angin yang memanjakan dan pemandangan indah di depan mata. Rasanya seperti ingin rehaban dan menyegarkan.

Jika kamu ingin berkunjung ke Australia dan mencari pengalaman tersebut, disarankan untuk tidak melewatkan kesempatan mengunjungi Gunung Majura. 

Puncak tertinggi di pinggiran kota Canberra dan rumah bagi 12 situs Aborigin yang terkenal secara budaya dan arkeologi. Tak hanya gunung, wisatawan dapat mempelajari dan berkenalan dengan situs Aborigin dan beragam satwa liar yang hidup  (termasuk beberapa spesies terancam). 

Tak hanya itu, wisatawan juga dapat mencicipi makanan hingga mempelajari penggunaan berbagai peralatan secara tradisional. 

3. Sovereign Hill 

Terletak di Ballarat, Victoria, wisatawan dapat menikmati kegembiraan kota dengan suasana emas tak kalah berkesan.

Pengunjung dapat menghabiskan 24 Jam di museum luar ruangan terbesar di Australia, memperoleh pengalaman yang akan membawa mereka ke Ladang Emas tahun 1850-an dengan menginap sehari penuh dan bermalam di lokasi. 

Pada siang hari, wisatawan dapat menjelajahi tambang bawah tanah dan mempelajari keterampilan dari masa lalu dengan pengalaman membuat manisan eksklusif yang ditawarkan.

4. Brisbane Botanic Gardens 

Terletak di kaki Gunung Coot-tha, Botanic Gardens Brisbane memiliki ekosistem yang mengesankan. Berdiri seluas lebih dari 56 hektar (138 acre), terdapat Taman Jepang hingga Kubah Tropis.

Belum lagi koleksi pohon hutan hujan asli Australia terbesar di dunia juga dapat disaksikan. Wisatawan dapat menghabiskan waktu berjam-jam menjelajahi negeri ajaib sub-tropis ini.

Jika berkunjung ke Botanic Gardens Brisbane, disarankan untuk tidak melewatkan kesempatan ke Planetarium Sir Thomas Brisbane untuk mengagumi pertunjukan kosmik yang spektakuler.

5. Sekolah Hutan 

Sekolah hutan menjadi salah satu rekomendasi selanjutnya, di mana anak-anak dapat merasakan sensasi bertualang dan bermain dengan cara yang paling menakjubkan. 

Berbagai pilihan juga bisa dinikmati, seperti anak-anak di atas 5 tahun, bisa mampir ke Birdwings Forest School di Gold Coast. Di sana, anak-anak dapat menikmati permainan sungai, kerajinan semak, kembang api, dan banyak lagi. 

Be in It yang terletak di Tasmania, juga menawarkan tak kalah seru. Di mana anak-anak yang berusia 5-11 tahun dapat bermain dengan rekan-rekan seusianya. 

   ***    

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sayang #jika #dilewatkan #intip #tempat #liburan #menarik #australia #memadukan #konsep #edutainment #yang #menyenangkan

KOMENTAR