Kemenangan Telak Timnas Indonesia U-19 Bikin Thailand dan Vietnam Gemetar, Media Asing: Buah Naturalisasi?
Penyerang Timnas Indonesia U-20, Jens Raven. (pssi.org)
13:54
18 Juli 2024

Kemenangan Telak Timnas Indonesia U-19 Bikin Thailand dan Vietnam Gemetar, Media Asing: Buah Naturalisasi?

Kemenangan besar 6-0 Timnas Indonesia U-19 atas Filipina di pertandingan pertama grup A Piala AFF U-19 2024 jadi sorotan media negeri tetangga.

Salah satu media Vietnam Soha seperti dilansir, Kamis (18/7/2024), menuliskan bahwa kemenangan telak itu membuat gemetar timnas mereka dan Thailand.

"Kemenangan Indonesia ini membuat Thailand dan Vietnam ketakutan," ulas media Vietnam tersebut.

Dalam ulasannya, media Vietnam itu menyoroti soal kuatnya Timnas Indonesia pasca melakukan program naturalisasi secara besar-besaran.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-19 Pesta Gol, Iqbal Gwijangge Dapat Pujian Setinggi Langit dari Media Asing

"Sekarang sepak bola mereka juga sedang mempertimbangkan untuk melakukan naturalisasi bahkan di level yang jauh lebih muda," tulis media Vietnam itu.

Arlyansyah Abdulmanan (nomor punggung 20), menjadi pemain terbaik di laga timnas Indonesia U-19 vs Filipina dalam Piala AFF U-19 2024. (Dok. PSSI)Arlyansyah Abdulmanan (nomor punggung 20), menjadi pemain terbaik di laga timnas Indonesia U-19 vs Filipina dalam Piala AFF U-19 2024. (Dok. PSSI)

"Salah satu pemain yang mencetak gol untuk Indonesia ialah Jens Raven, pemain keturunan Belanda-Indonesia yang baru dinaturalisasi,"

Menurut media Vietnam itu, keberadaan Jens Raven di skuat besutan Indra Sjafri tentu saja jadi kekuatan tersendiri. Raven disebut bakal membuat skuat Garuda Muda jadi lebih berkualitas.

"Program naturalisasi yang relatif stablil saat ini membuat Federasi Indonesia berencana melakukan naturalisasi talenta muda dan prosedurnya lebih mudah dibandingkan pemain tua,"

Sepak bola Indonesia disebut akan terus mengalami kemanjuan cukup signifikan dengan program naturalisasi yang tepat.

Baca Juga: Siapa DLeanu Arts? Pemain Keturunan Hampir Trial di Timnas Indonesia U-20, Sekarang TC Bareng Calvin Verdonk

Apalagi kata media Vietnam itu, Thailand yang berstatus juara ASEAN dalam beberapa tahun ke belakang mengalmai penurunan.

"Belakangan ini, masalah finansial di sepak bola Thailand membuat mereka masuk ke masa kegelapan. Pada periode yang sama, sepak bola Vietnam juga mulai terpuruk. Di level junior hingga senior, Vietnam alami hasil buruk,"

Sementara itu, media Vietnam lainnya menyoroti soal penampilan bek Timnas Indonesia U-19 Iqbal Gwijangge yang mencetak dua gol ke gawang Filipina.

Striker Timnas Indonesia U-19, Jens Raven mencetak gol perdananya untuk Garuda Nusantara saat membobol gawang Filipina dalam matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/7/2024) malam WIB. [Dok. Timnas Indonesia]Striker Timnas Indonesia U-19, Jens Raven mencetak gol perdananya untuk Garuda Nusantara saat membobol gawang Filipina dalam matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/7/2024) malam WIB. [Dok. Timnas Indonesia]

Salah satu media Vietnam Bongda dalam ulasannya menyebut kemenangan meyakinkan Timnas Indonesia U-19 bisa jadi mimpi buruk bagi skuat tim nasional mereka.

"Hasil Indonesia U-19 6-0 Filipina U-19: Mimpi buruk Vietnam bersinar," ulas media Vietnam itu seperti dilansir, Rabu (18/7/2024).

Dalam ulasannya, media Vietnam itu kemudian menyoroti perfomance Iqbal Gwijangge yang mencetak brace alias dua gol ke gawang Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Menurut media Vietnam itu, sosok Iqbal ialah mimpi buruk bagi Vietnam dua tahun lalu.

"Bicara soal Iqbal Gwijangge, dia adalah pemain yang tidak bisa dilupakan oleh Cong Phuong, Long Vu, Dinh Hai, Trong Tuan, Quang Kiet di skuad Vietnam U-19, dua tahun lalu. Pemain itu membawa Indonesia ke final,"

"Iqbal Gwijangge menjadi pemain terbaik di turnamen itu. Sebagai bek tengah, Iqbal memiliki penampilan yang konsisten dan pergerakan yang natural," ungkap Bongda.

Iqbal Gwijangge mencetak dua gol atau brace di babak pertama pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Filipina pada grup A Piala AFF U-19 2024, Rabu (17/7/2024) malam di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur.

Gol pertama Iqbal dicetaknya lewat sundulan. Gol ini berawal dari pergerakan Mufli yang mengelabui pemain Filipina. Umpan crossing Mufli disambar Iqbal Gwijangge dengan sundulan.

Sementara gol keduanya dicetak pada menit ke-42. Gol ini karena penempatan posisi Iqbal yang tepat. Iqbal menyambar bola di mulut gawang hasil sundulan Buffon dari skema umpan silang dari sisi kiri lapangan.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #kemenangan #telak #timnas #indonesia #bikin #thailand #vietnam #gemetar #media #asing #buah #naturalisasi

KOMENTAR