Dubes India untuk ASEAN Jayant N Khobragade Gelar Pameran Seni Tunggal di Jakarta
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno membuka pameran tunggal karya Duta Besar India untuk ASEAN Jayant N Khobragade. (Istimewa)
17:28
11 September 2024

Dubes India untuk ASEAN Jayant N Khobragade Gelar Pameran Seni Tunggal di Jakarta

–Selain diplomat, Duta Besar India untuk ASEAN Jayant N Khobragade punya darah seni. Terutama seni lukis. Mulai Rabu (11/9), IndoFringe International Festival of Performing Arts dan InovArt menggelar pameran seni tunggal karya Khobragade.

Pameran bertajuk A Nature’s Symphony: Whispering Leaves, Joyful Dances, Gods of Grace tersebut digelar di Mangkuluhur ARTOTEL Suites hingga 15 September. Ini akan didukung Wonderful Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sebanyak 35 karya lukisan Khobragade yang telah dikurasi dengan cermat memberikan kesempatan langka bagi pengunjung menikmati karya seni mendalam dan memukau, mencakup tiga tema berbeda. Inisiatif kolaboratif ini bertujuan untuk tidak hanya mempromosikan pertumbuhan seni dan budaya. Tapi juga memperkuat hubungan lintas batas, khususnya antara Indonesia dan India.

”Saya merasa sangat terharu melihat warisan bersama antara India dan Indonesia serta ruang ASEAN yang lebih luas yang menghubungkan berbagai geografi dan era. Koneksi ini, di zaman kita, menginspirasi tidak hanya banyak karya tetapi juga tema baru tentang Kebaikan Sang Pencipta,’’ kata Khobragade.

Dia berharap, ini bisa memajukan dialog budaya dan meningkatkan antusiasme di dunia seni. Dengan begitu, menyatukan genre sebelumnya tentang kedekatan dengan alam dan eksistensi manusia dalam dimensi halus ini dengan tema baru dan memberikan makna baru pada karya dan eksistensinya.

Upacara pembukaan digelar Selasa (10/9) dihadiri para pejabat, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno, serta para duta besar, diplomat, pejabat pemerintah, dan pemimpin bisnis.

Sandiaga menyampaikan pentingnya pameran ini. ’’Tidak hanya memperkenalkan seni inovatif dari seorang diplomat India yang terampil kepada publik Indonesia, tetapi juga menyambut program InovArt dari IndoFringe yang berusaha membangun ekosistem berkelanjutan dan kolaboratif untuk bakat-bakat baru di bidang seni rupa di seluruh Indonesia,’’ tutur Sandiaga.

Sandiaga menyebut bahwa inisiatif ini bisa memberdayakan komunitas lokal dengan membangun pusat-pusat ekonomi kreatif yang menciptakan lapangan kerja dan distribusi kekayaan yang merata. ”Saya sangat percaya bahwa masyarakat harus diberikan keterampilan dan kesempatan untuk membangun pusat ekonomi kreatif di sekitar tempat tinggal mereka. Program-program semacam ini akan sangat bermanfaat dalam memberdayakan generasi muda Indonesia untuk memilih ekonomi kreatif sebagai profesi dan karir, dan bukan hanya sekadar hobi,” tambah Sandiaga.

Peluncuran pameran akan menampilkan pengungkapan salah satu lukisan kunci, bersama dengan pengumuman lelang amal online untuk sebuah karya istimewa oleh Duta Besar Khobragade. Lelang ini, yang akan berlangsung hingga 1 Oktober, akan mendukung beasiswa U-GO INOTEK yang membantu pendidikan tinggi bagi wanita muda Indonesia yang berusaha memberikan dampak berarti di komunitas mereka.

Sachin V. Gopalan, Ketua IndoFringe, menekankan pentingnya acara ini. ”Misi IndoFringe adalah membangun ekosistem berkelanjutan untuk semua bentuk seni pertunjukan dan visual di seluruh Indonesia. InovArt adalah inisiatif utama yang membina seniman-seniman paling berbakat dan inovatif, yang mengarah pada kolaborasi internasional dan evolusi artistik,’’ jelas Sachin V. Gopalan.

Tahun ini, program sekolah InovArt akan menyatukan ribuan seniman pelajar dari 500 sekolah di 20 kota untuk memecahkan rekor dunia dalam seni kolaboratif.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #dubes #india #untuk #asean #jayant #khobragade #gelar #pameran #seni #tunggal #jakarta

KOMENTAR