KPAI Pastikan Lindungi Korban Perundungan yang Libatkan Anak Vincent Rompies sebagai Pelaku
Ilustrasi penganiayaan 
19:07
20 Februari 2024

KPAI Pastikan Lindungi Korban Perundungan yang Libatkan Anak Vincent Rompies sebagai Pelaku

Kasus perundungan yang melibatkan anak anak Vincent Rompies dan siswa Bunus School Serpong, menjadi perbincangan publik.

Kasus tersebut kemudian menjadi atensi bagi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

KPAI tegas melindungi korban dari perundungan yang terjadi dalam salah satu sekolah internasional di kawasan BSD, Tangerang Selatan itu sesuai dengan Undang Undang Perlindungan Anak.

"Dalam kasus ini kan ada anak korban kekerasan, fisik, psikis kemudian ada anak berkomflik dengan hukum kita memakai uu perlindungan anak," kata Diah Puspita, Komisioner KPAI ketika ditemui Polres Tangerang Selatan, Selasa (20/2/2024).

Diharapkan melalui Undang Undang Perlindungan Anak diharapkan mampu untuk mempercepatproses kasus perundungan tersebut.

"Dalam Undang Undang Perlindungan Anak baik anak korban kekerasan fisik ataupun anak berkonflik dengan hukum dalam Pasal 59 disebutkan prosesnya harus cepat, karena anak-anak," ujar Diah.

Tidak hanya itu beberapa hal terkait pendampingan psikososial, bantuan sosial dan hukum tentu akan diberikan kepada korban perundungan.

"Keduanya juga harus ada pendampingan psikososial, ketiga itu juga harus ada bantuan sosial dan juga perlindungan hukum, sehingga baik anak korban kekerasan fisik psikis kemudian anak berkinflik dengan hukumpun demikian," ungkapnya.

Sebelumnya kabar perundungan ini ramai di akun X yang dahulunya Twitter. Kejadian ini terjadi di salah satu sekolah internasional di kawasan BSD, Tangerang sejak Minggu (18/2/2024). 

"Ada perundungan di SMA Binus International BSD. Seorang anak dipukulin sama belasan seniornya hingga masuk rumah sakit," bunyi tulisan yang diunggah akun @BosPurwa.

Kemudian pelaku diduga adalah anak dari artis Tanah Air.

"Mau kau anak artis, anak orang kaya, anak pengusaha, gw kaga takut, usut sampai tuntas pak," tulisnya.

Sejauh ini Vincent Rompies dan keluarga belum buka suara terkait dugaan anaknya terlibat dalam kasus perundungan tersebut.

Editor: Willem Jonata

Tag:  #kpai #pastikan #lindungi #korban #perundungan #yang #libatkan #anak #vincent #rompiessebagai #pelaku

KOMENTAR