Siapa DLeanu Arts? Pemain Keturunan Hampir Trial di Timnas Indonesia U-20, Sekarang TC Bareng Calvin Verdonk
D'Leanu Arts, junior Calvin Verdonk yang TC bareng tim senior NEC Nijmegen. (Instagram/@dleanuartss)
13:42
18 Juli 2024

Siapa DLeanu Arts? Pemain Keturunan Hampir Trial di Timnas Indonesia U-20, Sekarang TC Bareng Calvin Verdonk

Klub kasta tertinggi Liga Belanda atau Eredivisie, NEC Nijmegen mengadakan pramusim di Austria. Ada dua pemain keturunan Indonesia yang ikut serta, mereka adalah Calvin Verdonk dan DLeanu Arts.

Sebagaimana diketahui, Calvin Verdonk sudah menjadi WNI dan debut bersama timnas Indonesia. Sedangkan D'Leanu Arts merupakan pemain muda yang hampir trial bersama timnas Indonesia U-20.

Pasalnya DLeanu Arts sempat bertemu dengan Indra Sjafri. Ia pun dikabarkan bakal gabung ke timnas Indonesia U-20 yang saat itu bersiap mengikuti turnamen Toulon 2024.

Indra Sjafri sendiri menggunakan ajang tersebut sebagai trial untuk para pemain keturunan. Sayang DLeanu Arts batal untuk gabung, sehingga ia tidak direkomendasikan untuk diproses naturalisasi.

Baca Juga: Momen Calvin Verdonk Main Bareng Pemain Naturalisasi yang Dilupakan STY di Timnas Belanda Kelompok Umur

Padahal pemain muda NEC Nijmegen ini terbuka jika mendapatkan panggilan untuk membela timnas Indonesia.

"Saya pikir tentunya bakal terbuka untuk itu (bela timnas Indonesia). Menurut saya sangat senang bisa bermain untuk timnas Indonesia. Mereka negara besar dengan suporter besar, jadi saya tidak akan menolak tawaran itu," ucap D'Leanu Arts dalam wawancara di YouTube Yussa Nugraha.

Kini setelah batal ikut trial bersama Garuda Nusantara. DLeanu Arts masuk ke tim senior untuk TC di Austria bareng Calvin Verdonk.

Calvin Verdonk dan pemain keturunan D'Leanu Arts. (Kolase Instagram/@dleanuartss dan Dok PSSI).Calvin Verdonk dan pemain keturunan D'Leanu Arts. (Kolase Instagram/@dleanuartss dan Dok PSSI).

Lantas siapa sosok DLeanu Arts yang merupakan pemain keturunan Indonesia, kini bisa tembus TC bareng tim senior NEC Nijmegen?

Profil D'Leanu Arts

Baca Juga: Momen Calvin Verdonk Jadi Satu-satunya Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Rasakan Assist Robin van Persie

DLeanu Arts merupakan pemain yang lahir di Belanda pada 27 Mei 2003. Usianya kini sudah 21 tahun.

Kariernya dimulai saat ia menimba ilmu sepak bola di akademi Blauw Geel pada 2010. Setelah itu, ia ditarik ke akademi PSV Eindhoven.

Saat di akademi PSV, D'Leanu satu tim dengan sejumlah pemain seperti Kenneth Paal yang saat ini bermain di klub Liga Inggris, QPR, serta striker Rangers FC, Sam Lammers.

Dari akademi PSV di 2010, D'Leanu baru promosi ke tim U-17 PSV pada 2019. Kariernya di PSV terus naik hingga tembus ke tim U-21 PSV pada 2022.

Pada 2023, pemain yang berposisi di fullback kanan ini dilepas PSV ke NEC Nijmegen. Ia pun berkembang di klub Calvin Verdonk tersebut.

Nyatanya D'Leanu Arts sudah mencatatkkan laga debut bersama NEC Nijmegen ketika melawan Almere City pada 22 Oktober 2023 lalu.

Adapun darah Indonesia D'Leanu Arts ini berasal dari Maluku. Artinya ia bisa diproses naturalisasi andai Shin Tae-yong meliriknya.

Biodata singkat D'Leanu Arts

Nama: D'Leanu Arts

Tanggal Lahir: 27 Mei 2003

Posisi: Bek kanan, bek tenggah

Klub:

  • NEC Nijmegen (2023-sekarang)
  • PSV Eindhoven (2010-2022)
  • Blauw Geel (2010)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #siapa #dleanu #arts #pemain #keturunan #hampir #trial #timnas #indonesia #sekarang #bareng #calvin #verdonk

KOMENTAR