Ngaku Sibuk Kebut Gelar S3, Hasto PDIP Tetap Janji Bakal Kooperatif ke KPK
Ngaku Sibuk Kebut Gelar S3, Hasto PDIP Tetap Janji Bakal Kooperatif ke KPK. [Suara.com/Alfian Winanto]
20:20
30 Juni 2024

Ngaku Sibuk Kebut Gelar S3, Hasto PDIP Tetap Janji Bakal Kooperatif ke KPK

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku siap kooperatif jika dirinya kembali dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus Harun Masiku

"Ya siap (kooperatif ke KPK)," kata Hasto ditemui di GBK, Jakarta, Minggu (30/6/2024). 

Kendati begitu, ia mengatakan, untuk di Juli mendatang dirinya masih akan fokus dulu menuntaskan program doktoral keduanya. 

"Moga-moga karena nanti saya direncanakan tanggal 4 Juli, itu ada ujian program doktoral saya yang kedua, Kemudian baru masuk ujian tertutup, baru promosi terbuka nantinya," ungkapnya. 

Baca Juga: Ngeluh Prestasinya Tak jadi Bahan Pertimbangan di Sidang Tuntutan, Balasan Jaksa KPK ke SYL Makjleb!

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Suara.com/Bagaskara)Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Suara.com/Bagaskara)

Ia berharap di Agustus nanti siap memenuhi panggilan KPK sebagai tanda taat terhadap proses hukum. Hasto mengaku akan menyempatkan waktu. 

"Moga-moga bisa bulan Agustus. Sehingga di sela-sela itu tentu saja saya siap ya untuk menghadiri," pungkasnya.

Perlawanan Baik Hasto ke KPK

KPK diketahui masih berusaha untuk menangkap Harun Masiku yang kini sudah empat tahun buron pasca ditetapkan sebagai tersangka kasus suap kepada eks Komisioner Wahyu Setiawan tekrait pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR. 

KPK sebelumnya sempat memeriksa Hasto PDIP sebagai saksi terkait kasus Harun Masiku. Dalam pemeriksaan, penyidik KPK turut menyita dokumen dan ponsel milik Hasto yang ketika itu dipegang oleh stafnya, Kusnadi.

Baca Juga: Jaksa KPK Tantang Kubu SYL Laporkan soal Aliran Uang ke Green House Milik Bos Parpol: Jangan jadi Bola Liar!

Buntut dari penyitaan itu, kubu Hasto PDIP melaporkan penyidik KPK AKBP Rossa Purbo Bekti ke Dewas KPK. Selain itu, staf Hasto, Kusnadi juga melapor ke Komnas HAM perihal tindakan yang dialaminya saat mendampingi pemeriksaan Hasto di KPK. 

Namun, KPK mengklaim tindakan penyitaan penyidik terhadap barang pribadi Hasto itu sudah sesuai prosedur. Penyitaan itu disebut sebagai tindakan penyidik KPK untuk menangkap Harun Masiku yang sudah empat tahun buron. 

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #ngaku #sibuk #kebut #gelar #hasto #pdip #tetap #janji #bakal #kooperatif

KOMENTAR