Kemenag Konsolidasikan Bantuan untuk Pengungsi Korban Kebakaran Manggarai
Warga korban kebakaran di Manggarai, Jakarta Selatan mengungsi ke gedung SDN Manggarai 05, Jakarta Selatan, Selasa(13/8/2024). 
00:33
18 Agustus 2024

Kemenag Konsolidasikan Bantuan untuk Pengungsi Korban Kebakaran Manggarai

- Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama mengkonsolidasikan bantuan kepada para pengungsi korban kebakaran Manggarai, di Posko Forum Zakat DKI Jakarta, Sabtu (17/8/2024). 

Kunjungan dan konsolidasi ini merupakan bagian dari kegiatan Kolaborasi Aksi Kebakaran Manggarai antara Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI, BAZNAS RI, BAZNAS BAZIS Jakarta, Lembaga Amil Zakat dan Forum Zakat (FOZ).

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Dr Waryono Abdul Ghafur mengatakan program ini merupakan implementasi koordinasi sebelumnya terkait tanggap darurat kebakaran di Manggarai.

Bantuan yang diberikan mencakup seluruh kebutuhan, dari kebutuhan pokok, alat sholat, hingga mushola. 

Bantuan tersebut bersumber dari dana zakat, infaq, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya.

“Bantuannya ada sembako, alat salat, hingga ada mushola juga kita siapkan. Semua bantuan bersumber dari zakat, infaq, sedekah, dan dana soal keagamaan yang lain,” kata Waryono melalui keterangan tertulis, Sabtu (17/8/2024).

Waryono menilai, dengan kolaborasi ini, kita bisa secara tepat mengidentifikasi kebutuhan para pengungsi.

“Insha Allah kalau gotong royong, seberat apapun masalah, kita junjung bersama semua bisa menjadi lebih ringan,” kata Waryono.

Ia kemudian menegaskan, kemungkinan proses pemulihan para korban, baik secara mental dan fisik, mungkin akan memakan waktu yang lama.

Dirinya menyarankan kepada semua pihak yang terlibat di dalam kolaborasi aksi ini, bisa membuat program jangka pendek dan jangka panjang untuk mempermudah membantu pemulihan para pengungsi

Kemudian, Ia meninjau berbagai kegiatan di lokasi pengungsian, seperti trauma healing dan dapur umum temporer. 

Selain itu, Ia juga melihat  langsung bagaimana program zakat berjalan tepat sasaran di bencana musibah.

Waryono berharap momen ini sekaligus bisa menjadi simbol kebersamaan di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79.

“Kita harus bersatu bersama-bersama demi para korban. Semoga ini bisa menjadi momentum di Hari Kemerdekaan Indonesia," kata Waryono.

Ketua Umum Forum Zakat (FOZ) Wildhan Dewayana, juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang terlibat dan tidak mengenal lelah, terutama kepada Kemenag RI yang terus mengawal kolaborasi kemanusiaan ini.

“Ini bukti dengan kebersamaan kita bisa berbuat lebih banyak bagi masyarakat.” ucap Wildhan.

Hingga saat ini, total telah ada sebanyak 36 lembaga terdiri dari BAZNAS, LAZ dan UPZ.

Bantuan yang disalurkan dalam rangka kolaborasi antara Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI, BAZNAS dan FOZ, sudah mencapai 280 juta rupiah. 

Sebanyak 194 relawan juga terlibat dan ada juga bantuan sebanyak 75 kendaraan operasional yang siap siaga untuk mobilitas kebutuhan para pengungsi dan relawan.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #kemenag #konsolidasikan #bantuan #untuk #pengungsi #korban #kebakaran #manggarai

KOMENTAR