Cerita Mahfud MD Dibocori Jadi Cawapres Jokowi 2019 oleh Sosok Ini: Saya Disuruh Berdoa
Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menunjukan pakta integritas saat acara PAKU Integritas di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
23:28
18 Januari 2024

Cerita Mahfud MD Dibocori Jadi Cawapres Jokowi 2019 oleh Sosok Ini: Saya Disuruh Berdoa

Menkopolhukam, Mahfud MD maju sebagai cawapres mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang.

Pengumuman Mahfud cawapres Ganjar disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, 18 Oktober 2023 silam.

Jalan politik Mahfud MD hingga akhirnya resmi jadi bakal cawapres amat berliku. Ia selalu nyaris dipilih jadi cawapres pendamping Joko Widodo (Jokowi) sejak Pilpres 2014 dan 2019 silam.

Meski demikian, ada cerita menarik saat pria kelahiran Kabupaten Sampang, Madura itu nyaris mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019 silam.

Usut punya usut, Mahfud MD ternyata sudah mendapatkan bocoran bahwa dirinya sudah dipersiapkan menjadi pendamping Jokowi saat itu.

"Buya Syafii waktu itu sudah telpon saya, saya disuruh berdoa dan siap-siap karena Buya sudah berbicara dengan Megawati dan Jokowi, dan saya sudah disiapkan jadi calon wakil presiden," kata Mahfud MD dalam perbincangan di Yogyakarta, 15 November 2019 silam.

Fakta Masjid Ibu Anies Baswedan di Sorong, Dibangun di Atas Darah Pejuang Palestina

Soal Kabid Disdik Medan Arahkan Pilih Prabowo, Jubir Darat Timnas AMIN: Bawaslu Harus Panggil Andy dan Bobby Nasution

Hanya saja, nama Mahfud MD yang dikabarkan segera diumumkan sebagai cawapres Jokowi saat itu kemudian berubah.

Meski demikian, mantan Ketua MK itu tidak mempersoalkan hal itu. Apalagi Jokowi ketika itu juga sudah mengakui ada dinamika politik.

"Saya segera jumpa pers supaya kondisi bangsa tidak gaduh hanya karena persoalan itu, di dalam politik biasa kondisi berubah," tambah dia.

Saat ditunjuk menjadi Menkopolhukam pun ia tidak menyangka. Sebab, waktu itu Buya Syafii sudah membocorkan dan mengusulkan Mahfud menjadi Menteri Agama.

Ada pula informasi yang menyatakan dia akan menjadi jaksa agung. Ia menilai kondisi kabinet Jokowi saat ini sangat kompak dan kondusif. Sidang kabinet berjalan dengan baik dan tidak ada kubu.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #cerita #mahfud #dibocori #jadi #cawapres #jokowi #2019 #oleh #sosok #saya #disuruh #berdoa

KOMENTAR