Belum Banyak yang Tahu, Google Lens Bisa Memudahkan Anda untuk Travelling, Berikut Cara Penggunaannya
Ilustrasi seorang pria terlihat bingung saat sedang travelling. (Freepik)
13:56
14 September 2024

Belum Banyak yang Tahu, Google Lens Bisa Memudahkan Anda untuk Travelling, Berikut Cara Penggunaannya

– Jalan-jalan ke luar kota maupun luar negeri bisa menjadi hal yang amat menyenangkan sekaligus menantang. Terlebih lagi bila daerah yang kita kunjungi menggunakan bahasa daerah maupun bahasa asing.

Salah satu alat yang bisa membantu memudahkan perjalanan Anda adalah Google Lens. Aplikasi besutan Google ini sudah bisa dengan mudah diakses melalui ponsel, di mana pun dan kapan pun.

Google Lens akan membantu Anda menerjemahkan kata-kata, tanda, simbol, secara real time hanya dengan menggunakan kamera di ponsel Anda. Ini tentu akan memudahkan Anda dalam menganalisa dan memahami lingkungan sekitar daerah yang Anda kunjungi.

Google Lens pada prinsipnya beroperasi dengan sangat sederhana. Hanya dengan mengarahkan kamera Anda ke sesuatu yang ingin Anda ketahui maknanya, kemudian Google Lens akan mengidentifikasinya untuk Anda, mulai dari makna, detail, sampai ulasan.

Bayangkan bila Anda berwisata di Jerman, lalu ingin memahami tanda peringatan di tepi sungai. Dengan mengarahkan kamera Anda menggunakan Google Lens ke tanda peringatan tersebut, Anda dapat dengan cepat menerjemahkan teks untuk memastikan Anda mengetahui potensi bahaya.

Alat ini juga dapat menjadi penyelamat saat Anda memesan makanan di restoran dan ternyata buku menu menggunakan bahasa asing, Google Lens akan membantu Anda menerjemahkan menu makanan yang tepat tanpa menebak-nebak.

Sampai saat ini masih banyak orang yang belum tahu, padahal alat yang sederhana namun efektif ini dapat meningkatkan pengalaman perjalanan dan mencegah kesalahpahaman.

Sebagai informasi, Google awalnya memperkenalkan Google Lens untuk mempermudah pencarian informasi menggunakan gambar.

Seiring berjalannya waktu, kemampuannya telah berkembang secara signifikan. Awalnya, Google Lens dapat mengenali tanaman, hewan, landmark, dan objek lainnya. Saat ini Google Lens telah mengadopsi AI (Artificial Intelligence) untuk semakin mengasah jawaban dan rekomendasinya.

Melansir USA Today, Senior Product Manager Google Lens Jenny Blair mengatakan bahwa meski telah mengadopsi AI, pada umumnya Google Lens belum bisa menggantikan pemandu wisata seutuhnya.

“Pemandu wisata memiliki pengetahuan institusional tentang tempat tersebut. Pemandu wisata akan memiliki jawaban untuk hal-hal yang bahkan tidak akan terpikirkan oleh Anda untuk ditanyakan, itulah yang tidak akan dimiliki oleh Google tentang suatu tempat,” beber Jenny.

Namun, Jenny menambahkan, Google Lens akan sangat membantu para pelancong ketika mereka berjalan-jalan dan menjelajahi suatu tempat dengan sendirian.

Beberapa contoh teks, tanda, dan simbol yang bisa Anda identifikasi menggunakan kamera Google Lens adalah penanda jalan, menu restoran, transportasi publik, situs sejarah, informasi untuk turis, tempat perbelanjaan, dan lain-lain.

Bila Anda belum memiliki aplikasi Google Lens di ponsel Anda, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

- Buka Google Play Store, kemudian unduh dan install aplikasi Google Lens di ponsel Anda
- Buka aplikasi Google Lens
- Arahkan kamera pada benda, teks, simbol yang ingin Anda telusuri
- Jepret foto
- Klik “Telusuri” untuk menelusuri makna atau deskripsi mengenai sesuatu atau Klik “Terjemahkan” untuk menerjemahkan sesuatu tersebut

Editor: Edy Pramana

Tag:  #belum #banyak #yang #tahu #google #lens #bisa #memudahkan #anda #untuk #travelling #berikut #cara #penggunaannya

KOMENTAR