Demokrat Anggap PAN Wajar Minta Kursi Menteri Lebih ke Prabowo: Sudah Berjuang Habis-habisan
Presiden terpilih Prabowo Subianto. [Suara.com/Novian]
18:32
10 Mei 2024

Demokrat Anggap PAN Wajar Minta Kursi Menteri Lebih ke Prabowo: Sudah Berjuang Habis-habisan

Partai Demokrat merespons PAN yang meminta jatah kursi menteri lebih banyak di kabinet Prabowo-Gibran. PAN dan Demokrat diketahui sama-sama berada di Koalisi Indonesia Maju di Pilpres 2024.

Kepala Badan Komunikasi Strategis dan Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, menilai Prabowo akan mencermati keinginan dari PAN.

"Pak Prabowo orangnya demokratis, sangat terbuka, mau menerima masukan dan aspirasi dari siapapun," kata Herzaky dalam keterangannya, Jumat (10/5/2024).

Menurut Herzaky, Prabowo akan menimbang dengan rinci permintaan PAN. Terlebih PAN sudah bekerja keras di Pilpres 2024 lalu.

"Apalagi dari teman-teman dan sahabat dekat yang sudah berjuang bersama dan habis-habisan untuk memenangkan Pak Prabowo. Beliau pasti akan mencermati betu," jelas Herzaky.

Herzaky mengatakan Demorkat merasa wajar adanya permintaan kursi lebih dari PAN.

"Jadi kalau kami melihat ini, wajar dan sah-sah saja, misalnya teman-teman parpol anggota KIM menyampaikan aspirasi terkait kursi menteri ini," ungkap Herzaky.

Lebih lanjut, Herzaky menilai partai-partai di Koalisi Prabowo-Gibran selama ini terbuka untuk menyampaikan aspirasi.

"Apalagi di koalisi sudah dibiasakan untuk terbuka, menyampaikan aspirasi satu sama lain untuk berkomunikasi, jadi tidak dusta antara kami atau tidak ada di tutupi," tutur Herzaky.

Sebelumnya, PAN berharap Prabowo memberikan jatah menteri lebih dari yang mereka harapkan.

Hal tersebut teruntai dalam doa yang disampaikan Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay saat membuka acara Workshop dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk Pilkada 2024. Prabowo turut hadir dalam acara tersebut.

Mulanya, Saleh menyampaikan bahwa PAN berkeyakinan Prabowo sudah merencanakan memberikan beberapa posisi di kabinet untuk kader-kader PAN.

"Ya Allah kami yakini bahwa Bapak Prabowo Subianto sudah rencanakan akan berikan beberapa posisi bagi kader-kader terbaik PAN di kabinet mendatang. Sebagai insan yang beriman, tentu hal itu sangat kami syukuri," kata Saleh di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Kamis (9/5/2024).

Saleh melanjutkan bahwa PAN tentu akan berteruma kasih dan bertambah bersyukur bila kemudian Prabowo memberikan posisi lebih dari yang sudah mereka prediksi.

"Namun demikian kami tentu akan lebih berterima kasih dan bersyukur lagi andai kata amanah yang diberikan kepada kami bisa lebih banyak dari apa yang kami perkirakan selama ini," ujar Saleh.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #demokrat #anggap #wajar #minta #kursi #menteri #lebih #prabowo #sudah #berjuang #habis #habisan

KOMENTAR