Jangan Salah Kaprah dengan Memasukkan Oli ke Lubang Knalpot, Ini Cara Ampuh Menghilangkan Karat di Knalpot Motor
Ilustrasi knalpot. (Yamaha Deta Group)
09:08
9 September 2024

Jangan Salah Kaprah dengan Memasukkan Oli ke Lubang Knalpot, Ini Cara Ampuh Menghilangkan Karat di Knalpot Motor

 

– Mitos memasukkan oli ke lubang knalpot motor dapat mencegah karat memang sudah berkembang cukup lama. Nggak sedikit masyarakat yang melakoni hal tersebut, dengan harapan knalpot motor mereka dapat awet dan terbebas dari karat.

Padahal, cara tersebut tidak tepat. Alih-alih mencegah atau menghilangkan karat, memasukkan oli ke dalam knalpot justru dapat menambah oksidasi di bagian dalam knalpot.

Endapan oli bisa berubah jadi kerak yang dalam waktu lama bisa mengganggu performa karena proses pembuangan jadi tidak lancar.

Supaya nggak salah kaprah, banyak cara lainnya yang sebenarnya lebih tepat. Dilansir dari Yamaha Deta Group, berikut beberapa cara menghilangkan karat pada knalpot motor.

Menggunakan Soda

Minuman bersoda yang mengandung karbondioksida dapat membantu menghilangkan karat pada leher knalpot. Untuk menggunakannya, tuangkan minuman bersoda langsung ke area yang berkarat dan tunggu selama 15 menit. Bersihkan dengan air dan sikat karat jika perlu. 

Jika belum ada reaksi, tuangkan kembali minumannya dan tunggu. Bilas dengan air dan lap menggunakan kain kering hingga permukaan knalpot tidak basah. Cara ini mudah digunakan dan tidak akan menimbulkan karat lagi.

Menggunakan Pasta Gigi

Selain dapat memutihkan gigi, pasta gigi dapat menghilangkan karat pada benda berbahan stainless steel. Bentuknya yang seperti pasta membuatnya lebih mudah digunakan dibandingkan minuman bersoda. 

Oleskan pasta gigi langsung pada bagian yang berkarat, tunggu 10 menit, gunakan sikat gigi untuk menghilangkan karat, lalu bersihkan permukaannya. Gunakan pasta gigi bila jumlah karat sedikit untuk mencegah penyebaran.

Stempet atau Gemuk

Oli gemuk atau stempet merupakan solusi serbaguna untuk menghilangkan karat pada knalpot dan sering digunakan untuk melumasi bagian-bagian motor seperti komstir. Bahan ini juga dapat mengangkat kerak yang membandel pada beberapa bagian motor. 

Untuk menggunakannya, panaskan kendaraan terlebih dahulu, oleskan oli gemuk pada knalpot yang panas, dan diamkan hingga karat dan oli meleleh.

Oli Bekas

Menggunakan oli bekas juga dapat membantu membersihkan karat. Simpan sedikit oli di rumah dan oleskan pada knalpot. Cara ini hampir sama dengan menggunakan minyak oles, namun dengan cara yang sedikit berbeda.

Bensin

Bahan bakar dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada knalpot kendaraan dengan cara disemprotkan, didiamkan beberapa menit, kemudian dibiarkan rontok dengan sendirinya.

Untuk karat yang membandel, bisa digunakan sikat kawat kecil untuk menggosok knalpot hingga karatnya hilang.

Krim Khusus Pembersih Karat

Untuk menghilangkan karat pada knalpot, bersihkan, ampelas hingga bersih, tuangkan air, keringkan, oleskan krim penghilang karat, siram dengan bensin.

Dan jika karat sudah hilang, ulangi pengaplikasian dan bilas dengan bensin. Pasang kembali knalpot dan ulangi prosesnya. Metode ini dapat dengan mudah dilakukan di rumah.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #jangan #salah #kaprah #dengan #memasukkan #lubang #knalpot #cara #ampuh #menghilangkan #karat #knalpot #motor

KOMENTAR