Adu Pendidikan Hendrar Prihadi vs Ahmad Luthfi, Adu Kuat Gelar Akademis, Siapa Unggul Maju Pilgub Jateng 2024?
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. [Suara.com/Dafi Yusuf]
21:20
18 Juni 2024

Adu Pendidikan Hendrar Prihadi vs Ahmad Luthfi, Adu Kuat Gelar Akademis, Siapa Unggul Maju Pilgub Jateng 2024?

Mantan Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi mulai disanding-sandingkan. Lantaran mereka diprediksi bakal bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024.

Salah satu faktor yang menjadi perbandingan mereka adalah soal riwayat pendidikan. Seperti apa pendidikan Hendrar Prihadi vs Ahmad Luthfi?

Riwayat Pendidikan Hendrar Prihadi

Soal urusan pendidikan Hendrar Prihadi tidak tanggung-tanggung. Ia tercatat memiliki gelar S3 pada tahun 2022. Ia mengambil program Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Diponegoro.

Baca Juga: Sosok Irjen Ahmad Luthfi, Kapolda Jadi Irjen Kemedag hingga Kantongi Restu PAN Maju Pilkada Jateng 2024

Namun jarak pendidikan S3 dan jenjang magister (S2) cukup jauh. Hendi mendapat gelar S2 di Fakultas Ekonomi DI Universitas Diponeogoro tahun 2002.

Sementara sarjananya ditempuh di UNIKA Soegijapranata Semarang Fakultas Ekonomi pada 1996. Perlu diketahui sebelumnya, Hendi sempat juga kuliah di UPN Yogyakarta namun tidak dilanjutkan.

Untuk pendidikan dasar, Hendrar Prihadi ditempuh di Semarang. Yaitu SD Gergaji Semarang (1984), SMP Negeri 3 Semarang (1987), dan SMA N 1 Semarang (1990).

Kekinian, Hendi resmi mendaftar sebagai bakal cagub Jawa Tengah 2024 melalui PDIP. Ia pun telah menyerahkan formulir pendaftaran calon gubernur Jateng di kantor DPD PDIP Jateng Semarang. Bagaimana dengan Ahmad Luthfi?

Riwayat Pendidikan Ahmad Luthfi

Baca Juga: PAN Siap Usung Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng, Berharap Koalisi Indonesia Maju Ikut Langkahnya

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan pihaknya telah menangkap 7 orang anggota LSM pelaku pemerasan di kasus pemerkosaan. (Antara)Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan pihaknya telah menangkap 7 orang anggota LSM pelaku pemerasan di kasus pemerkosaan. (Antara)

Ahmad Luthfi adalah salah satu Pati Polri bukan lulusan Akpol (Akademi Kepolisian). Ia diketahui lulusan Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepa Milsuk) pada tahun 1989. Adapun riwayat pendidikannya sebagai berikut:

  • Diktap Polri (1992)
  • Daspa Serse (1994)
  • Dikjur Pa Provos (1995)
  • Selapa Polri (2000)
  • Sespim Polri (2005)
  • Lemhanas PPRA (2017)

Selain pendidikan yang disebutkan di atas, Ahmad Lutfi juga menempuh pendidikan umum, di antaranya SD lulus pada 1978, SMP lulus pada tahun 1981, SMA lulus pada tahun 1984, S1 lulus pada tahun 1990, dan S2 lulus pada tahun 1995.

Bagaimana dengan dukungan partai bagi Ahmad Luthfi? Sejauh berita ini diterbitkan belum ada parpol yang secara resmi memberi dukungan kepadanya.

Namun partai-partai dari koalisi kubu Gerindra, Golkar hingga PAN mulai melirik Ahmad Luthfi. Tidak hanya itu, pengamat politik pun menyebut Presiden Jokowi diprediksi bakal mendukung ke arah kubu Ahmad Luthfi.

Bagaimana menurut pendapat kalian. Demikian informasi tentang adu pendidikan Hendrar Prihadi vs Ahmad Luthfi.

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #pendidikan #hendrar #prihadi #ahmad #luthfi #kuat #gelar #akademis #siapa #unggul #maju #pilgub #jateng #2024

KOMENTAR