Yakin Anies Pasti Menang di Jakarta, PKS: Siapa Bisa Kalahkan Elektabilitasnya?
Anies Baswedan saat ditemui awak media di kawasan Jatiwaringin, Bekasi. (Suara.com/Fakhri)
00:20
3 Agustus 2024

Yakin Anies Pasti Menang di Jakarta, PKS: Siapa Bisa Kalahkan Elektabilitasnya?

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta, Abdul Aziz, meyakini Anies Baswedan bakal memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta. Sebab, ia menilai belum ada kandidat kuat yang bisa menyaingi elektabilitas Anies selaku petahana.

Berdasarkan hasil jajak pendapat berbagai lembaga survei, eks Gubernur DKI itu kerap menempati posisi pertama. Pesaing terdekatnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Ridwan Kamil memiliki selisih yang cukup jauh.

"Kita partai-partai melihat bahwa elektabilitas ya, siapa yang bisa lawan Anies secara elektabilitas? Saya kira belum ada yang bisa sebanding dengan beliau," ujar Aziz kepada, Jumat (2/8/2024).

Merespons rencana pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus alias KIM ditambah partai lain di luar koalisi dalam menghadapi Pilkada DKI, Aziz justru mengajak semua partai politik (parpol) untuk mendukung Anies.

Baca Juga: Tolak Bahas Pilkada, Anies Baswedan: Persoalan Warga Jakarta Lebih Penting!

"Jadi kami mengajak nih semua partai, udah deh gabung saja sama koalisi kita biar pak Anies-Sohibul Iman bisa manggung bersama di Jakarta," tutur Aziz.

"Kita sama-sama kelola Jakarta dengan baik ke depan, begitu kan," lanjutnya.

PKS resmi mengusung Anies Baswedan dan Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta 2024. [Dok. PKS]PKS resmi mengusung Anies Baswedan dan Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta 2024. [Dok. PKS]

Aziz mengatakan, sampai saat ini penentuan nama Calon Gubernur (Cagub) di Jakarta masih dinamis sampai masuk waktu pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) 27-29 Agustus mendatang. Masih terbuka bagi parpol anggota KIM untuk mendukung Anies.

"Kita kan belum tahu pertama ya koalisi gemuk (KIM Plus) ini siapa yang dicalonkan. Jangan berasumsi dulu 'oh nanti kita akan melawan pak Anies', belum tentu. Bisa jadi koalisi gemuk ini kan mendukung pak Anies ya," jelasnya.

Lagipula, kata Aziz, dengan semua partai mendukung Anies, maka roda pemerintahan di Jakarta akan lebih mudah dijalankan nantinya.

Baca Juga: Anies Baswedan Buka Peluang Duet dengan Jusuf Hamka di Pilkada DKI

"Mudah-mudahan pak Anies ini dengan segala kekurangan dan kelebihannya bisa didukung oleh semua partai ya. Jadi nggak perlu ada perpecahan atau apa ya. kalau semua partai dukung kan selesai sudah," pungkasnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #yakin #anies #pasti #menang #jakarta #siapa #bisa #kalahkan #elektabilitasnya

KOMENTAR