Tak Diundang PDIP Hadir Rakernas di Jakarta, Jokowi Pilih Kegiatan di Istana Yogyakarta
Presiden Jokowi. (Dok. Biro Pers Kepresidenan)
09:52
24 Mei 2024

Tak Diundang PDIP Hadir Rakernas di Jakarta, Jokowi Pilih Kegiatan di Istana Yogyakarta

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dipastikan tidak diundang untuk hadir di gelaran pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDI Perjuangan pada hari ini. Lantas apa kegiatan yang dilakukan Jokowi di saat PDIP menggelar rakernas?

Menjawab pertanyaan tersebut, Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, M. Yusuf, menegaskan kepala negara sedang berada di Istana Yogyakarta. Jokowi dijadwalkan melakukan kegiatan internal di Yogyakarta.

"Kegiatan internal di Istana Jogja," kata Yusuf kepada wartawan, Jumat (24/5/2024).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan tak akan ada refleksi khusus dalam Rakernas ke-V PDIP meski tak undang Presiden Jokowi.

Baca Juga:Sambut Api Perjuangan Di Arena Rakernas PDIP, Komarudin Watubun Bacakan Puisi Banteng Yang Terluka

"Tidak ada refleksi khusus atas tidak adanya pak Jokowi," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, dikutip Kamis (23/5/2024).

PDIP kata Hasto, didasarkan kepada kekuatan kolektif dari seluruh anggota dari tingkat anak ranting, ranting, PAC, hingga satgas partai.

"Dan itu adalah sumber kekuatan partai yang menyatu dengan akar rumput," ungkapnya.

Kendati begitu, Hasto menegaskan pada Rakernas ke-V yang akan dihadiri ribuan kader banteng ini akan ada evaluasi khusus.

Menurutnya, pihaknya sudah mendengarkan berbagai masukan dari akademisi hingga budayawan terkait dengan masalah yang dialami bangsa kekinian.

Baca Juga:Tempuh Jarak 526 Km, Obor Api Perjuangan Diterima Hasto Untuk Dibawa Ke Arena Rakernas PDIP

"Semua sudah kami dengarkan masukannya termasuk mereka-mereka yang selama ini bergerak di lembaga survei kami sudah dengarkan masukan dan kemudian seluruh rancangan ini akan diperkaya oleh peserta Rakernas yang merangkap suara arus bawah," tuturnya.

"Di PDI Perjuangan sesuai dengan temanya akan memegang teguh nilai-nilai Satyam Eva Jayate tersebut," sambungnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #diundang #pdip #hadir #rakernas #jakarta #jokowi #pilih #kegiatan #istana #yogyakarta

KOMENTAR