Microsoft Putuskan Lepas Aplikasi Teams dari Lini Office 365 Untuk Seluruh Pengguna, Alasan ini Jadi Faktor Penyebabnya
Microsoft Teams akan Menjadi Layanan Terpisah dari Office 365 dan Microsoft 365 Mulai April 2024 ini. /Sumber : Microsoft
18:40
2 April 2024

Microsoft Putuskan Lepas Aplikasi Teams dari Lini Office 365 Untuk Seluruh Pengguna, Alasan ini Jadi Faktor Penyebabnya

 

Raksasa teknologi dunia yakni Microsoft belum lama ini merilis kabar terkait salah satu layanan obrolan kerja mereka yakni Teams.

Perusahaan tersebut berencana untuk menyediakan layanan berbayar terpisah bagi aplikasi Teams yang sebelumnya tergabung dalam layanan Office 365 mereka.

Dilansir dari Reuters, Microsoft secara resmi memberikan kabar tersebut pada Senin (1/4) melalui salah satu juru bicaranya.

“Setelah 6 bulan lalu kami memutuskan untuk melepas aplikasi tersebut dari Microsoft 365 dan Office 365 di Eropa, kami berencana melakukan hal tersebut secara global,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan laman blog resmi Microsoft, harga berlangganan beberapa program yang sebelumnya menggunakan aplikasi tersebut diketahui mengalami perubahan.

Untuk pengguna Microsoft Suites diluar wilayah Area Ekonomi Eropa (EEA) dan Swiss yang sebelumnya telah membeli layanan langganan akan diberikan opsi untuk memperbarui, meningkatkan dan terus menggunakan produk tersebut.

Sementara itu untuk pengguna yang baru akan membeli layanan tersebut, mereka harus berlangganan aplikasi Microsoft Teams Enterprise secara terpisah.

Aplikasi tersebut dibanderol dengan harga USD 5.25 atau sekitar Rp 83 ribu per bulan bila dihitung dengan menggunakan kurs senilai Rp 15.909.

Kena Teguran Komisi Eropa

Dikutip dari The Verge, Pada Agustus 2023 lalu perusahaan teknologi milik Bill Gates itu sempat diinvestigasi oleh komisi Eropa

Mereka mengatakan bahwa penjualan paket bundling yang dilakukan Microsoft melanggar kode etik perdagangan di wilayah mereka.

Pada 2020 lalu Komisi Eropa mendapat aduan dari salah satu kompetitor aplikasi Teams yakni Slack yang menyebut bahwa Microsoft melakukan persaingan tidak sehat selama pandemi Covid 19.

Slack menyebut bahwa Microsoft sengaja membuat Teams tertaut dengan Office agar mendapatkan banyak pengguna dengan lebih cepat.

Atas tindakan tersebut, akhirnya Microsoft harus menjual aplikasi Teams mereka terpisah dengan layanan Office 365 maupun Microsoft 365 untuk pasar Eropa dan Swiss.

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #microsoft #putuskan #lepas #aplikasi #teams #dari #lini #office #untuk #seluruh #pengguna #alasan #jadi #faktor #penyebabnya

KOMENTAR