Heru Budi Ungkap Kemungkinan Jokowi Terbitkan Keppres Perpindahan Ibu Kota, Ini Tanggalnya
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak ]
17:56
30 Juli 2024

Heru Budi Ungkap Kemungkinan Jokowi Terbitkan Keppres Perpindahan Ibu Kota, Ini Tanggalnya

Presiden Joko Widodo alias Jokowi disebut bakal menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan Ibu Kota, dari Jakarta ke Nusantara pada 17 Agustus 2024, atau setelah upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI.

Kemungkinan itu disampaikan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Meski demikian, Heru mengatakan upacara HUT RI bisa tetap dilaksanakan di IKN tanpa adanya Keppres perpindahan Ibu Kota.

"Ya mungkin saja (Keppres terbit setelah 17 Agustus)," ujar Heru di Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Baca Juga: Tanpa Rel, Trem Canggih Asal China Siap Meluncur di IKN Agustus Ini

Heru juga mengaku saat ini dirinya tengah sibuk mempersiapkan upacara HUT Republik Indonesia. Apalagi, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta itu menyebut upacara HUT secara nasional akan digelar di dua tempat, yakni di Nusantara dan Jakarta.

Gambar dari udara ini menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia yang baru (tengah) di calon ibu kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (11/7/2024). [STRINGER / AFP]Gambar dari udara ini menunjukkan Istana Kepresidenan Indonesia yang baru (tengah) di calon ibu kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (11/7/2024). [STRINGER / AFP]

"Saya fokus mengurusi konsentrasi untuk suksesnya penyelenggaran 17an di IKN, dua ya di IKN Jakarta," ucap PJ Gubernur Jakarta ini.

Status Jakarta sendiri saat ini masih sebagai ibu kota Indonesia meski Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) sudah resmi ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 25 April 2024 lalu.

Pemindahan ibu kota ke Nusantara baru resmi dilakukan setelah ada Keputusan Presiden (Keppres) dari Jokowi.

Baca Juga: Momen Menteri Basuki Tes Air Minum IKN: Buka Keran, Tuang, Langsung Diminum

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #heru #budi #ungkap #kemungkinan #jokowi #terbitkan #keppres #perpindahan #kota #tanggalnya

KOMENTAR