Sebut Kolonialisme dan Imperialisme Bangkit Lagi, Ribka PDIP Singgung Revisi UU Polri: kalau Disahkan Semua HP Disadap
Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Penanggulangan Bencana, Ribka Tjiptaning. (Suara.com/FAqih)
15:44
6 Juni 2024

Sebut Kolonialisme dan Imperialisme Bangkit Lagi, Ribka PDIP Singgung Revisi UU Polri: kalau Disahkan Semua HP Disadap

Ketua DPP PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning menilai kolonialisme dan imperialisme kembali muncul dengan gaya baru. Salah satu contohnya dengan adanya Revisi Undang-Undang Polri yang dianggap akan merenggut kebebasan.

Hal itu disampaikan Ribka dalam acara diskusi Peringatan Hari Lahir Bung Karno di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

Awalnya Ribka mengatakan sayap hingga badan partai PDIP siap kompak untuk melakukan perlawanan. Pasalnya kolonialisme dan impersialisme muncul kembali kekinian.

"Kenapa itu (sayap dan badan partai) dihadirkan di sini. Ini karena mereka harus diprovokasi karena mereka juga lemah ya. Kita musti lihat nanti kalau ada titik-titik sinyal Hasto dimarahi, wis kompak. Karena mungkin ini titik-titik kolonialismenya sudah bangkit lagi ini. Hukum-hukum kolonial, imperialismenya mulai lagi," kata Ribka.

Baca Juga: Mencak-mencak Soal Program Makan Siang Gratis, Intip Warung Si Doel Milik Rano Karno

Ia lantas mengungkit Revisi Undang-Undang Polri yang kekinian sudah menjadi RUU inisiatif DPR dan siap untuk dibahas. Menurutnya, itu akan mengancam kebebasan terutama bagi pers.

"Kebebasan pers sudah mulai dipasung, kebebasan semua kita kalau nanti UU Polri, ini disahkan dan dilaksanakan, kita ini sangat kebebasannya udah nggak ada nih, semua hape disadap. Bayangkan," ungkapnya.

Belum lagi, kata dia, baru-baru ini Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto diperiksa oleh Polda Metro Jaya. Ia mengaku siap melakukan pembelaan bersama sayap dan badan partai, namun ada perintah untuk tidak bergerak.

"Ini wajah partai lho Sekjen ini. Wajah partai. Satgas kita punya Cakra buana itu berapa itu. Kita memang punya kesabaran revolusional, tapi memang ada batas-batasnya," ujarnya.

Baca Juga: Cari Harun Masiku Usai Hubungan Jokowi dan PDIP Retak, Keseriusan KPK Dipertanyakan

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #sebut #kolonialisme #imperialisme #bangkit #lagi #ribka #pdip #singgung #revisi #polri #kalau #disahkan #semua #disadap

KOMENTAR