Ali Fikri Ditarik Kejagung karena Berani Kritik Pimpinan KPK? Marwata Bilang Ini
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (Suara.com/Dea)
15:08
12 Agustus 2024

Ali Fikri Ditarik Kejagung karena Berani Kritik Pimpinan KPK? Marwata Bilang Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah dugaan bahwa dikembalikannya Plt Kepala Pemberitaan KPK Ali Fikri ke Kejaksaan Agung (Kejagung) disebabkan sikapnya yang pernah mengkritik pimpinan lembaga antirasuah.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjelaskan bahwa penarikan 10 jaksa dari KPK merupakan kewenangan Kejagung.

"Tanya Kejagung karena surat penarikan dari sana dan sudah dikoordinasikan dengan Sekjen KPK. Menurut saya, tidak ada persoalan," kata Alex kepada wartawan, Senin (12/8/2024).

Pada kesempatan berbeda, Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika menjelaskan bahwa penariksan jaksa dari KPK oleh Kejaksaan Agung merupakan hal yang wajar. Sebab, 10 jaksa yang ditarik telah menyelesaikan masa tugasnya di KPK selama 10 tahun.

Baca Juga: MAKI Soroti Ditariknya Ali Fikri Kembali Ke Kejagung Usai 10 Tahun Di KPK: Dia Berani Kritik Pimpinan

"Penyegaran, mayoritas sudah lebih dari 10 tahun," ujar Tessa.

Sebelumnya, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mendengar bahwa Plt Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menjadi salah satu dari 10 jaksa yang ditarik oleh Kejaksaan Agung.

Boyamin menilai ditariknya Ali Fikri dari KPK bukan hanya disebabkan oleh masa tugasnya yang sudah mencapai 10 tahun di lembaga antirasuah.

"Meskipun ada alasan yang ditarik atau dipulangkan itu ya sudah waktunya, misalnya, tapi khusus untuk Ali Fikri, saya melihatnya karena dia berani mengkritik," kata Boyamin kepada wartawan, Senin (12/8/2024).

"Sampai dicopot jubir kemudian dipulangkan. Kalau itu, iya lah. Kalau yang lain-lain, nggak. Khusus Ali Fikri ada catatan itu," tambah dia.

Baca Juga: Ini Profil Tessa Mahardhika Jubir Baru KPK Pengganti Ali Fikri, Berapa Total Kekayaannya?

Boyamin menyebut jaksa-jaksa yang sudah bertugas lebih dari 10 tahun memang seharusnya ditarik Kejagung. Pasalnya, dia menjelaskan jaksa-jaksa tersebut tidak memiliki jenjang karier jika terus bekerja di KPK.

"Kalau kelamaan di KPK, mereka nggak punya karier," tandas Boyamin.

Sekadar informasi, Ali Fikri sempat menyampaikan kritik dengan menyebut Pimpinan KPK melakukan evaluasi diri. Hal itu dikatakan Ali usai Dewan Pengawas (Dewas) KPK menyampaikan kondisi KPK dalam rapat dengan Komisi III DPR RI.

"Saya kira kritik dari (Dewas KPK) Pak Tumpak sangat bagus untuk menjadi bahan evaluasi KPK saat ini, termasuk pimpinan KPK saat ini harus melakukan evaluasi diri," kata Ali.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #fikri #ditarik #kejagung #karena #berani #kritik #pimpinan #marwata #bilang

KOMENTAR